Rabu, Juli 24, 2024
No menu items!

Ada 10 Manfaat Anggur Merah, Salah Satunya Mencegah Kanker

Must Read
Radar Bi | Manfaat anggur merah tidak hanya terasa nikmat, tetapi juga menyuguhkan beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari menyamarkan kerutan hingga mencegah kanker.

Semua manfaat itu diperoleh berkat kandungan nutrisi. Agar manfaat anggur merah bisa dirasakan secara maksimal, pastikan buah ini dikonsumsi dengan tepat.

Anggur merah merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Senyawa aktif yang merupakan antioksidan dalam anggur merah adalah flavonoid, antosianin, polifenol, dan resveratrol.

BACA JUGA  Cegah Curanmor, Polda Sumbar Imbau Masyarakat Gunakan Kunci Ganda

Kandungan-kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan melawan beberapa penyakit.

Selain antioksidan, anggur merah juga mengandung beragam nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Manfaat anggur merah tentunya bisa diperoleh dengan mengonsumsinya sesuai takaran yang dianjurkan.

Anggur Merah dan Kandungan Nutrisinya

Buah yang memiliki rasa yang manis dan sedikit asam ini rendah lemak serta kalori.

BACA JUGA  Anies-Muhaimin di Pilpres 2024, Waketum PKB: Masih Sebatas Wacana

Oleh karena itu, buah anggur bisa menjadi salah satu pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi saat menjalani proses penurunan berat badan.

Selain rendah lemak dan kalori, anggur merah mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 gram anggur merah, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

• 18 gram karbohidrat
• 1 gram serat
• 10 miligram kalsium
• 7 miligram magnesium

BACA JUGA  10 Cara Memperbesarkan Ukuran Payudara

Anggur merah juga mengandung kalium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anggur merah juga mengandung beberapa senyawa aktif, seperti resveratrol, flavonoid, antosianin, dan polifenol, yang merupakan antioksidan.

Anggur Merah dan Berbagai Manfaatnya

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah anggur merah, ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh bila mengonsumsinya dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat anggur merah:

1. Menyamarkan kerutan

BACA JUGA  Jika Ketum PSSI Mundur, Shin Tae-yong Juga Ikut Mundur

Mengonsumsi anggur merah bisa menyamarkan kerutan maupun menghambat tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Manfaat anggur merah ini diperoleh berkat senyawa resveratrol yang berasal dari kulit anggur. Resveratrol dapat melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas dan paparan sinar UV pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengonsumsi anggur merah sesuai dengan jumlah yang dianjurkan secara rutin.

BACA JUGA  Kapolri: 1.062 Polsek se-Indonesia Tidak Bisa Lagi Menyidik Kasus, Hanya Pelihara Kamtibmas

Agar hasilnya lebih maksimal, jangan lupa untuk mengonsumsi air setidaknya 8 gelas per hari dan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat akan beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

2. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Sulit tidur memang normal dialami oleh semua orang. Namun, jika sulit tidur terjadi berulang kali bahkan sampai mengganggu aktivitas, kondisi ini perlu mendapatkan penanganan. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi anggur merah.

Kulit anggur merah mengandung melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur. Dengan mengonsumi buah ini, kadar hormon melatonin dalam tubuh akan meningkat, sehingga Anda dapat tidur lebih cepat dan nyenyak.

BACA JUGA  Bentrok Ormas di Karawang Pecah, Tiga Orang Terluka dan Mobil Hancur

3. Mencegah flu

Vitamin C berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan akibat paparan radikal bebas. Mencukupi asupan vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah terjadinya penyakit kronis, serta melawan infeksi, termasuk flu.

Namun, tubuh tidak memproduksi vitamin ini secara alami dan tidak bisa menyimpannya untuk waktu yang lama. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C, Anda perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, termasuk anggur merah.

4. Mencegah osteoporosis

BACA JUGA  Jakarta Fashion Week Siap Digelar Oktober Mendatang di Pondok Indah Mall III

Mengonsumsi anggur merah dapat mencegah osteoporosis. Anggur merah kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk memperkuat tulang, seperti kalium, mangan, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, buah ini juga mengandung resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kepadatan tulang.

5. Mencegah sembelit

Sembelit terjadi karena tubuh kekurangan cairan dan serat, sehingga kotoran yang dihasilkan dari saluran pencernaan menjadi lebih kering dan keras. Namun, sembelit dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan kaya kandungan air, seperti anggur merah.

Hal ini karena sebagian besar kandungan anggur merah adalah air. Selain itu, buah ini juga mengandung serat. Dengan mengonsumsi anggur merah, Anda dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan sekaligus mencegah sembelit.

BACA JUGA  Kapolri: 1.062 Polsek se-Indonesia Tidak Bisa Lagi Menyidik Kasus, Hanya Pelihara Kamtibmas

6. Menurunkan kadar gula darah

Anggur merah termasuk dalam makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Artinya, buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cepat.

Anggur merah juga mengandung beragam nutrisi yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu tubuh Anda mengontrol gula darah.

Oleh karena itu, buah ini bisa mencegah terjadinya diabetes serta menjadi salah satu buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

BACA JUGA  Cegah Curanmor, Polda Sumbar Imbau Masyarakat Gunakan Kunci Ganda

7. Mencegah serangan jantung

Seperti yang sudah disebutkan, anggur merah mengandung flavonoid dan polifenol. Dua jenis antioksidan ini dapat melancarkan aliran darah, mengurangi peradangan, dan melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan demikian, risiko terkena serangan jantung pun dapat dikurangi.

Selain 2 senyawa tersebut, kandungan resveratrol dalam anggur merah juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi diketahui bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung maupun penyakit jantung lainnya.

BACA JUGA  Subdit Gakkum Ditpolairud Ringkus 2 Kurir Pengirim Beni Lobster Tanpa Izin di Probolinggo

8. Menurunkan kolestrol

Ragam kandungan antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta kolesterol total dalam tubuh. Manfaat ini juga didukung dengan kandungan serat yang dapat Anda peroleh ketika mengonsumsi anggur merah.

Manfaat anggur merah dalam menurunkan kolesterol ini sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian. Hasil peneltian tersebut menunjukkan adanya penurunan kadar kolesterol total dan LDL setelah mengonsumsi 3 cangkir anggur merah setiap sehari selama 8 minggu.

BACA JUGA  BNNP Bali Gagalkan Penyelundupan Ganja 44 Kg di Terminal Mengwi

9. Mencegah obesitas

Obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Semua penyakit ini dapat dihindari dengan menjaga berat badan ideal, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi anggur merah. Anggur merah rendah akan kalori dan mengandung senyawa antosianin yang mampu mencegah obesitas.

Selain itu, kandungan serat dalam anggur merah juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, nafsu makan dan porisi makanan yang Anda konsumsi dapat lebih terkontrol. Hal ini pada akhirnya dapat mencegah penambahan berat badan bahkan obesitas.

BACA JUGA  Jika Ketum PSSI Mundur, Shin Tae-yong Juga Ikut Mundur

10. Mencegah kanker

Ragam kandungan antioksidan dalam anggur merah, termasuk resveratrol, antosianin, dan katekin, dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meskipun manfaat yang satu ini masih membutuhkan lebih banyak penelitian, rutin mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti anggur merah, telah dikaitkan dengan penurunan risiko terjadinya kanker.

Selain manfaat-manfaat di atas, anggur merah juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan daya ingat, dan menjaga kesehatan mata.

BACA JUGA  Jakarta Fashion Week Siap Digelar Oktober Mendatang di Pondok Indah Mall III

Anjuran Konsumsi Anggur Merah

Agar berbagai manfaat tersebut bisa dirasakabn, Anda cukup mengonsumsi 1 cangkir atau sekitar 150 gram anggur merah setiap harinya.

Anggur merah dapat dikonsumsi langsung maupun diolah. Namun, pastikan Anda telah mencuci buah ini terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kandungan pestisida yang mungkin menempel di kulit anggur merah.

Anda juga bisa memberikan anggur merah sebagai menu MPASI maupun camilan untuk anak. Namun, potonglah atau haluskan anggur merah terlebih dahulu agar Si Kecil tidak tersedak.

BACA JUGA  10 Cara Memperbesarkan Ukuran Payudara

Meskipun menawarkan beragam manfaat, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi anggur merah dengan tepat. Konsumsi anggur merah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko anda mengalami mual dan diare.

Pasalnya, anggur merah mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan penumpukan gas di usus dan memicu sakit perut.

Selain itu, anggur merah mengandung vitamin K yang dapat membantu pembekuan darah. Bila Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah, kurangi atau hindari makan buah ini agar tidak menimbulkan interaksi obat.

BACA JUGA  Bentrok Ormas di Karawang Pecah, Tiga Orang Terluka dan Mobil Hancur

Bila Anda berencana mengonsumsi anggur merah secara rutin tetapi memiliki penyakit diabetes atau sedang menjalani pengobatan menggunakan obat pengencer darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

Dengan demikian, dokter bisa memberikan saran konsumsi anggur merah yang sesuai dengan kondisi anda.

Iklan

Latest News

Hendri Septa Ajak Kaum Muslim Sambut Muharram 1446 H dengan Peningkatan Takwa dan Keimanan

Lubeg, Radar Berita Indonesia | Bakal calon Wali Kota Padang H. Hendri Septa, B.Bus., MIB,. Datuak Alam Batuah sangat mengapresiasi...

Artikel Lain Yang Anda Suka