Beranda PERISTIWA Gempa 6, 2 SR Guncang Sumbar, BPBD Sumbar: Data Sementara 6 Orang...

Gempa 6, 2 SR Guncang Sumbar, BPBD Sumbar: Data Sementara 6 Orang Meninggal Dunia Akibat Tertimpa Reruntuhan Bangunan

Salah satu bangunan rumah warga rusak parah akibat genangan gempa bumi di Pasaman Barat.
Radar BI, Sumbar | Gempa bumi yang melanda Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), ternyata menelan korban jiwa. Data sementara dihimpun, korban meninggal dunia mencapai 6 orang dan sebanyak 30 lainnya mengalami luka ringan dan luka berat.

Korban yang meninggal dunia dilaporkan tertimpa reruntuhan material bangunan saat diguncang gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,2 tadi pagi.

Ismail juga menyebutkan, tiga orang di antaranya juga di rujuk ke RSUD Pasaman Barat. Korban rata-rata mengalami luka-luka ringan hingga berat akibat ditimpa material bangunan,” katanya.

BACA JUGA  Bus Family Pastra Terjun ke Jurang, 2 Meninggal Dunia dan 3 Balita Selamat
BACA JUGA  Batalyon Infanteri 121/Macan Kumbang Laksanakan Tradisi Masuk Kesatuan

Selain korban jiwa, gempa Pasaman Barat juga merobohkan banyak rumah penduduk, fasilitas umum, sekolah hingga masjid. Hingga kini, Dinsos Sumbar dan BPBD serta pihak terkait masih melakukan pendataan.

Kabid Kedaruratan dan Logitik BPBD Sumbar Rumainur mengatakan, data hari ini per pukul 14.00 WIB menyebutkan, sebanyak 6 orang dilaporkan meninggal dunia akibat gempa bumi, 3 orang warga Kabupaten Pasaman Barat dan 3 orang warga Kabupaten Pasaman, Jum’at (25/2/2022) pagi.

BACA JUGA  Pemuda dan Pemudi Desa Aliyan Rogojampi Siap Wujudkan Desa Bersih dari Narkoba
BACA JUGA  Artis Vanessa Angel dan Suaminya Febri Ardiansyah Meninggal Dunia Dalam Kecelakaan di Tol Nganjuk

“Untuk luka-luka yang di Pasaman Barat masih dalam pendataan. Sementara yang di Kabupaten Pasaman lebih dari 30 orang,” katanya.

Sebelumnya gempa bumi Magnitudo 6,2 yang dimutakhirkan menjadi 6,1 mengguncang Kabupaten Pasaman Barat pukul 8.39 WIB.

Guncangan gempa terasa hingga sejumlah kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat seperti Padang, Limapuluh Kota, Agam, dan Padang Panjang.

BACA JUGA  Ayah dan Anak Jatuh dari Jembatan Gantung Ditemukan Meninggal Dunia
BACA JUGA  Demam Usai Divaksin, Satpam SMPN 11 Tangsel Meninggal Dunia

Informasi dari Stasiun Geofisika BMKG Padang Panjang, gempa bumi berpusat di 17 kilometer timur laut Pasaman Barat, 20 kilometer barat laut Pasaman Barat, 51 kilometer Agam, dan 141 kilometer barat Padang.

Info Gempa dirasakan mag:6.2, lokasi:Pusat gempa berada di darat 17 km TimurLaut Pasaman Barat, waktu:25-Feb-22 08:39:29 WIB, kedlmn:10 Km, gempa ini dirasakan(MMI):V Pasaman, IV Agam, IV Bukit Tinggi, IV Padang Panjang , III Padang , III Payakumbuh, III Aek Godang, III Gunungsitoli, II Pesisir Selatan, II Rantau Parapat, II Nias Selatan , II Bangkinang, II Malaysia, II Singapura::BMKG.

BACA JUGA  29 Meninggal Dunia, Polda Jabar: Rem Blong Penyebab Kecelakaan Bus Sri Padma Kencana di Sumedang
BACA JUGA  Iskandar Cerita Masa Kecil di Palembang Jadi Tukang Becak Hingga Jadi Pejabat di Dinas Sosial Sumbar

Meski gempa tidak berpotensi tsunami, namun sejumlah rumah penduduk dilaporkan mengalami kerusakan. Sejumlah foto-foto yang beredar di jaringan percakapan dan media sosial, memperlihat sejumlah bangunan rusak.

#Gempa #Bumi #Sumbar

Sumber: Muhammad Farhan.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaGempa 6, 2 SR Guncang Sumbar, Sejumlah Bangunan Pemerintah, Masjid dan Rumah Warga Rusak Parah
Artikel berikutnyaGempa Bumi 6.1 Mag di Pasaman Barat, BPBD Sumbar: 7 Meninggal Dunia Tertimpa Runtuhan Material Bangunan