Beranda PEMERINTAH Wahyu Indarto: Pertahankan Ideologi Pancasila dan Jangan Sampai Ada Pengkhianat Menghancurkan Bangsa...

Wahyu Indarto: Pertahankan Ideologi Pancasila dan Jangan Sampai Ada Pengkhianat Menghancurkan Bangsa Indonesia

Bayuwangi – Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh Bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Oktober. Hari ini, Jum’at (1/10/2021), Lapas Banyuwangi mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 secara daring.

Upacara yang diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta Timur tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin serta beberapa pejabat tinggi negara dan diikuti oleh seluruh pegawai instansi pemerintahan melalui daring.

Pada Tahun ini, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”.

BACA JUGA  Direktorat Intelkam Polda Sumsel Gelar FGD Penguatan Ideologi Pancasila
BACA JUGA  Sat Tahti Polres Majalengka Terima Kunjungan Supervisi Dit Tahti Polda Jabar

Meskipun digelar secara daring, Kalapas Banyuwangi dan seluruh pegawai mengikuti serangkaian kegiatan upacara dengan khidmat dan penuh penghayatan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan tragedi G30S/PKI yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 yang mana pada setiap tanggal 30 September juga ditetapkan sebagai Hari Peringatan G30S/PKI.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Ungkap Penyeludupan 17 Kg Sabu Jaringan Internasional

Pada saat itu, PKI berupaya mengubah ideologi Bangsa Indonesia dari Ideologi Pancasila menjadi Ideologi Komunis. Namun upaya yang mereka lakukan tidak membuahkan hasil dan Bangsa Indonesia tetap berideologi Pancasila.

Oleh karena itulah muncul anggapan betapa sakti dan sakralnya Pancasila sehingga Pancasila tidak mampu dirusak oleh perlawanan kejam yang dilakukan oleh PKI.

Karena simbol Kesaktian Pancasila itulah setiap tanggal 1 Oktober ditetapkan menjadi Hari Kesaktian Pancasila.

BACA JUGA  Seorang Remaja Tewas Dianiaya Komplotan Geng Motor di Sisingamangaraja
BACA JUGA  Manusia Gerobak 90 Tahun Ditemukan Tewas di Bekasi

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto berpesan kepada seluruh pegawai agar kembali melihat sejarah dan mengambil hikmah dari Hari Kesaktian Pancasila.

“Tentunya peristiwa tersebut menelan banyak korban, maka dari itu sebagai warga negara yang baik kita harus turut berjuang menjaga dan mempertahankan Ideologi Pancasila yang sudah menyatukan kita selama ini, jangan sampai ada pengkhianat yang dapat menghancurkan negara” pungkasnya. (Aji)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaWakapolda Jatim: Rakernis Ini Dapat Dijadikan Sebagai Momentum Strategis Meningkatkan Kemampuan Profesi
Artikel berikutnyaDandim 0117/Aceh: Secara Virtual Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila