Beranda INFO POLRI 115 Travel Gelap Mudik Dikandangkan Polda Metro Jaya

115 Travel Gelap Mudik Dikandangkan Polda Metro Jaya

Polda Metro Jaya
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengamankan ratusan mobil travel gelap yang hendak melakukan perjalanan dari DKI Jakarta ke beberapa wilayah di Indonesia. Sebanyak 115 mobil travel gelap dijajarkan di lapangan promoter Polda Metro Jaya.

“Selama dua hari, mulai dari tanggal 27 – 28 April 2021, Selasa dan Rabu kemarin, hanya dalam waktu dua hari saja, kami Polda Metro Jaya menindak 115 kendaraan bermotor dengan rincian minibus atau elf sebanyak 64 unit dan mobil penumpang perorangan sejumlah 51 unit,” ungkapnya.

Ia menambahkan, penindakan terhadap travel gelap ini dilalukan melalui hunting sistem secara patroli jalur darat dan patroli siber.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Periksa Dirut Telkomsel Terkait Dugaan Korupsi Senilai Rp.300 Miliar

“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan hunting system, artinya kami melaksanakan patroli di jalur-jalur jalan, baik arteri, jalan tol maupun jalur tikus yang ditengarai sering dilewati travel gelap ini,” sambungnya.

“Kami juga melaksanakan patroli siber untuk melihat, meneliti dan memahami pergerakan para travel gelap ini. Karena sebagian dari mereka ini mengiklankan jasanya melalui media sosial, baik Facebook, Instagram dan sebagainya,” imbuhnya.

Ia menegaskan, seluruh kendaraan travel gelap ini saat ini tengah disita pihak kepolisian. Kemudian akan ada tindakan berupa sidang penilangan terhadap travel gelap yang dilakukan setelah Lebaran 2021.

BACA JUGA  Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Polda Jatim Optimalkan Tujuh Rayon Penyekatan

“Mereka ini telah melanggar Pasal 308 UU Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan hukuman pidana maksimal dua bulan dan denda senilai Rp 500 ribu.

Namun, kami tegaskan sekali lagi, kendaraan mereka tetap ada di sini dan baru bisa dipulangkan setelah menjalani proses sidang penilangan setelah selesai Lebaran,” jelasnya.

Sumber: Divisi Humas Polri.

Facebook Comments