Beranda INFO POLRI Polda Metro Jaya Amankan 115 Travel Gelap Nekat Angkut Penumpang

Polda Metro Jaya Amankan 115 Travel Gelap Nekat Angkut Penumpang

Travel
Ditlantas Polda Metro Jaya bersama Dinas Perhubungan menyeleksi ketat kendaraan yang meninggalkan DKI Jakarta. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, dari tanggal 27-28 April 2021 berhasil mengamankan 115 kendaraan travel gelap.

“Dari kegiatan dua hari kami berhasil amankan 115 kendaraan bermotor dengan rincian minibus atau elf 64 unit dan mobil penumpang perorangan sejumlah 51 unit,” katanya di Polda Metro Jaya, Kamis (29/04/2021).

Dirlantas Polda Metro Jaya menerangkan, travel gelap berencana mengantarkan penumpang dari Jakarta menuju ke Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat serta Lampung. Mereka terjaring di jalan arteri dan jalur-jalur tikus yang sudah dipetakan sebelumnya.

BACA JUGA  Tempat Spa dan Karaoke Langgar PPKM Darurat, 15 Orang Digelandang ke Polda Metro Jaya

“Yang kami tindak tidak hanya kendaraan yang tidak memiliki izin trayek artinya kendaraan plat hitam yang angkut penumpang dengan cara berbayar tetapi juga kendaraan yang menyimpang dari trayeknya.

Jadi ada kendaraan plat kuning yang punya izin angkut mengangkut orang tapi izinnya tidak di Jakarta.

Misalnya di Bandung, Cilacap tapi angkut penumpang dari Jakarta,” ujar Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo.

Dirlantas mengungkapkan, pengelola travel gelap dikenakan Pasal 308 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

BACA JUGA  Cegah Covid-19, Polwan Ditlantas Polda Aceh Bagi Masker di Masjid Raya

Di samping itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan menahan kendaraan travel gelap untuk sementara waktu sampai lebaran tiba.

“Nanti pelaksanaan sidang tilangnya itu setelah lebaran, sehingga ,mau tidak mau nanti keluarnya barang-barang ini setelah mereka menyelesaikan proses tilangnya mengikuti sidang tilang yaitu setelah lebaran,” jelas Dirlantas.

Sedangkan, Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penumpang diboyong ke Terminal Kalideres dan Kampung Rambutan untuk melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

BACA JUGA  Mudik Lebaran Dilarang, Polda Metro Jaya Siapkan 31 Titik Pos Penjagaan Strategis

“Kenapa di terminal, karena kalau di terminal ketika mereka berangkat mereka harus menjalani swab atau gnose sehingga kemudian bagi yang non reaktif baru lah bisa melanjutkan perjalanan,” tutup Dirlantas.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTerungkap, Polda Jabar Segel Gudang Penjual Makanan Bekas Terendam Banjir
Artikel berikutnyaBaru Bebas, KPK Kembali Tetapkan Eks Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip Jadi Tersangka