Beranda UMUM 7 Kebiasaan di Pagi Hari Bikin Cepat Turun Berat Badan

7 Kebiasaan di Pagi Hari Bikin Cepat Turun Berat Badan

Pagi
Penasaran mengapa ada orang yang dietnya berhasil sementara Anda selalu gagal..?. Mungkin mereka terbiasa bangun di pagi hari dan menjalankan rutinitas diet khusus. Pagi hari memang jadi waktu yang sangat penting untuk menentukan kesuksesan program diet Anda hari itu. Maka, jangan sampai Anda melewatkan tujuh rutinitas yang bisa bikin cepat turun berat badan berikut ini.

Kebiasaan pagi yang membantu menurunkan berat badan
Berikut beberapa kebiasaan pagi yang dapat Anda lakukan:

1. Berjemur di bawah sinar matahari.
Jangan meremehkan pentingnya berjemur di bawah sinar matahari pagi. Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Feinberg medical School, Amerika Serikat membuktikan bahwa orang yang setiap pagi kena sinar matahari mengalami penurunan indeks massa tubuh (BMI) lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak kena sinar matahari.

BACA JUGA  Dua Pelaku Pencurian di Banyuasin Ditangkap Polisi

Para ahli menduga bahwa sinar matahari pagi bisa membantu tubuh mengikuti jam biologis (ritme sirkadian). Dengan begitu, metabolisme Anda pun jadi lebih lancar dan lemak dalam tubuh dibakar secara lebih efektif.

2. Minum dua gelas air putih.
Setelah bangun pagi, sebelum sarapan, jangan lupa tenggak dulu dua gelas air putih. Selain untuk menggantikan cairan yang hilang saat tidur, air putih juga akan mengganjal perut supaya tidak makan terlalu banyak ketika Anda sarapan.

BACA JUGA  Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri Tinggalkan Surat Wasiat Siap Mati Syahid

3. Sarapan dengan menu yang tinggi protein.
Makanan yang kaya akan protein akan membuat Anda kenyang sampai waktunya makan siang tiba. Selain itu, protein juga lebih ampuh daripada karbohidrat dan lemak dalam mempercepat sistem metabolisme tubuh. Cobalah untuk sarapan dengan telur, yogurt, dan bubur gandum dengan kacang-kacangan.

4. Olahraga pagi.
Bukan rahasia lagi, olahraga adalah cara yang ampuh untuk cepat turun berat badan. Menurut para peneliti dalam jurnal ilmiah Medicine & Science in Sports & Exercise, berolahraga dan beraktivitas di pagi hari akan membuat Anda lebih semangat diet dan mengendalikan nafsu makan selama seharian. Olahraga juga bisa memperbaiki suasana hati sehingga kemungkinan Anda kalap makan karena stres pun semakin jauh.

BACA JUGA  Beromzet Rp 300 Juta, Polisi Ringkus Penjual Tabung Oksigen dan Regulator di Mangga Dua

5. Siapkan bekal makan siang.
Kebiasaan jajan di sekitar kampus atau kantor bisa bikin Anda susah diet. Selain itu, biasanya jajanan di sekitar kantor juga kurang sehat. Maka, sebaiknya siapkan sendiri bekal makan siang yang sehat dan terjangkau. Anda juga bisa membawa sendiri camilan sehat seperti buah-buahan dari rumah supaya tidak tergoda jajan di kampus atau kantor.

6. Timbang berat badan.
Menurut sebuah penelitian dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, orang yang menimbang berat badannya setiap hari lebih cepat turun berat badan. Waktu terbaik untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari, sebelum sarapan dan sesudah buang air kecil atau besar.

BACA JUGA  Jalani Perawatan di Singapura, Lukas Enembe Tetap Beri Arahan Jika Ada Kebijakan Strategis

7. Jalan kaki atau naik tangga.
Jika Anda biasa naik kendaraan umum ke kantor atau kampus, cobalah untuk berhenti agak jauh dari gedung. Kemudian berjalan kakilah ke kantor atau kampus Anda. Jalan kaki terbukti ampuh membantu menurunkan berat badan.

Setelah Anda terbiasa jalan kaki, Anda bisa mencoba meningkatkan tantangan di pagi hari yaitu naik tangga. Sesekali tinggalkan lift atau eskalator dan gunakan tangga. Bila kantor Anda berada di lantai yang cukup tinggi seperti lantai 10, Anda bisa naik lift sampai lantai 5 kemudian melanjutkan sisanya naik tangga.

Facebook Comments