Beranda DAERAH Amnur Dani: Bangkitkan Koperasi dan UMKM di Masa Pandemi

Amnur Dani: Bangkitkan Koperasi dan UMKM di Masa Pandemi

Amnur Dani
Amnur Dani seorang jurnalis dan juga sekaligus sebagai Ketua Kopersai Berkah Wartawan Indonesia (Berkawan).
Radar BI, Aceh Tamiang – Amnur Dani atau yang sering di sapa dengan sebutan Pak Dani seorang jurnalis dan juga sekaligus sebagai Ketua Kopersai Berkah Wartawan Indonesia (Berkawan), mengucapkan Selamat Hari jadi Koperasi Indonesia, Senin (12/07/2021).

Pada kesempatan itu Amnur Dani mengatakan,” tepat 74 tahun yang lalu, Koperasi yang menurut Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan,”terangnya.

Sejarah koperasi telah hadir sejak abad ke-20, dimulai dari usaha kecil yang dilakukan oleh rakyat kecil pula dan di tahun 1908, Dr. Sutomo yang punya peran penting terhadap koperasi mendirikan Budi Utomo.

BACA JUGA  Pemprov Sulut dan PD Pasar Manado Apresiasi Koperasi Wakaf Umat

Kemudian, pada tahun 1915 munculah peraturan tentang koperasi. Selanjutnya di tahun 1927, dibentuk Serikat Dagang Islam untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusaha pribumi. Setelah itu tahun 1929, Partai Nasional Indonesia memperjuangkan penyebaran koperasi di Indonesia.

“Jepang yang menjajah Indonesia pada tahun 1942, mendirikan koperasi yang bernama Kumiyai dan tepatnya tahun 1947 setelah Indonesia merdeka, gerakan koperasi di Indonesia mengadakan kongres koperasi IX di Tasik, saat itu dicetuskanlah Hari Koperasi Nasional di tanggal 12 Juli.

BACA JUGA  Polri Ungkap Modus Pendanaan Teroris, Setiap Gaji Anggota Setor Lima Persen

“Koperasi memiliki prinsip tersendiri yaitu, keanggotaannya bersifat sukarela dan terbuka, dikelola secara demokratis, pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan dengan seadil-adilnya dan juga sebanding.

Adapun kutipan berdasarkan Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, diantaranya membangun, lalu mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi juga sosialnya.

BACA JUGA  Kapolda Sumut Cek Kesiapan PSU di Tiga Kabupaten

Berperan serta secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai guru utamanya.

Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan serta demokrasi ekonomi.

BACA JUGA  Peringati Maulid Nabi Muhammad, Aipda Junaidi Efendi Pimpin Sholawatan Warga Penerima Bantuan Tunai

Lebih lanjut, Amnur Dani mengungkapkan saya hanya mampu mengucapkan Selamat Hari Koperasi ke-74 tahun. Tidak ada yang mampu menjadi kebanggaan, namun sesungguhnya banyak hal yang salah telah kami lakukan untuk bangkitkan perkoperasian,”jelasnya.

Berbicara kadang tak sama dengan perbuatan, yang paham dan mengerti, bimbing kami agar paham tentang Koperasi. Sehingga kami tak hanya mampu membuat, tapi bisa mengelola.

BACA JUGA  Kakorlantas Polri Jalur Puncak di Libur Imlek Relatif Lancar

Semoga di Hari Koperasi ini, jika memang ada yang terbaik, tunjukkanlah kalau engkau cukup layak menjadi contoh, ungkapnya Amnur Dani saat memberikan arahan kepada para Manager Unit yang berlangsung di kafe Coklat Kecamatan Karang Baru. (Syam).

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDalam Sepekan, Ditresnakoba Polda Sumsel Berhasil Ungkap 37 Kasus Narkoba
Artikel berikutnyaMinta Lowongan Kerja, 2 Pria Rusak dan Ancam Bakar Kantor BP Migas Aceh