Beranda INFO POLRI Dipasarkan Hingga ke Jepang, Pupuk Bio Teratai Brimob Tingkatkan Ketahanan Pangan Dimasa...

Dipasarkan Hingga ke Jepang, Pupuk Bio Teratai Brimob Tingkatkan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19

Brimob
Meski disibukkan dengan tugas kedinasan, personel Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan bernama Ipda. Purwanto berinovasi dengan membuat pupuk tani cair. Pupuk produksinya ini diberi nama Bio Teratai. Inovasi pembuatan pupuk cair untuk pertanian ini bahkan tidak main-main.

Menurut Ipda. Purwanto, produk yang telah dikembangkan selama tiga tahun ini telah digunakan di seluruh Indonesia, dan bahkan sampai ke Jepang.

“Pupuk teratai ini sudah saya buat selama tiga tahun dan Alhamdulillah telah menyebar di seluruh Nusantara, dan bahkan sampai ke Kota Osaka Jepang,” ungkap Ipda Purwanto seperti dikutip dari dalam tayangan video Polri TV, Jum’at (12/03/2021).

BACA JUGA  Tragedi Awal Bulan, 10 Korban Tertimbun Longsor di PLTA Batang Toru

“Bio Teratai ini merupakan pupuk hayati cair buatannya yang ramah lingkungan, hemat, praktis dan semua bahannya ada di Indonesia,” sambungnya.

Ipda Purwanto mengatakan, Bio teratai ini memanfaatkan limbah organik sayuran dan buah-buahan yang diuraikan lalat tentara hitam (Black Soldier Fly/BSF).

Lewat bantuan BSF, lanjut dia, sampah organik dapat diurai dengan cepat karena ini menghasilkan maggot atau larva yang kandungan proteinnya cukup tinggi.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Ringkus 4 Sindikat Pengedar Uang Dolar Palsu di Bekasi

“Selain meningkatkan kualitas dan hasil produksi tanaman, pupuk cair bio teratai juga dapat memperbaiki kesuburan tanah dan mengembalikan ekosistem mikroba,” tuturnya.

Terobosan dari Ipda. Purwanto ini juga diapresiasi Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes. Pol. Muhammad Anis.

Dansat Brimob menyatakan kepolisian mendukung inovasi yang dilakukan anggotanya dalam memajukan sektor pertanian. Mendukung kinerja Ipda. Purwanto dalam hal melaksanakan program Brimob Pioner Satbrimob Sulawesi Selatan.

BACA JUGA  Kapolda Bali Tinjau Posko PPKM Mikro di Desa Pemaron

Dimana dia menerapkan pupuk organik buatan sendiri kepada para petani di Kanreapia dan dapat meningkatkan hasil pertanian dari petani sayur,” jelas Kombes Pol. Muhammad Anis.

“Petani juga sudah banyak menyumbangkan hasil sayurnya kepada masyarakat yang terdampak bencana. Baik bencana pandemi Covid-19 maupun bencana banjir dan gempa bumi di dapur-dapur lapangan TNI-Polri yang sedang dilaksanakan untuk perbantuan,” tegas Kombes Pol. Muhammad Anis.

BACA JUGA  Selama 1 Bulan 2021, Polda Kalteng Ungkap 3 Kasus Tambang Emas Ilegal

Sumber: Divisi Humas Polri.

Facebook Comments