Gelar Prarekonstruksi Kasus Penembakan Antar Anggota, Polri: Komitmen Kapolri Usut Tuntas Berdasarkan Pembuktian Ilmiah

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M.
Jakarta, Radar BI | Polri melakukan gelar prarekonstruksi kasus penembakan antar anggota di rumah dinas Kadiv Propam, di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada hari, Sabtu (23/07/2022).

Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., mengungkapkan, hal itu merupakan wujud komitmen Kapolri dalam menuntaskan kasus ini.

Bentuk komitmen itu dengan membentuk tim khusus guna mengusut tuntas perkara ini. Tim khusus itu akan dituntaskan berdasarkan pembuktian ilmiah atau Scientific Crime Investigation.

BACA JUGA  Mantan Calon Wawako Palembang Ditangkap Ditreskrimsus Polda Sumsel, Ini Kasusnya
BACA JUGA  Polsek Bengkong Ungkap Pelaku Spresialis Pencurian Kotak Infaq Masjid

“Pimpinan Polri sangat konsen bahwa kasus ini harus betul-betul dapat diungkap sejelas-jelasnya juga kepada publik,” ungkap Kadiv Humas Polri.

Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menambahkan, dalam KUHP ada beberapa hal detail yang tidak bisa diungkap secara detail lantaran masuk ke dalam materi penyidikan.

Adapun prarekonstruksi hari ini dilakukan oleh Polda Metro Jaya. Dengan menghadirkan tim Inafis, Laboratorium Forensik (Labfor), dan pihak kedokteran forensik.

BACA JUGA  Mutasi 15 Petinggi Polri, Ahmad Sahroni Salut Keseriusan Kapolri Tuntaskan Kasus Brigadir J
BACA JUGA  HUT ke-76 Brimob, Kapolri Jenguk dan Berikan Semangat Anggota Tertembak Saat Bertugas

“Ini semua menunjukkan bahwa sesuai perintah Bapak Kapolri komitmen proses pembuktian tiap kasus tindak pidana harus dibuktikan ilmiah karena dengan dibuktikan secara ilmiah. Ini ada dua kosekuensi pertama secara yudiris bukti materil formil Pasal 184 KUHP harus terpenuhi,” tambah Kadiv Humas Polri.

Selain itu, Kadiv Humas Polri menjelaskan dalam pembuktian secara ilmiah, semua hal dalam melakukan konstruksi perkara harus benar-benar valid sesuai dengan temuan fakta yang ada. Kadiv Humas Polri mengharapkan prarekonstruksi ini diharapkan dapat membuka fakta yang sesungguhnya.

BACA JUGA  HUT Brimob ke-76, Kapolri: Kita Harus Ingat Pesan Bung Karno Warisi Apinya Jangan Abunya
BACA JUGA  Lauching SP2HP Online, Kapolri: Semoga Tidak Ada Lagi Sumbatan Komunikasi

“Karena pembuktianya, harus secara ilmiah jadi dari sisi kelimuan harus betul betul clear, bagaimana keilmuan yang digunakan peralatan apa digunakan.

Agar hasil betul-betul secara sahih dapat dibuktikan secara sicentifk ini yang dilakukan tim olah TKP dan penyidik pada hari ini semua akan dibuat secara terang benderang,” tutup Kadiv Humas Polri.

Sumber: Divisi Humas Polri.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPolri Ingatkan Pengacara Tak Spekulasi Soal Kasus Tewas dan Luka Pada Brigadir J
Artikel berikutnyaRespon Polri Terkait Klaim Pengacara soal Ada yang Mengaku Pembunuh Brigadir J