Radar Berita Indonesia – Sesuai dengan komitmen dan inovasi pelayanan haji, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Payakumbuh melaksanakan penjemputan koper jamaah haji tahun 2025. Tahun ini, jumlah jamaah haji yang diberangkatkan mencapai 192 orang.
Dalam unggahan video yang dibagikan oleh Kemenag Payakumbuh pada Kamis, 22 Mei 2025, terlihat Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, H. Hendri Yazid, S.Pd.I., M.M., Dt. Rajo Diguci, didampingi oleh jajarannya, turun langsung ke lapangan melakukan penjemputan koper milik jamaah.
Kehadiran orang nomor satu di Kemenag Payakumbuh tersebut disambut hangat oleh para jamaah. Inisiatif ini menjadi bentuk nyata inovasi pelayanan haji yang dilakukan oleh Kantor Kemenag Payakumbuh dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para calon tamu Allah.
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Payakumbuh, H. Hendri Yazid menyampaikan bahwa proses penjemputan koper jamaah haji tahun 2025 berjalan luar biasa berkat dukungan penuh dari seluruh Tim Pelayanan Haji.
“Semua jamaah adalah hamba Allah. Maka sudah menjadi komitmen kami untuk melayani mereka semaksimal mungkin,” ujarnya Hendri Yazid kepada awak media Radar Berita Indonesia, pada Jum’at 23 Mei 2025.
Sebagai upaya meningkatkan kenyamanan, Kemenag Payakumbuh menerapkan layanan jemput koper besar langsung ke rumah jamaah. Cukup meletakkan koper di depan rumah, tim Kemenag akan mengangkutnya ke kantor untuk proses pengelompokan dan penomoran sesuai kloter.
Tak hanya saat keberangkatan, layanan ini juga berlanjut saat jamaah tiba di Makkah dan kembali ke tanah air. Koper akan tersedia di depan kamar masing-masing di Makkah, dan diantarkan kembali ke rumah saat kepulangan.
“Ini adalah bentuk pelayanan prima kami, apalagi tahun ini para jamaah menunaikan Haji Akbar. Kami ingin memastikan kenyamanan hingga akhir proses kepulangan,” tambah Hendri Yazid.
Langkah ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat dan dinilai sebagai terobosan penting dalam peningkatan kualitas layanan haji di Sumatera Barat.
Hendri Yazid menyebut, inovasi ini merupakan bagian dari transformasi layanan publik yang humanis dan profesional sesuai arahan nasional Kementerian Agama.
âKami tidak hanya ingin melayani, tapi juga menghadirkan pengalaman spiritual yang tenang dan nyaman sejak dari rumah hingga kembali pulang,â tutupnya.
Dengan semangat pelayanan prima, Kemenag Payakumbuh berkomitmen menjadikan pelayanan haji sebagai bagian dari ibadah yang paripurna menghormati jamaah, memudahkan proses, dan menebar keberkahan sepanjang perjalanan suci.
Sementara itu, Salah seorang jamaah haji mengaku terharu dengan pelayanan yang diberikan. “Baru tahun ini kami dijemputin koper sampai ke rumah. Tidak perlu repot bawa-bawa lagi. Kami merasa sangat diperhatikan dan dimuliakan,” ujarnya.
Hal senada juga disampaikan oleh jamaah lainnya, Bapak Hanifah Zarni Sawi, yang menyebut pelayanan dari Kemenag Payakumbuh sebagai bentuk nyata kehadiran negara dalam memudahkan urusan ibadah umat.
“Semoga ini bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan lagi ke depannya,â katanya.
Harmen Putra, menyampaikan apresiasi atas layanan penjemputan koper oleh Kemenag Payakumbuh. Menurutnya, program ini sangat membantu para jamaah dalam mempersiapkan perjalanan suci ke Tanah Suci.
“Terima kasih kepada Kemenag Payakumbuh yang sudah menjemput koper langsung ke rumah. Ini sangat bermanfaat bagi kami yang hendak menunaikan ibadah haji di Tanah Suci,” ungkap Harmen.
Ia juga berharap inovasi pelayanan ini bisa terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.
“Semoga program ini berkelanjutan dan ke depan ada inovasi yang lebih luar biasa lagi untuk para jamaah haji Kota Payakumbuh,” tuturnya.
Penulis: Dedi Prima Maha Rajo Dirajo.