Rabu, Juli 24, 2024
No menu items!

Mantan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Maju di Pertarungan Legislatif 2024 di Sumut

Must Read
Sumut, Radar BI | Mantan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) 2 periode Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi,.M.Sc maju sebagai Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 nanti.

Namun, pada pemilu tahun 2024 nanti, Irwan Prayitno tidak maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar. Melainkan dari Dapil Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Irwan Prayitno Maju caleg menyita perhatian banyak pihak terutama kalangan politik.

BACA JUGA  Tragedi Awal Bulan, Bocah 10 Tahun Ditemukan Tewas Mengapung di Pantai Padang

Irwan Prayitno maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lewat daerah pemilihan (Dapil) III Sumatera Utara.

Rektor Universitas Adzkia Padang, Irwan Prayitno mengatakan, langkah maju di Dapil III Sumatera Utara merupakan keputusan partai.

Diketahui Dapil Sumut III mencakup tujuh kabupaten dan tiga kota. Yakni, Asahan, Simalungun, Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Langkat, Batu Bara, Kota Tanjung Balai, Kota Pematang Siantar dan Kota Binjai.

BACA JUGA  Bertemu AHY, Anies Singgung Aliran Baru Demokrat, Nasdem dan PKS

“Saya maju ini merupakan keputusan partai,” katanya Pria yang akrab disapa IP itu.

Dia melanjutkan, sebenarnya setelah menjabat Gubernur Sumatera Barat, dirinya sudah tidak mau lagi ikut dalam pertarungan politik. Karena Irwan Prayitno ingin fokus untuk mengabdi kepada partai.

“Saya sudah sampaikan untuk tidak lagi terlibat di pertarungan politik kepada Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sehingga saya diberi posisi ketika itu sebagai Ketus Dewan Pakar DPTP PKS,” katanya.

BACA JUGA  Berikut Ini Beberapa Makanan Tradisional Jawa

Namun, DPTP PKS memutuskan punya kebijakan lain untuk Pemilu 2024 yaitu memanggil Irwan dan mantan kepala daerah lainnya untuk ikut.

Jadi ada keputusan partai untuk memanggil mantan-mantan kepala daerah agar maju di calon legislatif (Caleg). Hal ini untuk membantu daerah lain untuk dapat mendulang suara,” katanya.

Lalu, Mantan Gubernur Sumbar dua periode itu menjelaskan DPTP PKS menetapkan dirinya untuk maju di Pileg Dapil III Sumatera Utara. Walaupun, banyak DPW lain yang ngotot untuk Irwan maju di daerahnya.

BACA JUGA  Telan Biaya Rp.481 Miliar, Jokowi Resmikan Jalan Labuan Bajo-Golo Mori

“Kalimantan Tengah dan Kepulauan Riau sangat ngotot agar saya maju di sana. Tetapi, DPTP berkata lain,” ucapnya.

Menurutnya, mantan gubernur maju di pertarungan Pileg daerah lain sudah menjadi hal yang biasa. “Banyak kok mantan kepala daerah yang maju di Pileg dapil lain,” katanya.

“Sudah banyak contohnya kok. Jadi sudah hal yang lumrah,” ujarnya.

BACA JUGA  Polda Riau Gagalkan Peredaran 19 Kg Sabu dan 500 Butir Pil Ekstasi

Selain itu, sosok mantan kepala daerah juga akan sangat memudahkan partai untuk mengkampanyekan. Sebab, mereka sudah punya nama dan dikenal masyarakat.

“Ya, akan mudah mengkampanyekan, masyarakat sudah banyak yang kenal. Sehingga, Partai akan menjadi lebih gampang,” katanya.

Iklan

Latest News

Hendri Septa Ajak Kaum Muslim Sambut Muharram 1446 H dengan Peningkatan Takwa dan Keimanan

Lubeg, Radar Berita Indonesia | Bakal calon Wali Kota Padang H. Hendri Septa, B.Bus., MIB,. Datuak Alam Batuah sangat mengapresiasi...

Artikel Lain Yang Anda Suka