Rabu, Juli 24, 2024
No menu items!

Pemko Padang Adakan Pembinaan Terpadu untuk Anak Jalanan di Batalyon Infantri 133/Yudha Sakti

Must Read
Radar Berita Indonesia | Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Sosial melaksanakan kegiatan pembinaan terpadu kepada anak jalanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Batalyon Infantri 133/Yudha Sakti, Air Tawar, Padang, Kamis (27/6/2024).

Dibuka langsung oleh Pj Sekda Kota Padang Yosefriawan, puluhan anak jalanan mendapat pembinaan terpadu.

“Berdasarkan pantauan atau identifikasi yang telah dilakukan Pemerintah Kota Padang, bahwa tidak semua anak jalanan adalah akibat dari faktor kemiskinan keluarga saja, akan tetapi sebagian anak yang turun ke jalanan sebagai pemenuhan kebutuhan psikis belaka, seperti keinginan untuk menyalurkan minat dan berkumpul dengan rekan-rekan mereka,” ucap Pj Sekdako.

BACA JUGA  Tragedi Awal Bulan, 2 Korban Meninggal Dunia Tertimpa Longsor di Sukaresmi

Sambungnya, sesuai dengan amanat Undang-Undang No 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan Peraturan Pemerintah No 31 tahun 1980 tentang Penanggulangan Gelandangan dan Pengemis menegaskan bahwa gelandangan dan pengemis tidak sesuai dengan norma kehidupan Bangsa Indonesia yang berdasarkan UUD 1945.

Sebab itu, Pemko Padang perlu untuk melakukan upaya pembinaan kepada anak jalanan. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda dan meraih bonus demografi di tahun 2045.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Heriza Syafani menyebut, pembinaan yang dilakukan kepada anak jalanan bersifat rehabilitasi. Hal ini telah tertuang dalam Peraturan Wali Kota Padang No 41 tahun 2017 Tentang Tata Cara Pembinaan Anak Jalanan terdiri dari, Prefentif, Represif, dan Rehabilitasi.

BACA JUGA  Bareskrim Polri Tangkap 3 Tersangka Kasus Dugaan Pemalsuan Akta Perusahaan

“Salah satu bentuk rehabilitasi adalah melalui pembinaan pola terpadu yang bekerja sama dengan Batalyon 133 Padang,” katanya.

Kegiatan pembinaan pola terpadu anak jalanan ini sudah lima kali dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang. Pada tahun ini, anak yang mendapat pembinaan berjumlah 20 orang dengan sasaran umur 17 tahun ke bawah.

Kegiatan ini bertujuan agar mengurangi angka anak jalanan di Kota Padang, kemudian memberikan efek jera kepada anak jalanan agar tidak lagi melakukan aktifitas di jalanan.

BACA JUGA  Ketua PSSI Berharap Shin Tae-yong Tidak Mundur Pelatih Timnas Indonesia

Selain itu juga meningkatkan ketertiban dan keamanan di Kota Padang, karena kita mengetahui bahwa Padang adalah magnet bagi para pencari pekarjaan dari berbagai daerah, salah satunya pengemis, pedagang asongan, dan anak jalanan, tuturnya.(Ivan/Charlie)

Iklan

Latest News

Hendri Septa Ajak Kaum Muslim Sambut Muharram 1446 H dengan Peningkatan Takwa dan Keimanan

Lubeg, Radar Berita Indonesia | Bakal calon Wali Kota Padang H. Hendri Septa, B.Bus., MIB,. Datuak Alam Batuah sangat mengapresiasi...

Artikel Lain Yang Anda Suka