Beranda INFO POLRI Polda Jabar Amankan 349 Kendaraan Hasil Curanmor, Cek ke Polres Siapa Tahu...

Polda Jabar Amankan 349 Kendaraan Hasil Curanmor, Cek ke Polres Siapa Tahu Ada Kendaraan Anda

Polda
Polda Jawa Barat berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 322 motor, 19 mobil, dan 1 mobil truk dari para tersangka pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) selama masa Operasi Jaran Lodaya 2021 ini.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes. Pol. Erdi Adrimulan Chaniago, S.I.K.,M.Si mengatakan, bagi masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan bisa mendatangi Polres masing-masing daerahnya untuk mengecek apakah kendaraannya berhasil diamankan oleh polisi atau tidak.

Jika ternyata ada maka polisi akan mengembalikan kendaraan tersebut jika proses hukum di persidangan telah selesai.

BACA JUGA  Penertiban Balap Liar, Polisi Amankan Puluhan Sepeda Motor

“Warga yang selama ini merasa kehilangan kendaraan bermotor silahkan datang ke Polres masing-masing daerah, kami siap bantu fasilitasi dalam proses pinjam pakai kendaraan apabila diperlukan, sepanjang penyidikan telah selesai,” ujar Erdi dalam konferensi pers di Mapolda Jabar pada hari Kamis 4 Maret 2021.

Jika hendak mengecek kendaraannya, masyarakat diminta membawa STNK dan BPKB sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotornya.

Operasi Jaran Lodaya 2021 berlangsung selama 10 hari dari 22 Februari – 3 Maret 2021. Selama periode itu Polda Jabar menangkap 249 orang tersangka curanmor, dan 37 di antaranya adalah target operasi.

BACA JUGA  Kapolri: Pelaku Bom Bunuh Diri Tinggalkan Surat Wasiat Siap Mati Syahid

Modus yang digunakan para pelaku paling banyak adalah merusak kontak kunci motor dengan kunci T, lalu membobol rumah, dan merampas kendaraan dengan memepet dan mengancam dengan senjata tajam atau senjata api.

“Waktu paling banyak tersangka ketika beraksi pertama antara pukul 24.00-06.00 WIB, kedua 06.00-12.00 WIB, ketiga 12.00-18.00 WIB, keempat 18.00-24.00 WIB.” jelas Kabid Humas Polda Jabar.

Selain kendaraan hasil curian, polisi juga menyita barang bukti yang kerap digunakan para tersangka yakni 78 kunci T, 73 kunci palsu, 70 kunci kontak, 13 obeng, 8 senjata tajam, 1 senjata api, 3 airsoft gun, serta 55 lembar surat kendaraan bermotor dan 39 HP.

BACA JUGA  Dalam Waktu 1 Jam, Polresta Malang Kota Berhasil Ringkus Tersangka Residivis Curanmor

Atas perbuatannya para tersangka diancam hukuman penjara antara empat sampai sembilan tahun, tergantung dengan tindak kejahatan yang dilakukannya dan dijerat dengan Pasal 363 ancaman tujuh tahun penjara, Pasal 365 ancaman sembilan tahun, dan Pasal 480 ancaman empat tahun, dan Pasal 481 ancamannya tujuh tahun penjara.

Facebook Comments