Beranda INFO POLRI Polda Jateng Tangkap Tersangka Penyeludupan Sabu Jaringan Internasional

Polda Jateng Tangkap Tersangka Penyeludupan Sabu Jaringan Internasional

Polda Jateng
Ditresnarkoba Polda Jateng menangkap seorang pria berinisial W (berusia 32 tahun) penjual ikan asal Sampang, Jawa Timur dikarenakan menyeludupkan sabu dalam plastik putih yang dibungkus kertas karbon hitam dalam mesin kipas angin gantung.

Dirresnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol. Lutfi Martadian mengatakan, kasus ini merupakan jaringan narkotika Malaysia dengan barang bukti berupa paket yang akan dikirim melaui jalur penerbangan dari Malaysia menuju Jawa Timur tepatnya di Madura melalui Kota Semarang.

“Dari hasil profiling ditemukan barang yang mencurigakan, kami langsung turun ke lapangan untuk melihat langsung dan mengecek barang tersebut diduga narkotika amphetamine jenis sabu,” jelas Dirresnarkoba Polda Jateng, Senin (19/07/2021).

BACA JUGA  Warga Cianjur Sambut Antusias Bazar Sembako Murah Gagasan Kementerian BUMN, PTPN dan Pemkab

“Setelah polisi melakukan pengecekan ditemukan benar bahwa barang tersebut adalah narkotika jenis sabu,” jelas Dirresnarkoba Polda Jateng.

Selang satu hari, Jumat (09/7) petugas menangkap tersangka WFF yang merupakan jaringan Internasional Malaysia-Indonesia.

Tersangka dan barang bukti langsung dibawa ke Polres Pamekasan. Saat paket dibongkar ditemukan mesin kipas angin gantung yang di dalamnya terdapat 13 (tiga belas) paket narkotika jenis sabu seberat 1.002,21 gram.

BACA JUGA  Diduga Lecehkan Perayaan Nyepi, Polisi Tangkap Admin Akun Facebook Abdilah Pulukan Bali

“Kita temukan di dalamnya bungkusan sebanyak 13 yang dibungkus kertas karbon untuk mengelabuhi petugas saat di cek dengan sinar X-Ray,” terang Dirresnarkoba Polda Jateng.

“Setelah kita buka di dalamnya ada plastik dan beberapa butiran berwarna putih, kita coba dengan alat tes dilapangan ternyata benar bahwa barang tersebut adalah jenis Narkotika Golongan 1 amphetamine atau kita kenal dengan jenis sabu,” terang Dirresnarkoba Polda Jateng.

Berdasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa tersangka sebelumnya disuruh oleh N untuk menerima dan menanda tangani resi penerimaan paket.

BACA JUGA  Kapolda Akan Usut Tuntas Aksi Penyerangan Asrama Mahasiswa Luwu dan Bone di Makassar

“Yang bersangkutan atau N ini melarikan diri namun sudah kita terbitkan surat DPO dan akan kami tindaklanjuti dengan jajaran di wilayah Jawa Timur,” jelas Dirresnarkoba Polda Jateng.

Rencananya bungkusan tersebut akan di distribusikan di wilayah Jawa dan Madura.

Atas perbuatannya, tersangka diancam dengan Pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda maksimum Rp8 miliar.

Sumber: Tribrata New Polri.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaGelar Operasi Gabungan, Ditlantas Polda Metro Jaya Tindak 1.109 Kendaraan
Artikel berikutnyaKapolri Instruksikan Polda se-Indonesia Gelar Patroli Skala Besar Pembagian Bansos Malam Ini