Profil Sergey Brin, Orang Terkaya Nomor 6 Dunia sekaligus Pendiri Google

144
Sergey Brin adalah salah satu pendiri dari perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, yakni Google.
Sergey Brin adalah salah satu pendiri dari perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, yakni Google.
Radar BI | Sergey Brin adalah salah satu pendiri dari perusahaan mesin pencari terbesar di dunia, yakni Google. Selain itu, ia berhasil masuk ke peringkat ke-6 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes. Lantas, bagaimana sepak terjang darinya? Berikut profil dan kekayaan dari Sergey Brin yang perlu Anda ketahui.

Sergey Brin lahir di Rusia, 21 Agustus 1973. Pendiri Google ini memiliki total kekayaan 94–101 miliar dolar AS. Dengan jumlah kekayaan yang dimilikinya, tak heran jika Brin berhasil masuk dalam peringkat 6 orang terkaya di dunia.

Pada usia enam tahun, Sergey Brin dan keluarga besarnya harus pindah ke Amerika Serikat. Brin kemudian mengambil pendidikan sarjana di tempat ayahnya bekerja, yaitu di University of Maryland.

Orang terkaya di dunia ini dinilai cerdas dan berhasil menerima beasiswa pascasarjana di National Science Foundation. Hal ini membuatnya melanjutkan pendidikan magister di Universitas Stanford.

BACA JUGA  Rendy Kjaernett Buka Suara Dugaan Perselingkuhan dengan Syahnaz Sadiqah

Sergey Brin juga dikenal senang dengan penelitian seputar analytics. Pendiri Google ini bahkan pernah melakukan uji coba pembuatan situs web serta penggunaan terjemahan HTML. Brin mendirikan perusahaan Google bersama dengan teman kuliahnya, Larry Page pada tahun 1998.

Sebelumnya, Sergey Brin dan Larry Page mendirikan perusahaan induk bernama Alphabet Inc. dan memiliki anak perusahan utamanya bernama Google. Brin menjadi presiden pertama perusahaan induk Google ini, dengan didampingi oleh Larry Page sebagai CEO-nya.

Meski telah membangun perusahaan ini selama 11 tahun, kedua sahabat ini resmi mengundurkan diri pada tahun 2019 dari posisi eksekutif di perusahaan Google, Alphabet. Posisi CEO Alphabet dan Google kini digantikan oleh Sundar Pichai, sesama lulusan dari Stanford.

Larry Page dan Sergey Brin pendiri Google ini bahkan pernah melakukan uji coba pembuatan situs web serta penggunaan terjemahan HTML.
Larry Page dan Sergey Brin pendiri Google ini bahkan pernah melakukan uji coba pembuatan situs web serta penggunaan terjemahan HTML.

Anda tidak perlu khawatir dengan hidup Brin selanjutnya. Pasalnya, orang terkaya di dunia ini memiliki saham yang cukup besar di Google. Inilah yang menjadi salah satu sumber kekayaan Sergey Brin. Selain itu, ia juga memiliki saham di perusahaan induk Google, Alphabet sebesar 6 persen.

BACA JUGA  Dampak Radiasi Listrik Tegangan Tinggi Terhadap Kesehatan Manusia

Lelaki 48 tahun ini tetap memiliki andil di Google, yakni menjadi dewan direksi serta pemegang saham terbesar di Alphabet. Brin dinobatkan menjadi orang nomor 6 terkaya di dunia. Pada 2012–2019, kekayaan bersih dari pendiri Google ini mengalami kenaikan, yakni dari 12 miliar dolar AS, hingga sampai ke puncak 60 miliar dolar AS.

Selain berasal dari Google dan Alphabet, Brin juga memiliki saham di perusahaan milik Elon Musk, Tesla. Namun, Brin menarik seluruh sahamnya dari Tesla bulan Juli lalu.

Orang terkaya di dunia ini juga ikut andil dalam perusahaan 23andMe. 23andMe merupakan sebuah perusahan di Sunnyvale, California yang bergerak di genomika pribadi dan bioteknologi.

Di tahun 2006, Brin dan temannya Larry berhasil memimpin putaran investasi sebesar 40 juta US Dolar di Tesla. Orang terkaya di dunia ini menjadi orang keempat yang mendapatkan SUV Tesla Model X Crossover.

BACA JUGA  Diduga Jadi Bandar Narkoba, Seorang Kakek Ditangkap Sat Narkoba Polres Kotawaringin Barat

Pada tahun 2008, pendiri Google ini pernah membeli sebuah penthouse mewah senilai 8,5 juta dolar AS di New York. Selain itu, Sergey Brin juga memiliki rumah di Los Altos Hills, California dan mengeluarkan dana sebesar 80 juta dolar AS untuk membeli yacht Dragonfly.

Tidak main-main, Brian dan Larry Page memiliki pesawat Dornier Alpha Jet dan Boeing 767-200. Pesawat tersebut memiliki kapasitas 50 orang dan dilengkapi dengan fasilitas lainnya, seperti kamar mandi, serta area makan.

Itulah tadi profil mengenai Sergey Brin sebagai pendiri Google dan orang terkaya di dunia peringkat ke-6. Semoga sepak terjangnya bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Sumber: Fortune Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini