Minggu, September 24, 2023
No menu items!

Waspadai 7 Gejala Rematik Pada Kaki

Must Read
Radar BI | Gejala rematik pada kaki yang paling umum adalah nyeri yang terkadang disertai bengkak bahkan sulit berjalan.

Selain itu, ada gejala rematik lain yang juga perlu diwaspadai. Dengan mengetahuinya maka penanganan dini dapat dilakukan agar keluhan dapat teratasi.

Rematik atau artritis reumatoid adalah peradangan pada persendian yang mengacu pada penyakit autoimun, yaitu kondisi ketika sistem imun tubuh menyerang jaringan sehat, seperti persendian.

BACA JUGA  Bikin SIM dan SKCK Harus Bawa Bukti Sudah Vaksinasi, Polisi: Info Tersebut Hoax

Rematik bisa menyerang hampir seluruh sendi tubuh, termasuk persendian kaki. Hal ini dapat menimbulkan berbagai gejala rematik pada kaki yang umumnya diawali dengan nyeri terus menerus dan dapat semakin parah.

Berikut ini adalah berbagai gejala rematik pada kaki yang harus diwaspadai:

1. Sakit

Gejala utama rematik pada kaki adalah nyeri pada pergelangan kaki hingga jari kaki. Rasa sakit yang muncul seperti ditusuk dan tidak hanya dirasakan di kaki, tetapi juga dapat dirasakan di tangan, siku, dan panggul.

Beberapa penderita mungkin merasa sakitnya semakin parah setiap pagi, namun ada juga yang mengalami sakit parah saat kedinginan.

BACA JUGA  Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Artis Jeff Smith Bakal Direhabilitasi

2. Bengkak

Selain nyeri, persendian di area kaki juga membengkak sebagai gejala rematik di kaki. Pembengkakan terjadi akibat peradangan yang meningkatkan produksi cairan sinovial pada persendian kaki.

Sebenarnya, cairan sinovial merupakan pelumas sekaligus bantalan pada area persendian untuk memudahkan pergerakan tubuh. Namun, jumlah yang berlebihan bisa membuat persendian bengkak.

3. Kaku

Gejala lain dari rematik pada kaki adalah rasa kaku pada area persendian kaki. Kekakuan ini muncul akibat peradangan dan pembengkakan yang membuat jaringan sendi dan sekitarnya tertekan sehingga sendi menjadi kaku atau bahkan sulit digerakkan.

4. Panas

Sensasi panas di kaki juga merupakan tanda rematik. Peradangan dapat meningkatkan suhu, sehingga tubuh terasa panas. Ini sebenarnya bagus untuk melawan infeksi bakteri. Namun pada kasus rematik, sensasi panas tidak memberikan efek yang baik dan mengganggu penderitanya.

5. Kesemutan

Arthritis terkadang mempengaruhi jaringan di sekitarnya, seperti pembuluh darah dan saraf. Hal ini dapat memicu kesemutan yang ditandai dengan sensasi seperti ada semut yang mengerumuni kulit kaki dan dapat merayap hingga betis.

BACA JUGA  Dirut Krakatau Steel Diusir Saat Raker di DPR, Fahri Hamzah: Jangan Seret BUMN ke Politik

6. Perubahan bentuk kaki

BACA JUGA  Klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia Hajar Singapura 9 - 0

Gejala lain dari rematik pada kaki adalah perubahan bentuk kaki. Keluhan ini juga muncul akibat peradangan yang merusak jaringan ikat antar tulang dan sambungan tulang ke otot. Akibatnya, struktur kaki berubah dan mengganggu fungsinya.

7. Kesulitan berjalan

Seiring dengan meluasnya kerusakan akibat rematik pada persendian kaki. Penderita juga bisa mengalami hambatan saat berjalan. Bahkan, bentuk kaki yang berubah total atau cacat permanen bisa membuat penderitanya tidak bisa berjalan sama sekali.

Berbagai gejala rematik pada kaki dapat mengurangi pergerakan anggota tubuh bagian bawah, terutama untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jika tidak diobati, rematik dapat merusak sendi sehingga pembatasan gerak dapat terjadi secara permanen.

Oleh karena itu, jika anda mengalami gejala rematik pada kaki seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat diperoleh diagnosis dan penanganan yang akurat.

BACA JUGA  Polisi Tangkap 3 Pemuda Usai Konsumsi Narkoba, 1 Orang Masih Pelajar SMP

Sumber: Alodokter.

Iklan

Latest News

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus RT.02/03 dan RW XIII Rambutan, Begini Kata Irwan Basir

Padang, Radar BI | Ketua RW dan Ketua RT adalah tokoh masyarakat yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting untuk memimpin...

Artikel Lain Yang Anda Suka