Senin, April 15, 2024
No menu items!

10 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Must Read
Radar BI | Manfaat daun salam tak hanya sebagai penambah cita rasa makanan. Ada banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa didapatkan dari daun yang mengandung berbagai nutrisi ini, salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat daun salam telah lama digunakan oleh masyarakat Asia, termasuk Indonesia, sebagai bumbu untuk meningkatkan kelezatan dan aroma masakan. Daun yang sering dijadikan rempah ini diperoleh dari pohon cemara kecil bernama Laurus nobilis L.

Selain melezatkan makanan, daun salam juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat daun salam paling banyak didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya, seperti flavonoid, tanin, dan polifenol.

BACA JUGA  Polda Sumut Ringkus 5 Tersangka Penyelundupan Pekerja Migran yang Tenggelam di Perairan Malaysia

Selain itu, daun salam juga diketahui mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat, dan magnesium.

Beragam Manfaat Daun Salam

Berkat kandungan nutrisinya, tidak heran jika daun salam memiliki ragam manfaat untuk mencegah atau mengobati berbagai keluhan kesehatan dan penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun salam yang dapat Anda peroleh:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tanaman yang sering dijadikan rempah ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat daun salam ini tentu saja didapat berkat kandungan vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan imunitas. Beberapa vitamin dan mineral yang dimaksud adalah vitamin A, B6, C, dan zinc.

BACA JUGA  6 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mencegah batu ginjal

Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun salam bermanfaat untuk mencegah batu ginjal. Manfaat daun salam ini didapat karena daun salam dapat mengurangi jumlah urease di dalam tubuh. Urease sendiri adalah enzim yang memicu terbentuknya batu ginjal jika jumlahnya berlebih.

3. Menjaga kadar gula darah

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi ekstrak daun salam secara rutin dapat membantu menurunkan serta mengelola kadar gula darah pada penderita diabetes. Manfaat daun salam ini diperoleh dari kandungan polifenol di dalamnya.

4. Menurunkan kolesterol

Studi menunjukkan bahwa daun salam dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Kandungan flavonoid dalam daun salam lah yang berjasa atas manfaat ini.

Selain itu, manfaat daun salam dalam menurunkan kadar kolesterol juga didapatkan dari kandungan serat di dalamnya.

BACA JUGA  Bacaan Niat Sholat Dhuha, Doa, Tata Cara, dan Keutamaannya

5. Mencegah serangan jantung

Daun salam mengandung kandungan senyawa antioksidan dan serat. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu menurunkan kadar gula darah serta kolesterol, sehingga serangan jantung maupun penyakit kardiovaskuler lainnya dapat dicegah.

Diabetes dan kolesterol tinggi merupakan faktor yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

6. Mengatasi sakit perut

Di dalam daun salam juga terkandung serat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Selain untuk meredakan sakit perut, daun salam juga telah lama diolah menjadi teh herbal untuk mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti perut kembung maupun sakit pada ulu hati.

BACA JUGA  Peringati Hari Buruh, 14 Peserta Unjuk Rasa May Day di Medan Ditangkap Polisi

7. Mempercepat penyembuhan luka

Saat terjadi luka, tubuh akan mengalami proses peradangan lokal sebagai bagian dari proses penyembuhan. Senyawa flavonoid dan tannin dalam daun salam memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada area luka. Dengan begitu, luka akan lebih cepat sembuh. Itulah salah satu manfaat daun salam yang bisa Anda peroleh.

8. Mencegah osteoporosis

Mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis juga merupakan manfaat daun salam. Kandungan magnesium dalam daun salam dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu magnesium juga bisa memastikan fungsi saraf dan otot berjalan normal.

BACA JUGA  Terima SK 355 CPNS Formasi 2021 dan Lantik 62 Pejabat Fungsional

9. Mencegah pikun

Berkat berbagai senyawa antioksidan yang terkandung dalam daun salam, tubuh pun dapat terhindar dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif, seperti pikun.

Oleh karena itu, daun salam dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat.

10. Mencegah kanker

Manfaat daun salam berikutnya adalah mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak daun salam memberikan hasil yang menjanjikan dalam mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker kolorektal.

Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan dalam daun salam yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

BACA JUGA  Siber Crime Polri Beri Peringatan ke Akun Medsos yang Langgar Hukum

Selain beberapa manfaat di atas, daun salam juga sering digunakan untuk meredakan hidung tersumbat maupun nyeri akibat sinusitis

Meski banyak manfaat daun salam bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan, perlu diingat bahwa beragam manfaat daun salam di atas masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan daun salam sebagai salah satu rempah ketika mengolah makanan.

Panduan Mengonsumsi Daun Salam

Anda bisa mendapatkan beragam manfaat daun salam untuk kesehatan dengan mencampurkannya ke dalam masakan sebagai penyedap alami dan pengharum masakan.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menjadikan daun salam sebagai teh herbal dengan cara merebusnya, atau mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak maupun suplemen. Namun, pastikan bahwa ekstrak dan suplemen daun salam telah mendapat ijin edar dari BPOM.

BACA JUGA  Polri Ungkap Klub Liga 2 Suap Wasit Rp 800 Juta

Sumber: Alodokter.

Iklan

Latest News

Brimob Polri dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Personil Terluka

Radar Berita Indonesia | Bentrokan terjadi antara Brimob Polri dengan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Sorong, Papua...

Artikel Lain Yang Anda Suka