Rabu, Juli 24, 2024
No menu items!

12 Manfaat Melimpah Sayur Tauge

Must Read
Radar BI | Tauge atau disebut juga toge merupakan sayuran berupa kecambah dari kacang hijau. Sayur ini banyak digunakan untuk berbagai masakan, seperti tumisan, campuran soto, pelengkap pecel, ataupun campuran bakwan.

Selain rasanya yang enak, ternyata tauge juga mengandung banyak manfaat. Ini karena toge mengandung serat, antioksidan, vitamin E, vitamin K, asam folat, vitamin B, dan mineral maupun vitamin penting lainnya.

Disampaikan oleh dr. Gia Pratama, kebutuhan konsumsi tauge bervariasi tergantung pada kebutuhan individu dan gaya hidup. Secara umum, sekitar 50-100 gram tauge segar per hari dapat menjadi bagian dari pola makan sehat.

BACA JUGA  Kadisdik Ilyas: Tes Urin Ini Bukan Mencari Kesalahan, Melainkan Diteksi Dini Pembinaan ASN Guru

Berikut manfaat sayur toge atau tauge untuk kesehatan jika kamu konsumsi secara rutin:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian yang paling umum. Pasalnya, penyakit ini menyerang jantung yang fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh.

Peradangan, tekanan darah tinggi (hipertensi), atau kadar kolesterol tinggi bisa jadi faktor risiko tingginya penyakit jantung. Untuk mencegah penyakit jantung, kamu bisa mengonsumsi toge.

“Tauge mengandung senyawa flavonoid, seperti quercetin, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner”, jelas dr. Gia.

BACA JUGA  Wakapolda Sumsel Menyambut Kedatangan Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Drs. Toni Hermanto, MH

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

“Tauge mengandung serat makanan yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur pencernaan dan menjaga kesehatannya”, ujar dr. Gia.

Serat juga bisa menjadi makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri ini membantu memecah racun dari zat makanan, melatih sistem imun, dan membuat vitamin tertentu yang dibutuhkan tubuh.

Di samping itu, dr. Gia juga menjelaskan, “Tauge mengandung enzim amilase, yang membantu dalam pemecahan karbohidrat. Ini dapat mempermudah proses pencernaan dan penyerapan nutrisi di sistem pencernaan.”

BACA JUGA  BRIN Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah

3. Mencegah Sembelit

Kandungan serat pada toge juga memberi manfaat dalam mencegah susah BAB. Sebab sembelit sering kali terjadi jika kamu kurang mengonsumsi makanan berserat.

Serat dari sayuran tauge bisa melunakkan feses sehingga mudah melewati saluran cerna dan dikeluarkan dari tubuh. Manfaat tauge ini bisa kamu dapatkan jika asupan cairan juga terpenuhi setiap harinya.

BACA JUGA  Diduga Hasil Kejahatan Narkoba, Polda Sulteng Sita Aset Rp.10 Miliar

4. Melawan Radikal Bebas

Walaupun berukuran kecil, toge termasuk makanan kaya antioksidan. Senyawa ini bantu tubuh melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Hal ini sejalan dengan penuturan dr. Gia, “Tauge mengandung senyawa-senyawa fitokimia yang memiliki sifat antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E. Makan toge dapat memberikan manfaat berupa perlindungan bagi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.”

BACA JUGA  Bimtek Jitu Pasna, Dedi Prima: Bantuan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana

5. Menurunkan Risiko Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif adalah kondisi menyebabkan jaringan atau organ memburuk dari waktu ke waktu. Ini meliputi penyakit jantung, kanker, osteoporosis, dan penyakit Alzheimer.

Konsumsi makanan kaya antioksidan, seperti kacang-kacangan dan toge, berkorelasi positif dengan rendahnya risiko penyakit degeneratif di hari tua.

BACA JUGA  Polres Brebes Ringkus MYS Pelaku Penggelapan Uang TKW Senilai Rp.3 Milliar

6. Meningkatkan Sistem Imun

“Tauge merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh”, ucap dr. Gia.

Manfaat ini diketahui dari kemampuan vitamin C yang meningkatkan fungsi sel darah putih. Hal ini berdampak pada produksi antibodi oleh sel darah putih sehingga tubuh jadi lebih kuat melawan infeksi.

BACA JUGA  9 Makanan Bisa Berubah Menjadi Racun Bila Dipanaskan

7. Cocok untuk Diet

Tahukah kamu bahwa sayur toge memiliki kalori yang cukup kecil? Per 100 gram toge, terdapat 37 kalori. Kalori toge yang rendah menjadikan toge sebagai sayuran yang cocok untuk diet.

Serat pada toge bisa membuat perut kenyang lebih lama. Efeknya ini bisa menahan kamu ngemil makanan tidak sehat. Ditambah, toge juga mengandung banyak air sehingga efeknya ini jadi lebih optimal.

BACA JUGA  Polres Brebes Ringkus MYS Pelaku Penggelapan Uang TKW Senilai Rp.3 Milliar

8. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Diabetes menyebabkan kadar gula darah di atas normal. Kondisi ini menyebabkan gejala mengganggu dan komplikasi yang berbahaya.

Agar kondisinya tidak semakin parah, diabetesi perlu menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Caranya, dengan menjaga pola makan tetap sehat.

“Tauge memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung serat, yang membantu mengatur kadar gula darah. Konsumsi toge dapat membantu dalam pengendalian gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2”, jelas dr. Gia.

BACA JUGA  Diduga Hasil Kejahatan Narkoba, Polda Sulteng Sita Aset Rp.10 Miliar

9. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

“Konsumsi tauge bisa membantu memenuhi kebutuhan asam folat yang diperlukan selama kehamilan”, ujar dr. Gia.

Asam folat pada tauge memberikan banyak manfaat untuk wanita hamil dan kandungannya, seperti:

• Membentuk saraf janin
• Mencegah keguguran
• Menurunkan risiko preeklampsia
• Membentuk plasenta

BACA JUGA  9 Makanan Bisa Berubah Menjadi Racun Bila Dipanaskan

10. Dukung Pembekuan dan Pembentukan Sel Darah

“Vitamin K pada toge penting untuk pembekuan darah”, ujar dr. Gia. Ini dibutuhkan oleh ketika perdarahan terjadi. Jika fungsinya tidak berjalan dengan baik, jumlah darah bisa berkurang, terutama pada kasus kecelakaan parah.

Di samping membekukan darah, zat besi dan asam folat pada tauge juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Manfaat toge ini dapat mencegah kamu mengalami anemia.

BACA JUGA  Dalam Sepekan, Polres Banyuasin Ringkus 6 Tersangka Kasus Narkoba

11. Menguatkan Tulang

Tauge mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Sayuran ini juga mengandung mangan dan seng, yang mendukung pembentukan tulang yang sehat.

Khasiat toge ini juga diperkuat ini dengan kandungan fitoestrogen. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan mineralisasi tulang dengan meningkatkan kadar kalsium.

BACA JUGA  BRIN Ancam Bunuh Warga Muhammadiyah

12. Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat toge untuk pria ini cukup populer di masyarakat. Ekstrak tauge efektif untuk meningkatkan kualitas sperma meliputi jumlah, bentuk (morfologi), motilitas, dan viabilitas, menurut penelitian yang dilakukan oleh Endah Mulyani.

Kualitas sperma yang bagus ini dapat memperbesar peluang kehamilan. Sebaliknya, jika kualitas maupun kuantitas sperma rendah, peluang keberhasilan kehamilan jadi semakin kecil.

Sangat banyak manfaat tauge untuk kesehatan tubuh, bukan? Jadi, masukkan toge dalam menu makanmu, ya!

Dokter Gia Pratama menegaskan, “Tauge mentah dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, termasuk salmonella dan E. coli. Oleh karena itu, pastikan tauge segar dan bersih. Memasak tauge sebelum mengonsumsinya dapat membantu mengurangi risiko bakteri.”

BACA JUGA  Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris Perempuan di Makassar

Sumber: Klikdokter.

Iklan

Latest News

Hendri Septa Ajak Kaum Muslim Sambut Muharram 1446 H dengan Peningkatan Takwa dan Keimanan

Lubeg, Radar Berita Indonesia | Bakal calon Wali Kota Padang H. Hendri Septa, B.Bus., MIB,. Datuak Alam Batuah sangat mengapresiasi...

Artikel Lain Yang Anda Suka