Beranda DAERAH Bareskrim Polri Gandeng Interpol Buru Pria Yang Mengaku Nabi ke 26

Bareskrim Polri Gandeng Interpol Buru Pria Yang Mengaku Nabi ke 26

Bareskrim Polri
Kabareskrim Mabes Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H.
Penyidik Bareskrim Polri sedang menyelidiki video viral pria mengaku nabi ke-26 bernama Jozeph Paul Zhang. Saat ini petugas melengkapi dokumen penyidikannya.

“Sedang didalami, lengkapi dokumen penyidikannya,” jelas Kabareskrim Mabes Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H di Jakarta, Minggu (18/04/2021).

Berdasarkan data perlintasan Imigrasi, Jozeph Paul Zhang telah meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018. Penyidik Bareskrim Polri sejak awal telah menduga Jozeph Paul Zhang tidak berada di Indonesia.

BACA JUGA  Panglima TNI dan Kapolri Rangkul Tokoh Agama Untuk Tekan Covid-19 di Bangkalan

Namun, lanjut Bareskrim, hal itu tidak menghalangi pihaknya untuk melakukan penyelidikan terkait dengan dugaan penistaan agama tersebut.

“Kami berkoordinasi dengan Imigrasi dengan baik. Data yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang) meninggalkan Indonesia sejak Januari 2018 dan tercatat belum kembali,” jelas Kabareskrim.

Video pelaku penyerangan Novel Baswedan dipindahkan ke Bareskrim Polri Menurut Agus, Jozeph Paul Zhang mengetahui banyak warga Indonesia yang gampang marah sehingga membuat konten video yang memancing emosi masyarakat.

BACA JUGA  Polri Temukan Unsur Indikasi Pidana Ledakan Kilang Minyak di Indramayu

“Dia tahu akhir-akhir ini banyak warga Indonesia gampang sekali marah. Ngomong-lah seperti di video yang viral. Semoga hari kemarin enggak banyak yang batal puasanya,” ujar Kabareskrim.

Terkait dengan video tersebut, Kabareskrim memastikan kepolisian akan turun tangan menjalankan tugas pokok kepolisian.

Kabareskrim juga mengimbau agar masyarakat yang tengah menjalani ibadah puasa tidak terprovokasi dan mendoakan kebaikan-kebaikan untuk bangsa Indonesia.

BACA JUGA  Penemuan Korban Mutilasi Tanpa Kepala dan Tubuh Hebohkan Warga Kedung Waringin

Kemudian meyakini bahwa setiap perbuatan tercela akan mendapat ganjaran dari Allah SWT.

“Hakikatnya puasa salah satunya menahan diri dari segala sesuatu, cara manusia merespons atas sesuatu yang terjadi menunjukkan kualitas diri tiap insan,” terang Kabareskrim.

Sebelumnya, Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi membuat sayembara bagi siapa pun yang bisa melaporkannya melakukan penistaan agama.

BACA JUGA  Bareskrim Polri Bongkar TPPU Kasus Narkoba dari Bali, Medan dan NTB, Polisi Sita Barang Bukti Senilai Rp 338 Miliar

Dia membuat video dalam forum diskusi zoom. Kemudian, menggunggahnya ke akun channel YouTube miliknya, Jozeph Paul Zhang dengan tema “Puasa Lalim Islam”.

“Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep Fauzan Zhang, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabullah.

Kalo Anda bisa laporan atas penistaan agama, Gua kasih loh satu laporan Rp1 juta, maksimum 5 laporan supaya jangan bilang gua ngibul kan. Jadi kan 5 juta, di wilayah polres berbeda,” kata Jozeph.

BACA JUGA  Bareskrim Polri Tetapkan 4 Tersangka Kasus Investasi Bodong Alat Kesehatan Rp 1,3 T

Sumber: Divisi Humas Polri.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPesta Narkoba, Kades Bersama Oknum Polisi dan Pengusaha di Banyuwangi Ditangkap
Artikel berikutnyaBNN Tembak Mati Bandar Narkoba di Bone, 89 Kg Sabu Disita