Beranda DAERAH Bimtek Jitu Pasna Angkatan IV di Batu Sangkar, Suryadi: Peserta Dilatih Agar...

Bimtek Jitu Pasna Angkatan IV di Batu Sangkar, Suryadi: Peserta Dilatih Agar Mampu Membuat Dokumen Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana

Batu Sangkar – Bimbingan Teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) tahun 2021 angkatan IV diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat. Bertempat di Hotel Emersia, Batusangkar, Provinsi Sumatera Barat, (13/09/202) Malam.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi, BPBD Sumbar, Suryadi mengatakan, dalam bimtek jitu ini para peserta dilatih agar mampu membuat dokumen pengkajian kebutuhan pasca kebencanaan, mulai dari pengumpulan data hingga penyusunan dokumen, bimtek ini berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 13 sampai dengan 16 September 2021).

Diharapkan pada peserta dapat melakukan penghitungan kerugian dan kerusakan akibat dampak bencana sebagai persyaratan dokumen bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tersebut.

BACA JUGA  Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman Terima Penghargaan BNPB Sebagai Provinsi Aktif Tanggulangi Bencana
BACA JUGA  Polres Serdang Bedagai Berhasil Ungkap Motif Pembunuh Janda di Dairi

Dalam sambutannya, Suryadi juga menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) 2021 angkatan IV ini terdiri dari 115 peserta, di antaranya BPBD provinsi dan kabupaten/kota, aparatur nagari, desa atau kelurahan, jurnalis hingga relawan penanggulangan bencana.

Selain itu, Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra yang mwnjadi nara sumber acara Bimtek Jitu Pasna menyampaikan, bahwa komisi IV DPRD Sumbar selalu mendukung segala kegiatan dari BPBD Sumbar.

Desrio juga mengharapkan pada peserta agar serius dalam Bimtek ini, ketika ada bencana para peserta sudah siap menghadapi bencana dan memberikan bantuan yang di butuhkan, dan jangan sampai dana yang di kucurkan untuk Bimtek menjadi sia – sia, tuturnya.

BACA JUGA  Bimtek Jitu Pasna 2021 Angkatan VI di Basko, BPBD Sumbar Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana
BACA JUGA  Ferdinand Hutahaean Ditetapkan Sebagai Tersangka Ujaran Kebencian

Sementara itu, nara sumber dari Pusdiklat BNPB, Dr. Marlina Adisti, M.Si menyampaikan materi, konsep dasar Penanggulangan Bencana dan hal hal yang menyangkut pengkajian kebutuhan pasca bencana. Jadi kalau terjadi bencana dapat menghitung dengan cepat kebutuhan pasca bencana.

Selama kegiatan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) 2021 angkatan IV di Hotel Emersia berlangsung tetap mematuhi Protokoler Kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19. (Dp/AdF/Wik)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBimtek Jitu Pasna BPBD Tahun 2021, Suryadi Eviontri: Kehadiran Disini Terpanggil Tugas Kemanusiaan
Artikel berikutnyaJitu Pasna Angkatan IV Resmi Ditutup, Suryadi Eviontri: Saatnya Merajut Kembali Rasa Kemanusiaan