Beranda DAERAH Bimtek Jitu Pasna Angkatan IV di Batu Sangkar, Suryadi: Peserta Dilatih Agar...

Bimtek Jitu Pasna Angkatan IV di Batu Sangkar, Suryadi: Peserta Dilatih Agar Mampu Membuat Dokumen Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana

Batu Sangkar – Bimbingan Teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) tahun 2021 angkatan IV diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat. Bertempat di Hotel Emersia, Batusangkar, Provinsi Sumatera Barat, (13/09/202) Malam.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi, BPBD Sumbar, Suryadi mengatakan, dalam bimtek jitu ini para peserta dilatih agar mampu membuat dokumen pengkajian kebutuhan pasca kebencanaan, mulai dari pengumpulan data hingga penyusunan dokumen, bimtek ini berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 13 sampai dengan 16 September 2021).

Diharapkan pada peserta dapat melakukan penghitungan kerugian dan kerusakan akibat dampak bencana sebagai persyaratan dokumen bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana tersebut.

BACA JUGA  Wujudkan Polri Bersinar, Kapolri: Tindak Tegas Oknum Polisi Terlibat Narkoba
BACA JUGA  Relawan Jitu Pasna Angkatan IV Diajarkan Cara Buat Infografis Bencana

Dalam sambutannya, Suryadi juga menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) 2021 angkatan IV ini terdiri dari 115 peserta, di antaranya BPBD provinsi dan kabupaten/kota, aparatur nagari, desa atau kelurahan, jurnalis hingga relawan penanggulangan bencana.

Selain itu, Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra yang mwnjadi nara sumber acara Bimtek Jitu Pasna menyampaikan, bahwa komisi IV DPRD Sumbar selalu mendukung segala kegiatan dari BPBD Sumbar.

Desrio juga mengharapkan pada peserta agar serius dalam Bimtek ini, ketika ada bencana para peserta sudah siap menghadapi bencana dan memberikan bantuan yang di butuhkan, dan jangan sampai dana yang di kucurkan untuk Bimtek menjadi sia – sia, tuturnya.

BACA JUGA  HUT Bhayangkara ke-75, DPD LPM Kota Padang Serahkan Penghargaan Untuk Kapolda Sumbar
BACA JUGA  Bimtek Jitu Pasna, Dedi Prima: Bantuan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana

Sementara itu, nara sumber dari Pusdiklat BNPB, Dr. Marlina Adisti, M.Si menyampaikan materi, konsep dasar Penanggulangan Bencana dan hal hal yang menyangkut pengkajian kebutuhan pasca bencana. Jadi kalau terjadi bencana dapat menghitung dengan cepat kebutuhan pasca bencana.

Selama kegiatan pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) 2021 angkatan IV di Hotel Emersia berlangsung tetap mematuhi Protokoler Kesehatan agar terhindar dari penularan Covid-19. (Dp/AdF/Wik)

Facebook Comments