Beranda DAERAH BNPB Minta 16 Provinsi Waspadai Banjir dan Longsor, Berikut Ini Wilayahnya

BNPB Minta 16 Provinsi Waspadai Banjir dan Longsor, Berikut Ini Wilayahnya

BNPB
Ilustrasi
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau pemerintah daerah di 16 Provinsi untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, dan tanah longsor.

Imbauan ini merujuk perkiraan cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan ada 16 provinsi yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang dan lebat hingga pada hari, Sabtu (15/05/2021).

“Dengan melihat hasil laporan prakiraan cuaca tersebut BNPB mengimbau seluruh pemangku kebijakan di daerah baik tingkat gubernur hingga RT dan RW serta masyarakat untuk waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan tertulis pada hari, Jumat (14/05/2021).

BACA JUGA  Polri Belum Simpulkan Jaringan Teroris Mantan Sekum FPI Munarman

Ke-16 provinsi itu yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten. Lalu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Lebih lanjut, Raditya Jati mengatakan BMKG telah mengeluarkan status ‘waspada‘ bagi 16 provinsi di Indonesia tersebut dalam kaitan adanya potensi banjir, banjir bandang, dan tanah longsor yang dapat dipicu oleh cuaca. Perkiraan cuaca ini di antaranya dapat diakses di https://signature.bmkg.go.id.

BACA JUGA  Kapolda Sumsel Berhasil Raih Dua Penghargaan dari Lemkapi

“Diharapkan masyarakat secara mandiri juga dapat mengakses informasi peringatan dini cuaca hingga tingkat kecamatan melalui aplikasi InfoBMKG,” ujarnya Raditya.

Pada hari Kamis kemarin, pada tanggal 13 Mei 2021, sejumlah daerah telah dilanda banjir dan longsor.

Daerah yang mengalami banjir, yaitu Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Kalimantan Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, Kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan.

BACA JUGA  Bantuan Makanan Bagi Warga Terdampak Banjir, Hendri Septa Apresiasi Dapur Umum Dinas Sosial Kota Padang

Sedangkan Kabupaten Simalungun di Sumatera Utara dilanda banjir dan tanah longsor.

Facebook Comments