Beranda DAERAH Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman Terima Penghargaan BNPB Sebagai Provinsi Aktif Tanggulangi...

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman Terima Penghargaan BNPB Sebagai Provinsi Aktif Tanggulangi Bencana

BNPB
Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan berbagai pihak melakukan kolaborasi dan kerja sama dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Sinergi berbagai pihak atau pentaheliks ini tak hanya di tingkat pusat tetapi juga di daerah. Upaya sinergi ini diapresiasi BNPB dengan pemberian penghargaan berlangsung jelang penutupan Rakornas PB 2021.

BNPB menganugerahkan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah terlibat secara aktif dalam penanggulangan bencana, baik itu bencana alam maupun nonalam, seperti pelestarian alam, penanganan darurat bencana maupun Covid-19.

BACA JUGA  Kapolres Ogan Ilir Berikan Penghargaan Untuk Belasan Personil

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan semangat untuk tetap terjaga dan berkelanjutan untuk mewujudkan resiliensi bangsa. BNPB memberikan penghargaan kepada unsur pemerintah daerah, masyarakat, akademisi, lembaga usaha dan media massa.

Penyerahan penghargaan ini diberikan pada hari kelima atau penutupan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (10/03/2021).

Berikut ini para penerima penghargaan dalam Rakornas PB 2021:

Kategori Pemerintah Daerah

Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Kepualauan Bangka Belitung, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Aceh, Provinsi Bali, Provinsi Papua Barat, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinisi Maluku, Provinsi Maluku Utara dan Provinsi Papua.

BACA JUGA  BNPB Minta 16 Provinsi Waspadai Banjir dan Longsor, Berikut Ini Wilayahnya

Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Bantul. Kota Ambon, Kota Bontang, Kota Cilegon, Kota Kupang, Kota Sorong, Kota Tidore Kepulauan dan Kota Padang.

Kerja total kala pandemi dilakukan BPBD Sumbar akhirnya berbuah manis. Kepala BNPB Doni Monardo hari ini serahkan penghargaan Anugerah Penanggulangan Bencana kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi saat Rakornas Penanggulangan Bencana Nasional 2021.

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, berkat kerja keras bersama “Allhamdulillah, penilaian BNPB dengan berbagai indikator, anugerah ini merupakan kerja total dan kerja keras semua elemen baik BPBD maupun stakeholder dan Forum Penanggukangan Resioko Bencana Sumbar.

Pada sesi Rakornas tadi Sumbar dinilai mampu mensinergikan sumberdaya yang ada dan melibatkan banyak unsur dalam penanggulangan bencana, Provinsi Sumatera Barat meraih penghargaan bidang.

Sumbar mendapatkan anugerah bersama 25 pemerintah daerah lainnya di Indonesia, media, dunia usaha, masyarakat, dan perguruan tinggi.

BACA JUGA  Pastikan TNI dan Polri Terus Buru KKB, Dankor Brimob: Kita Ingin Papua Damai

“Anugerah tadi disampaikan langsung Kepala BNPB Doni Monardo, dalam sesi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021 dengan tema “Tangguh Menghadapi Bencana” secara daring oleh (BNPB),” ujar Erman Rahman dihubungi awak media, pada hari Kamis (11/03/2021) Malam.

Gubernur Sumbar Mahyeldi, didampingi Kalaksa BPBD dan Kadis Kominfo Rabu siang tadi mengatakan apresiasi atas penghargaan tersebut.

“Saya berharap dengan raihan penghargaan ini, BPBD Sumbar bisa lebih baik dan lebih cepat dalam penanganan bencana.

Kepala BPBD Pak Erman Rahman juga harus tetap berkoordinasi dengan OPD dan kelompok-kelompok masyarakat sehingga ketika terjadi bencana bisa cepat penanganannya. Dukungan teknologi untuk memprediksi juga sangat penting, termasuk juga sarana komunikasi agar cepat informasinya,”ujar Mahyeldi.

BACA JUGA  Preman Peras Pedagang Sate, Wajahnya Pucat Saat Ditangkap Polisi

Gubernur juga berpesan agar terus dilakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan-pelatihan penanggulangan bencana untuk relawan-relawan tanggap bencana, termasuk tim reaksi cepat (TRC) yang ada di beberapa OPD.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Erman Rahman usai penerimaan penghargaan juga memastikan anugerah dari BNPB bukan prestasi pemerintah semata.

Tidak kita semata, karena dalam penanggulangan bencana, pemerintah Sumbar melalui BPBD Sumbar selalu bersinergi dengan melibatkan banyak unsur, baik masyarakat maupun swasta.

Kita di Sumbar ini dinilai selalu melibatkan seluruh komponen dalam upaya penanggulangan bencana. Ada keterlibatan semua unsur, jadi tidak pemerintah saja, sehingga kita dianggap berhasil dalam sinergi penanggulangan bencana, ujar Erman.

BACA JUGA  Berantas Premanisme dan Pungli, Polda Sumut Amankan 75 Orang

Pihak BPBD Sumbar kata Erman akan menjadikan penghargaan ini sebagai pemacu semangat untuk semakin komit dalam penanggulangan bencana di Sumbar.

Facebook Comments