Sabtu, Februari 24, 2024
No menu items!

Diet Garam Untuk Hindari Stroke dan Penderita Penyakit Jantung

Must Read
Radar BI | Diet garam merupakan diet untuk mengatur jumlah asupan garam yang dikonsumsi. Pola diet ini penting untuk dilakukan siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Ini karena diet garam bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, seperti hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

Saat menjalani diet garam, Anda dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam atau natrium, seperti makanan cepat saji atau fast food, makanan beku, makanan ringan dan daging olahan, sup kalengan, keju, sereal, serta roti.

BACA JUGA  Pindah Domisili Masih Diminta Surat RT/RW, Kemendagri: Ancam Sanksi Tegas Kadis Dukcapil

Sebagai gantinya Anda bisa mengonsumsi makanan yang lebih sehat, seperti aneka buah dan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, daging, dan susu rendah lemak.

Manfaat dan Bahaya Garam

Garam terdiri dari dua jenis mineral yang juga berfungsi sebagai elektrolit, yaitu natrium dan klorida. Fungsi kedua zat ini adalah untuk mengontrol tekanan darah, menjaga kadar cairan ubuh, serta mendukung kinerja otot dan saraf.

Namun, asupan garam berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah yang tinggi dan tak terkontrol lama kelamaan bisa menyebabkan komplikasi berupa stroke atau penyakit jantung.

BACA JUGA  Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Ungkap 655 Kasus Selama 2021, Selamatkan Aset Negara Rp1 Triliun

Saat tubuh kelebihan garam, ginjal akan menyesuaikan kadar cairan dalam darah sehingga menyebabkan volume dan tekanan darah meningkat. Ini membuat jantung harus bekerja lebih keras guna menyuplai darah segar ke tubuh.

Selain itu, kadar garam yang tinggi juga bisa menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh penderita gagal jantung kongestif, sirosis, dan penyakit ginjal, serta menyebabkan gangguan fungsi saraf. Inilah alasan mengapa diet garam perlu dilakukan demi hidup yang lebih sehat.

Cara Melakukan Diet Garam

Tak hanya dengan membatasi konsumsi makanan asin, Anda juga perlu mengatur jumlah asupan garam dengan lebih teliti. Saat menjalani diet garam, Anda dianjurkan untuk membatasi asupan garam hingga tidak lebih dari 5–6 gram natrium per hari atau setara dengan 1 sendok teh garam dan MSG.

BACA JUGA  3 Arahan Jokowi kepada Pj Gubernur DKI Jakarta

Agar jumlah asupan garam tidak berlebihan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Kurangi pemakaian garam saat memasak. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan bumbu masakan atau bahan makanan yang memiliki rasa gurih alami atau umami, seperti bawang, jahe, jamur, rumput laut, kacang, dan ikan.
  • Saat berbelanja makanana olahan, baca label kemasan produk dengan saksama. Pilihlah makanan dengan kadar natrium atau sodium yang rendah.
  • Konsumsi lebih banyak makanan segar, seperti sayuran dan buah-buahan, karena makanan ini mengendung lebih sedikit garam. Jika ingin mengonsumsi daging, pilihlah daging segar ketimbang daging olahan, seperti kornet atau sosis.
  • Batasi penggunaan bumbu atau saus yang mengandung natrium, seperti kecap, saus salad, saus tomat, mostar, dan kecap.
  • Saat memesan makanan di restoran atau via online, mintalah penyaji makanan untuk mengurangi garam, penyedap rasa, atau saus.

Ingat, jangan salah kaprah. Diet garam bukan berarti Anda perlu menjauhi garam sama sekali. Jika asupan garam terlalu rendah, hal ini juga bisa menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan tertentu, seperti hiponatremia atau kekurangan yodium.

BACA JUGA  Aksi KKB Bakal Ditindak Tegas, Komjen Pol Boy Rafli Amar: Aparat Gunakan Hukum Terorisme

Dengan menerapkan diet garam, kesehatan tubuh Anda akan tetap terjaga dan asupan garam dalam tubuh pun bisa menjadi lebih seimbang. Apabila Anda memiliki masalah kesehatan tertentu atau merasa sulit untuk menjalani diet garam, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter.

Iklan

Latest News

Walikota Padang: Camat Ibarat Manusia Setengah Dewa

Sumbar, Radar BI | Wali Kota Padang Hendri Septa melantik 37 pejabat administrator (eselon III) di lingkup kerjanya. Termasuk 8...

Artikel Lain Yang Anda Suka