DPD LPM Padang Santuni Korban Kebakaran di Balai Gadang

209
Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM didampingi Sekretaris Akhiruddin beri santunan keluarga korban kebakaran. Bertempat Tanjung Aur RT.04/RW.04 Kelurahan Balai Gadang.
Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM didampingi Sekretaris Akhiruddin beri santunan keluarga korban kebakaran. Bertempat Tanjung Aur RT.04/RW.04 Kelurahan Balai Gadang.
Sumbar, Radar BI | Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM didampingi Sekretaris Akhiruddin beri santunan keluarga korban kebakaran. Bertempat Tanjung Aur RT.04/RW.04 Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, pada hari Rabu (02/11/2022).

Kebakaran yang terjadi pada subuh pagi pada tanggal Minggu (30/10/2022) telah menghanguskan 2 buah rumah tempat tinggal yang dihuni oleh 3 Kepala Keluarga dan 11 jiwa dan menelan kerugian sekitar 300 juta lebih.

Kepada keluarga korban, Irwan Basir menyampaikan rasa ikut berduka dengan musibah yang terjadi dan setiap musibah yang terjadi adalah bentuk ujian yang dari Allah kepada kita.

“Dunia ini memang tempatnya kita diuji. Musibah kebakaran adalah sebuah ujian yang diberikan Allah SWT kepada kita. Dengan musibah ini kita di didik untuk bisa sabar dan tabah terhadap apa yang kita terima. Di samping itu agar kita bisa lebih berhati-hati untuk kedepannya agar musibah ini tidak terulang lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Irwan Basir juga mengatakan musibah ini juga mengajarkan kepada kita semua yang punya rezeki lebih untuk turut berpartisipasi dalam meringankan beban yang diderita korban. Apapun bentuk partisipasi kita, semua itu akan meringankan beban mereka dan dapat menghibur mereka yang baru ditimpa musibah.

Dari musibah ini kita berharap bagi saudara kita yang punya rezeki lebih untuk turut berpartisipasi memberikan bantuannya dalam meringankan beban yang diderita korban.

Apapun bentuk partisipasi kita, semua itu akan meringankan beban mereka dan dapat menghibur mereka yang baru ditimpa musibah, ujar tokoh yang juga Ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Di samping itu, Irwan Basir juga kembali mengingatkan agar setiap warga selalu berhati-hati dalam hal penggunaan alat-alat listrik atau kompor.

https://youtu.be/QlYbPFxhMk0

Memang setiap musibah tidak bisa kita prediksi datangnya, tapi setidaknya dengan kehati-hatian kita, musibah ini dapat kita kurangi. Karena dari setiap kebakaran terjadi faktor penyebabnya adalah yang dua tadi.

Saya selalu mengingatkan kepada setiap warga agar selalu berhati-hati dalam hal penggunaan alat-alat listrik atau kompor.

BACA JUGA  Suasana Haru Perpisahan Ganjar-Yasin Ditangisi Ribuan Orang di GOR Jatidiri

Memang setiap musibah tidak bisa kita prediksi datangnya, tapi setidaknya dengan kehati-hatian kita, musibah ini dapat kita kurangi. Karena dari setiap kebakaran terjadi faktor penyebabnya adalah yang dua itu, tuturnya.

Sementara itu, Lurah Balai Gadang Yufrizal Maas, SH, mengatakan sangat berterima kasih sekali dengan kedatangan Ketua DPD LPM Kota Padang yang datang meninjau dan melihat kondisi warganya yang baru ditimpa musibah. Ini merupakan sitawa sidingin bagi keluarga korban dan dapat meringankan beban derita yang dihadapi.

“Atas nama pemerintahan Kelurahan Balai Gadang, kami mengucapkan terima kasih sekali kepada Pak Datuk Irwan Basir berserta rombongan yang mengunjungi warga kami yang baru ditimpa musibah kebakaran. Mudah-mudahan ini menjadi sitawa sidingin bagi warga kami dan dapat meringankan beban yang diderita,” ucap Lurah Yufrizal.

Pada kesempatan itu Irwan Basir juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh keluarga korban yang terdiri dari 3 Kepala keluarga (KK) dan 11 jiwa. Adapun keluarga korban yang terbakar terdiri dari:
1. Samsuar umur 70 tahun.
2. Yaldi Saputra umur 38 tahun.
3. Hendro umur 36 tahun.

Pantauan awak media Radar Berita Indonesia dilapangan, Irwan Basir yang didampingi oleh segenap pengurus LPM Kota Padang diantaranya Wakil Ketua Afma Sasma Tampan, Sekretaris Akhiruddin, Wakil Sekretaris Martias Sarjanny, Humas LPM Deddi Prima dan Armen Putra Tanjung disambut oleh Lurah Banda Gadang Yufrizal Maas, SH, Ketua PMI Kecamatan Koto Tangah Jhoni Torang, LPM Banda Gadang, Ketua Rt dan Rw Tanjung Aur.

Sebelumnya, Korban longsor yang terjadi beberapa hari kemaren di kawasan Sikayan Lubuk Paraku Kelurahan Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan ditinjau oleh Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MM pada hari Rabu (31/8/2022) Siang.

Ketua DPD LPM Kota Padang ini mengajak para tokoh masyarakat untuk ikut peduli dan mengulurkan tangan membantu saudara kita. Terutama bagi mereka yang punya rezeki lebih untuk turut berbagi meringankan beban yang diderita korban longsor ini.

Dan, Kepedulian sosial terhadap sesama umat, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MM didampingi pengurus menyalurkan bantuan berupa sembako seperti beras, mie Instan, air mineral dan juga uang tunai kepada korban kebakaran. Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MM, sangat memperhatikan jika terjadi musibah kebakaran yang menimpa rumah warga di sekitar kota Padang.

BACA JUGA  5 Kasiat Buah Pare Bagi Kesehatan Tubuh

Baru beberapa hari berselang musibah kebakaran menimpa warga Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur sekarang musibah yang sama juga menimpa warga RT. 001/RW.003 Kelurahan Lapai, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Lebih lanjut, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi Ketua DPC LPM Lubuk Kilangan Eri Surya dan Sekertaris I DPD LPM Kota Padang Martias Sanjany, SE menyalurkan bantuan kepada keluarga korban yang tertimpa musibah.

Salah seorang keluarga korban kebakaran mengatakan, musibah kebakaran yang terjadi pada malam itu telah menghabiskan 2 buah rumah yang dihuni oleh 3 Kepala Keluarga (KK) pada hari, Rabu (22/09/2021) pukul 00.02 WIB. Pada peristiwa tersebut, selain kerugian materi dan harta benda, juga telah merenggut 1 nyawa yaitu menantu dari salah seorang pemilik rumah, ujarnya Irfan Afandi.

Pada kesempatan itu, Irwan Basir menyerahkan bantuan sembako seperti beras, mie instan, air mineral dan juga uang tunai. Bantuan ini diserahkan oleh Ketua DPC LPM Kecamatan Lubuk Kilangan Eri Surya dengan harapan dapat meringankan beban yang diderita oleh keluarga korban akibat musibah ini.

Kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat yang terjadi pada hari Selasa (24/5/2022) ditinjau oleh Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM pada hari Jumat (27/5/2022) Siang.

Menurut salah seorang korban bernama Harry yang mana rumahnya turut terbakar menjelaskan kalau kebakaran ini terjadi sekitar pukul 22.00 Wib dan api langsung cepat menyebar dan melahap 8 petak rumah yang dihuni oleh 30 jiwa.

Kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao ini rata-rata korbannya adalah warga Tionghoa. Menurut Irwan Basir, LPM adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang tidak melihat perbedaan suku, latar belakang, agama atau cultur dari masyarakat itu sendiri. LPM adalah lembaga masyarakat, milik masyarakat dan untuk seluruh masyarakat.

BACA JUGA  Perjalanan Karier Hendri Septa dari Anggota DPRD Hingga Jadi Wali Kota Padang

“Kita harus menyadari kalau masyarakat Kota Padang sangat majemuk dan heterogen. Suku atau komunitas masyarakat apapun ada di Padang. Mereka ada yang berlatar belakang berbeda dan agama yang berbeda. LPM tidak pernah mengenal perbedaan itu”.

Selian itu, Bentuk kepedulian kemanusiaan, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam didampingi oleh Sekretaris Akhiruddin, S.Pd dan Wakil Sekretaris Martias Sarjanny, SE. meninjau musibah longsor yang menimpa pemukiman warga yang berlokasi di Batu Busuk RR.01/RW.3, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, pada hari Sabtu (24/9/2022).

Menurut keterangan dari seorang tokoh pemuda setempat Armen Tanjung mengatakan, hujan deras dan angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di kota Padang sejak Rabu kemarin. Menyebabkan longsor di Batu Busuk, Kota Padang. Akibat dari musibah ini, satu unit bangunan TK Paud ikut tertimbun longsor dan juga mengenai beberapa rumah warga.

Sementara itu, Ketua LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM beserta pengurus meninjau kebakaran yang terjadi di Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, pada hari Senin (8/8/2022).

Pantauan awak media di lapangan, akibat kebakaran di wilayah Parak Gadang tersebut terjadi pada hari Minggu (7/8/2022). Dua rumah warga ludes dilalap si jago merah yang mengakibatkan 8 kepala keluarga dengan 26 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Atas nama pemerintah Kecamatan, saya mengucapakan terima kasih sekali kepada Pak Datuk Irwan Basir beserta pengurus DPD LPM Kota Padang, yang selalu hadir di tengah-tengah warganya yang ditimpa musibah.

Meski tanpa anggaran, LPM Kota Padang tak pernah lupa memberikan bantuan kepada warganya yang mendapat musibah. Kami sangat berterima kasih sekali dengan kepedulian dari ketua LPM Kota Padang ini, ungkap Camat Siska.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini