Radar Berita Indonesia | Kehadiran Erianto, Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kota Padang sekaligus anggota Komisi IV, dalam inspeksi mendadak ke SMPN 18 Padang menunjukkan komitmen terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kota Padang, pada Rabu (8/1/2025) Pagi.
Komisi IV yang membawahi membidangi kesejahteraan rakyat dengan ruang lingkup: kesehatan, pendidikan, keagamaan, sosial, tenaga kerja dan transmigrasi, kebudayaan, pemuda dan olah raga, keluarga berencana, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, penanggulangan bencana.
Komisi IV memiliki tanggung jawab besar salah satunya untuk memastikan fasilitas pendidikan di SMPN 18, memenuhi standar yang memadai.
Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat langsung kondisi sekolah, baik dari segi infrastruktur maupun proses belajar mengajar, serta mendengarkan masukan dari guru dan siswa.
Langkah ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan sekolah, seperti perbaikan sarana, pengadaan alat belajar, atau peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik.
Tinjauan lapangan seperti ini juga penting untuk memperkuat sinergi antara legislatif, eksekutif, dan masyarakat dalam memajukan sektor pendidikan di Kota Padang.
Setelah kunjungan mendadak tersebut, Erianto diharapkan menyampaikan hasil temuannya dalam rapat Komisi IV DPRD Kota Padang. Beberapa langkah strategis yang mungkin diambil sebagai tindak lanjut meliputi:
1. Pelaporan Temuan
Erianto akan menyusun laporan resmi mengenai kondisi SMPN 18 Padang, termasuk masalah yang dihadapi, seperti infrastruktur yang kurang memadai, kekurangan fasilitas, atau kendala dalam proses pembelajaran.
2. Koordinasi dengan Dinas Pendidikan
Laporan tersebut akan disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kota Padang untuk segera ditindaklanjuti, baik dalam bentuk perbaikan fisik maupun pengadaan kebutuhan belajar mengajar.
3. Pengajuan Anggaran
Jika ditemukan kebutuhan mendesak, Komisi IV bisa mengusulkan tambahan anggaran dalam APBD, khususnya untuk peningkatan sarana dan prasarana di sekolah-sekolah, termasuk SMPN 18 Padang.
4. Monitoring Berkala
Untuk memastikan tindak lanjut berjalan sesuai rencana, Komisi IV dapat melakukan monitoring berkala ke sekolah-sekolah lain yang memiliki kondisi serupa.
5. Mendorong Partisipasi Publik
Erianto juga dapat mendorong keterlibatan masyarakat dan orang tua siswa melalui forum diskusi untuk membahas solusi dan meningkatkan mutu pendidikan secara bersama-sama.
Langkah-langkah ini sejalan dengan upaya DPRD Kota Padang dalam memprioritaskan sektor pendidikan sebagai bagian penting dari pembangunan sumber daya manusia.
Tindak lanjut pasca-kunjungan Erianto ke SMPN 18 Padang dapat mencakup beberapa agenda berikut:
1. Audiensi dengan Pihak Sekolah dan Komite Sekolah
Erianto dapat mengadakan pertemuan dengan kepala sekolah, guru, dan komite sekolah untuk membahas temuan selama kunjungan. Hal ini bertujuan untuk menggali lebih dalam kebutuhan spesifik sekolah serta mendengarkan aspirasi dari pihak-pihak terkait.
2. Mendorong Program Peningkatan Kualitas Guru
Selain perbaikan infrastruktur, peningkatan kompetensi guru menjadi perhatian. Erianto dan Komisi IV dapat mendorong pelatihan atau workshop untuk meningkatkan kualitas pengajaran, khususnya dalam menghadapi era digital.
3. Prioritasi Sekolah dalam Program Renovasi atau Pengembangan
Jika ditemukan kerusakan infrastruktur seperti ruang kelas yang tidak layak atau fasilitas sanitasi yang buruk, SMPN 18 bisa diprioritaskan dalam program renovasi yang didanai APBD atau bantuan pemerintah pusat.
4. Advokasi Beasiswa dan Bantuan Pendidikan
Untuk mendukung siswa yang kurang mampu, Erianto dapat mengusulkan perluasan program beasiswa dan bantuan pendidikan, termasuk penyediaan perlengkapan sekolah gratis.
5. Mendorong Digitalisasi Pendidikan
Sebagai bagian dari visi modernisasi, sekolah seperti SMPN 18 dapat diusulkan untuk menerima bantuan teknologi, seperti komputer, proyektor, atau jaringan internet yang lebih baik, guna mendukung pembelajaran berbasis digital.
6. Evaluasi dan Pengawasan Berkelanjutan
Komisi IV akan terus memantau pelaksanaan perbaikan dan program yang telah diusulkan, memastikan semuanya berjalan sesuai target. Evaluasi berkala terhadap kemajuan di SMPN 18 bisa menjadi tolok ukur perbaikan sekolah lain di Kota Padang.
Keterlibatan aktif Erianto diharapkan dapat memberikan dampak nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Padang.
Langkah Konkrit Setelah Kunjungan ke SMPN 18 Padang
1. Penyusunan Rekomendasi Resmi
Erianto bersama Komisi IV akan menyusun rekomendasi resmi yang berisi poin-poin penting terkait temuan di lapangan. Rekomendasi ini akan menjadi acuan bagi Dinas Pendidikan untuk merencanakan langkah perbaikan.
2. Rapat dengan Pihak Eksekutif
Untuk memastikan hasil kunjungan segera ditindaklanjuti, Komisi IV dapat menggelar rapat bersama Wali Kota Padang dan jajaran Dinas Pendidikan guna membahas solusi konkret, seperti alokasi anggaran tambahan atau program perbaikan khusus.
3. Mendorong CSR dari Pihak Swasta
Erianto juga dapat menginisiasi kerja sama dengan pihak swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu perbaikan fasilitas sekolah atau mendukung kegiatan siswa, seperti lomba pendidikan atau olahraga.
4. Program Sekolah Sehat dan Ramah Lingkungan
Selain perbaikan fisik, program sekolah sehat dan ramah lingkungan dapat dicanangkan, misalnya dengan pengadaan fasilitas sanitasi yang memadai, area hijau, serta edukasi tentang kebersihan dan lingkungan.
5. Sosialisasi ke Sekolah-Sekolah Lain
Hasil kunjungan ke SMPN 18 dapat dijadikan bahan evaluasi bagi sekolah-sekolah lain di Kota Padang. Komisi IV dapat mengadakan roadshow untuk mensosialisasikan pentingnya perbaikan fasilitas dan peningkatan mutu pendidikan secara merata.
6. Laporan kepada Publik
Sebagai bentuk transparansi, Erianto dapat mempublikasikan hasil temuan dan tindak lanjut melalui media massa atau media sosial agar masyarakat mengetahui langkah nyata yang diambil DPRD untuk sektor pendidikan.
7. Pelaksanaan Program Prioritas
Jika memungkinkan, beberapa program prioritas seperti renovasi ruang kelas, penyediaan alat belajar, dan peningkatan kapasitas guru dapat direalisasikan dalam waktu dekat, khususnya sebelum tahun ajaran baru dimulai.
Langkah-langkah ini diharapkan dapat membawa perubahan positif, tidak hanya untuk SMPN 18, tetapi juga untuk pendidikan di seluruh Kota Padang.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 18 Padang, Melia Susilawati, menyambut baik kunjungan Bapak Erianto. Menurutnya, kehadiran beliau memberikan angin segar dan menunjukkan perhatian nyata terhadap kemajuan pendidikan di Kota Padang.
Wati berharap kunjungan ini tidak hanya berhenti pada tahap pengamatan, tetapi juga diikuti dengan realisasi perbaikan fasilitas dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolahnya.
Ia menambahkan, kolaborasi antara DPRD, Dinas Pendidikan, dan pihak sekolah sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa.
Dengan adanya perhatian seperti ini, Melia optimis bahwa tantangan yang dihadapi SMPN 18, baik dari segi infrastruktur maupun kualitas pembelajaran, dapat segera teratasi.
Selain itu, Wati mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Padang.
Langkah Lanjutan Setelah Pernyataan Kepala Sekolah
1. Penguatan Kolaborasi Antara DPRD dan Sekolah
Erianto bersama Komisi IV dapat menjadikan SMPN 18 Padang sebagai model percontohan untuk perbaikan sekolah di Kota Padang. Kolaborasi ini bisa melibatkan program peningkatan kapasitas guru, pengadaan fasilitas pendidikan, dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler.
2. Penyampaian Aspirasi Guru dan Siswa
Kepala sekolah, guru, dan siswa SMPN 18 diharapkan memanfaatkan momentum ini untuk menyampaikan kebutuhan dan aspirasi mereka secara langsung. Hal ini bisa berupa usulan renovasi, pengadaan alat pembelajaran, atau program pendukung seperti pelatihan digital.
3. Pencanangan Program Sekolah Unggul
Melalui perhatian DPRD, SMPN 18 dapat didorong untuk menjadi sekolah unggulan dengan fasilitas yang memadai dan program pembelajaran inovatif. Program ini bisa melibatkan pengembangan kurikulum berbasis teknologi serta pembinaan prestasi siswa di bidang akademik dan non-akademik.
4. Monitoring dan Evaluasi Berkala
Untuk memastikan keberhasilan tindak lanjut, Erianto bersama Komisi IV dapat mengadakan kunjungan rutin ke SMPN 18 dan sekolah lainnya. Hal ini bertujuan mengevaluasi kemajuan program yang telah diimplementasikan.
5. Peningkatan Partisipasi Orang Tua dan Komunitas
Dalam upaya perbaikan pendidikan, peran orang tua dan masyarakat sekitar sangat penting. Melia Susilawati dapat menginisiasi forum diskusi atau pertemuan rutin untuk memperkuat komunikasi antara sekolah dan orang tua siswa.
6. Publikasi Hasil Perbaikan
Untuk menjaga transparansi, hasil dari program atau bantuan yang diberikan ke SMPN 18 dapat dipublikasikan melalui media lokal. Ini juga berfungsi sebagai inspirasi bagi sekolah lain untuk terus berbenah.
Dengan dukungan penuh dari DPRD, pemerintah, dan masyarakat, Wati yakin SMPN 18 Padang dapat menjadi salah satu sekolah yang mampu mencetak generasi unggul di masa depan.
Penulis: Dedi Prima Maha Rajo Dirajo.