Radar Berita Indonesia – Menyambut libur panjang akhir pekan sekaligus peringatan Hari Kenaikan Isa Al-Masih yang jatuh pada Kamis, 29 Mei 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) menyediakan 35.120 tempat duduk untuk perjalanan kereta api selama periode 29 Mei hingga 2 Juni 2025.
Berdasarkan data KAI Divre II Sumbar sementara per Kamis (29/5/2025), sebanyak 18.189 tiket telah terjual. Angka ini setara dengan 52 persen dari total kapasitas tempat duduk yang disiapkan.
“Update pemesanan tiket KA sampai dengan 29 Mei 2025, KAI Divre II Sumbar mencatat 18.189 tiket telah terjual atau setara dengan tingkat okupansi sebesar 46 persen, dan pemesanan masih terus mengalami peningkatan hingga akhir pekan,” ujar Kepala Humas KAI Divre II Sumbar, Reza Shahab dikutip pada Jum’at 30 Menit 2025.
Untuk mempermudah pelanggan, Reza menambahkan bahwa tiket kereta api lokal kini dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI. Penjualan tiket dilakukan secara bertahap, sesuai jadwal yang telah ditentukan, yakni mulai H-7 sebelum keberangkatan.
Ia juga mengimbau masyarakat agar membeli tiket hanya melalui kanal resmi, seperti aplikasi Access by KAI. guna menghindari potensi penipuan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
Dengan keandalan jadwal keberangkatan dan kedatangan, KAI memastikan seluruh pelanggan dapat menikmati perjalanan yang aman, tertib, dan menyenangkan.
Perusahaan juga terus berkomitmen meningkatkan layanan angkutan penumpang dari sisi ketepatan waktu, kenyamanan, hingga keselamatan.
“Kami juga akan terus menyesuaikan kapasitas dan pola operasi untuk menjawab dinamika kebutuhan mobilitas masyarakat, terutama pada momen-momen dengan permintaan tinggi seperti long weekend ini,” tutup Reza.
Antisipasi Lonjakan Penumpang dan Pelayanan Tambahan
Guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode libur panjang ini, KAI Divre II Sumbar juga menyiagakan petugas tambahan di sejumlah stasiun utama serta meningkatkan frekuensi layanan informasi kepada pelanggan.
“Kami menyiapkan langkah-langkah antisipatif, mulai dari penambahan personel pelayanan, pengawasan jalur, hingga posko pelayanan terpadu di stasiun-stasiun yang memiliki volume penumpang tinggi,” ujar Reza.
Selain itu, KAI juga memastikan kesiapan sarana dan prasarana perkeretaapian, termasuk pengecekan rutin pada rangkaian kereta dan jalur lintasan untuk menjamin keselamatan serta kelancaran operasional.
Tips Perjalanan untuk Penumpang
KAI turut mengimbau para penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun, minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan, guna menghindari antrean dan keterlambatan. Penumpang juga diingatkan untuk memastikan kembali jadwal, rute, dan barang bawaan sebelum berangkat.
“Pastikan tiket sesuai dengan identitas diri, dan jangan ragu bertanya kepada petugas resmi di stasiun jika membutuhkan bantuan,” pesan Reza.
Dengan dukungan teknologi, layanan digital, dan kesiapan petugas di lapangan, KAI berharap masyarakat dapat menikmati libur panjang dengan aman dan nyaman menggunakan moda transportasi kereta api.
Sumbar: Humas KAI Divre II Sumbar.
Editor: Dedi Prima Maha Rajo Dirajo.