Beranda Uncategorized Korban 13 Tewas dan 34 Luka-luka, Korlantas Polri Ungkap Kecelakaan Bus di...

Korban 13 Tewas dan 34 Luka-luka, Korlantas Polri Ungkap Kecelakaan Bus di Bukit Bego

Korlantas Polri mengungkap temuan kecelakaan bus yang terjadi di Bukit Bego.
Radar BI, Jakarta | Korlantas Polri mengungkap temuan kecelakaan bus yang terjadi di Bukit Bego, Imogiri, Bantul pada Minggu, (6/2/2022) lalu. Penyelidikan dilakukan dengan metode Traffic Accident Analysis (TAA).

Ada bekas drifting sepanjang 11 meter sebelum crash dengan tebing. Setelah hitung dengan ilmu kinematika, diduga kecepatan pada saat crash itu 102,39 kilometer per jam.

“Tentu itu melampaui batas kecepatan maksimum di ruas jalan itu,” ujarnya Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol Hotman Sirait di Gedung NTMC Polri, Rabu (16/2/2022).

BACA JUGA  Kecelakaan Pesawat Smart Air di Papua, Pilot Tewas dan Copilot Luka-luka
BACA JUGA  Polda Riau Kerahkan Tim Labfor Selidiki Kebakaran di PT. SDO Dumai

Lebih lanjut, Kasubdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri menjelaskan, kondisi kampas masih cukup efektif untuk pengereman. Namun dari hasil penyelidikan terungkap jejak pengereman hanya 60 cm dan tak ditemukan kembali upaya pengereman setelahnya.

Lebih jauh, Hotman pun menyoroti banyaknya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan overspeed kendaraan. Dari data Korlantas Polri dengan metode Integrated Road Management System (IRMS), ada total 103.645 kasus kecelakaan pada tahun 2021.

Menurut Hotman, angka tersebut mengalami kenaikan dari tahun 2020. Dia menyebut laka lantas banyak terjadi pada cuaca cerah.

BACA JUGA  TNI-Polri dan Satgas Covid-19 Bagikan Bansos Skala Besar di Medan
BACA JUGA  Operasi Jaran 2021, Polda Jabar Berhasil Tangkap Ratusan Tersangka Curanmor

“Hasil tersebut dapat kita analisa, bahwa ada kecenderungan overspeed di situ. Sehingga, sangatlah tepat diruas jalan arteri maupun tol dipasang kamera ETLE,” ucap Hotman.

Sebagai informasi, bus yang membawa rombongan wisatawan itu mengalami kecelakaan di Bukit Bego Imogiri, Bantul pada Minggu (6/2/2022) lalu. Sebanyak 13 orang tewas dan 34 orang mengalami luka-luka.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBareskrim Polri Limpahkan Berkas Kasus Mafia Tanah Eks Kadishub Depok ke Kejaksaan
Artikel berikutnyaKorlantas Polri Temukan Upaya Pengereman dan Ban Tergelincir dari Kecelakaan Bus Bantul