Rabu, Juli 17, 2024
No menu items!

Kuota Calon Haji Sumbar 4.613, Kemenag Sumbar: 550 Koper Jemaah Haji Tiba di Asrama Haji Tabing Padang

Must Read
Padang, Radar BI | Sebanyak 550 koper jamaah calon haji Sumbar tiba di Asrama Haji Tabing Padang Jumat malam (26/5/2023). Koper ini sudah didistribusikan ke Kemenag kabupaten dan kota secara bertahap kepada jamaah calon haji.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mulai mendistribusikan koper jamaah calon haji asal daerah itu yang mulai berangkat pada 5 hingga 22 Juni 2023.

“Sebanyak 550 koper jamaah calon haji Sumbar tiba di Asrama Haji Tabing Padang, pada hari Jumat (26/5/2023) malam.

BACA JUGA  Terkait Dana Desa, 12 Desa di Kecamatan Pebayuran Diperiksa Inspektorat

Kakanwil Kemenag Sumbar, Helmi mengatakan, dari total 4.613 jemaah, sebanyak 1.110 jemaah berasal dari Kota Padang, atau dengan persentase sekitar 25 persen.

Kemudian disusul Kabupaten Agam 490 orang, Bukittinggi 312 orang, Pasaman Barat 294, Lima Puluh Kota 274 orang dan lainnya per kabupaten kota seperti di Jawa. Kebetulan saja teman-teman dari Padang yang banyak mendaftar,” kata Helmi.

Koper ini sudah didistribusikan ke Kemenag kabupaten dan kota secara bertahap kepada jamaah calon haji,” kata Kepala Kemenag Sumbar Helmi di Padang.

BACA JUGA  Densus 88 Tangkap 99 Teroris Pasca Bom Bunuh di Makassar

Ia mengatakan penyerahan koper tersebut belum terlambat karena jamaah calon haji asal daerah itu baru masuk ke Asrama Haji pada 4 Juni dan diterbangkan ke Tanah Suci pada 5 Juni 2023.

“Masih ada waktu bagi jamaah haji untuk menyiapkan bekal yang akan dibawa ke Tanah Suci. Kita targetkan satu minggu sebelum keberangkatan koper sudah ada di tangan masing-masing jamaah,” ucapnya.

Mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Padang Pariaman tersebut berpesan agar para calon jamaah haji untuk bersabar karena semua koper segera didistribusikan, dan diutamakan bagi kelompok terbang yang lebih awal.

BACA JUGA  Bupati Meranti Kena OTT Terjerat 3 Kasus Korupsi

Pada kesempatan itu, ia mengatakan jika dibandingkan tahun sebelumnya kualitas koper jamaah haji tahun 2023 jauh lebih baik karena berbahan fiber sementara sebelumnya terbuat dari kain.

“Kalau kita lihat dari bahannya sangat bagus, kopernya bisa digunakan untuk jangka panjang,” ujarnya.

Helmi mengatakan selain koper bagasi dan koper kabin, calon jamaah haji juga akan diberikan tas sandang atau tas paspor.

Sementara itu, perwakilan PT Garuda Indonesia Tbk Rusdi mengatakan pengiriman koper jamaah calon haji dari Jakarta dilakukan secara bertahap. Garuda Indonesia akan terus memantau dan mengawasi agar koper sampai di tangan jamaah haji dengan kondisi baik.

BACA JUGA  Selama Tahun 2021, Polda Metro Jaya: Selamatkan 16 Juta Jiwa dari Bahaya Narkoba

“Setelah pengiriman 550 koper, pengiriman selanjutnya akan tiba di Padang pada 29 Mei dengan jumlah 1.100 koper dan langsung didistribusikan ke Kemenag yang selanjutnya diteruskan ke jamaah calon haji,”katanya.

Helmi mengatakan, sebaran kuota haji Sumbar tidak dibagi per kabupaten kota melainkan hanya berdasarkan provinsi, ternyata jumlah jemaah yang mendaftar kebanyakan dari Padang.

Menurutnya, jemaah haji yang berangkat tahun ini ialah jemaah yang mendaftar tahun 2011 atau awal tahun 2012.

BACA JUGA  Cleaning Service Temukan Dompet Hotman Paris yang Isi Mengejutkan

Ia menambahkan, untuk masa tunggu haji Sumbar saat ini 24 tahun, tetapi jika dibandingkan provinsi lain lebih cepat. “Bahkan di provinsi lain ada yang sampai 44 tahun, di Malaysia ada yang sampai 100 tahun,” katanya.

Iklan

Latest News

Sejarah Awal Mula dan Perkembangan RT/RW di Indonesia, Benarkah Warisan Jepang?

Radar Berita Indonesia | Masa penjajahan Jepang (1942-1945), pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, pemerintah militer Jepang membentuk tonarigumi...

Artikel Lain Yang Anda Suka