Beranda DAERAH Polda Banten Berhasil Ringkus 5 Tersangka Komplotan Residivis Spesialis Pecah Kaca Mobil

Polda Banten Berhasil Ringkus 5 Tersangka Komplotan Residivis Spesialis Pecah Kaca Mobil

Kepolisian Daerah Banten melalui Ditreskrimum berhasil mengungkap kasus jaringan pelaku kejahatan jalanan dengan modus pecah kaca mobil.
Radar BI | Kepolisian Daerah Banten melalui Ditreskrimum berhasil mengungkap kasus jaringan pelaku kejahatan jalanan dengan modus pecah kaca mobil, terungkap. Tim Jatanras Ditreskrimum Polda Banten berhasil tangkap 5 tersangka.

Diketahui, para tersangka berasal dari Sumatera Selatan dan Banten. Setelah melakukan aksinya, para pelaku melarikan diri. Dua pelaku melarikan diri ke Sumatera Selatan, dan ditangkap. Tiga pelaku lainnya, ditangkap di Kota Serang.

Hal itu, diungkapkan Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol. Shinto Silitonga didampingi Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Banten, Kompol Akbar Baskoro, saat Press Conference, di Mapolda Banten, Kamis (6/1/2022).

BACA JUGA  Jadi Pengedar Narkoba, Oknum PNS Ditangkap Ditresnarkoba Polda Banten
BACA JUGA  Dalam Waktu 1 Jam, Polresta Malang Kota Berhasil Ringkus Tersangka Residivis Curanmor

“Personel Ditreskrimum Polda Banten, pada Rabu 29 Desember 2021 menangkap 5 orang tersangka pelaku yang terlibat dalam kasus begal, curas jalanan dan curat. Para pelaku melakukan kejahatan, dengan modus yang sama, dan sudah beraksi 10 kali,” ujar Kabid Humas Polda Banten.

Kabid Humas Polda Banten mengatakan, para pelaku beraksi dengan berbagai modus yang terungkap. Para tersangka melakukan pencurian dengan ancaman kekerasan, dengan cara masuk ke bank untuk memantau calon korban berpura-pura ingin bertransaksi.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Shinto Silitonga mengatakan pelaku memilih calon korban dengan melihat nasabah yang mengambil uang dalam jumlah besar, memberikan ciri-ciri nasabah untuk diikuti di parkiran dan saat berkendara, dan menggemboskan mobil nasabah di jalan lalu memecah kaca mobil nasabah untuk mengambil uangnya,” terangnya.

BACA JUGA  Pernyataan Menteri Agama Soal Azan dan Gonggongan Anjing, Fauzi Bahar: Haramkan Yaqut Cholil Qoumas Menginjak Kaki di Ranah Minang
BACA JUGA  Polda Banten Bergerak Cepat Bentuk Satgas Penanggulangan Mafia Tanah

Selain menangkap pelaku, Kabid Humas Polda Banten mengaku, personel Ditreskrimum Polda Banten juga mengamankan berbagai macam barang bukti.

“Barang bukti yang diamankan, 6 unit Handphone, 3 unit motor diantaranya 1 unit Supra dan 2 unit Vario warna hitam, 5 unit helm, 1 buah topi pelaku dan pakaian, serta sandal yang digunakan pelaku. Kendaraan motor yang digunakan para tersangka, merupakan hasil dari kejahatan begal,” jelasnya.

Para pelaku resedivis, diancam pasal berlapis, “Pasal yang disangkakan yaitu, Pasal 363 KUHP Jo 365 KUHP dengan ancaman penjara paling singkat 7 tahun,” pungkasnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKapolda Imbau Masyarakat Mari Bersama Sukseskan Vaksinasi Anak di Sumut
Artikel berikutnyaDapat Hidayah Islam Dalam Tahanan, Kisah Dua Tahanan Polsek Ilir Timur II Jadi Mualaf