Resmi Masuki Mapolda, Kapolda Riau Muhammad Iqbal Disambut Adat Tepuk Tepung Tawar

81
Kapolda Riau Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., beserta istri ke Mapolda disambut dengan Jajar Kehormatan oleh personel Polda Riau.
Radar BI, Pekanbaru | Pucuk pimpinan tertinggi Polda Riau resmi berganti Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H setelah Kapolri Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) dan kenaikan pangkat perwira tinggi Polri. Bertempat di Rupatama Mabes Polri, Rabu (29/12/2021) lalu.

Kedatangan Kapolda Riau Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., beserta istri ke Mapolda disambut dengan Jajar Kehormatan oleh personel Polda Riau yang dilanjutkan dengan pengalungan bunga oleh Kapolda yang lama Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., di pintu gerbang dan dilanjutkan dengan silat yang diiringi kompang melayu, Senin (3/1/2022) pagi.

Seusai dengan adat silat yang diiringi kompang Melayu, mantan Kadiv Humas Polri dan Kapolda NTB ini beserta istri selanjutnya disambut dengan Tepuk Tepung Tawar yang diawali oleh ketua Lembaga Adat Melayu Riau Datuk H Syahrial Abu Bakar.

BACA JUGA  Lepas Angkatan 90 SMAN 5 Padang Tour Wisata, Irwan Basir; Jadikan Momen Penguatan Ajang Silaturahmi
BACA JUGA  Polisi Selidiki Temuan Kerangka Manusia di Kebun Warga

Kemudian Datuk R. Mambang Mit (ketua kekeluargaan kerajaan Indragiri), Datuk Bandaro Alam Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi, SH, SIk Msi, Datuk Kombes (Purn) Fakhrudin Bakar (Timbalan DPH LAMR), Datuk Nasir Panyalai, Imam Besar Masjid Annur Pekanbaru, serta Kasrem 031 / WB Kolonel Inf Habzen Sianturi Sip MM.

Tepuk Tepung Tawar sendiri merupakan suatu ritual adat di negeri-negeri melayu, khususnya di Riau yang saat ini terus hidup dan dipertahankan dalam masyarakat sejak masa raja-raja dahulu.

Budaya tepuk tepung tawar yang mengartikan sebuah peristiwa penting dalam masyarakat melayu, seperti yang dimulai dari kelahiran, khitanan, perkawinan, pindah rumah, dan jemput semangat bagi orang yang baru luput dari mara bahaya, dan sebagainya. Adalah bentuk doa keselamatan dalam hal ini mendoakan keselamatan Kapolda Riau Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., bersama keluarga dalam mengemban amanah ditanah melayu Riau.

BACA JUGA  Dilantik Kapolri, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal Resmi Jabat Kapolda Riau
BACA JUGA  Camat Cabangbungin Wujudkan Rumah Layak Huni Anak Yatim di Desa Jayalaksana

Kapolda Riau Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., beserta istri juga disuguhkan dengan tarian khas adat melayu yaitu tari persembahan. Selain tradisi penyambutan, Polda Riau juga digelar upacara Farewell dan welcome parade untuk mengantar Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., untuk melaksanakan tugas barunya di Mabes Polri sebagai As Ops Kapolri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini