Beranda INFO POLRI Dilantik Kapolri, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal Resmi Jabat Kapolda Riau

Dilantik Kapolri, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal Resmi Jabat Kapolda Riau

Irjen. Pol. Muhammad Iqbal.
Radar BI, Jakarta | Serah terima jabatan (Sertijab) Kapolda Riau, dari Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kepada Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, digelar hari ini Rabu (29/12/2021) di Mabes Polri Jakarta.

Hal ini dibenarkan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengatakan, “Iya sertijab Kapolda Riau dilaksanakan hari ini pukul 10.00 WIB di Mabes Polri” ujarnya.

Lanjut dia, kegiatan Sertijab bersama beberapa Kapolda dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Ditanya untuk kegiatan pisah sambut di Riau, Sunarto mengatakan akan berlangsung awal tahun 2022.

BACA JUGA  Polda Aceh Gagalkan Peredaran Sabu 100 Kgs Jaringan Internasional
BACA JUGA  Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BNPB Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Grobogan

Sebagaimana diketahui, jabatan Kapolda Riau berganti. Pejabat sebelumnya, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, dipromosi jadi Asops Kapolri.

Posisinya digantikan Irjen Pol Muhammad Iqbal yang ‘pulang kampung’ ke Bumi Lancang Kuning.

Sebagaimana Surat Telegram yang beredar, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melakukan mutasi terhadap sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri. Surat Telegram itu bernomor ST/2568/XII/KEP/2021 Tanggal 17 Desember 2021, yang ditandatangani AS SDM, Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

BACA JUGA  Kapolri Pimpin Sertijab 4 Kapolda, Komjen Pol. Paulus Waterpauw Resmi Jabat Kabaintelkam Polri
BACA JUGA  100 Hari Kerja, Hermawan Sulistyo: Kapolri Dinilai Memiliki Semangat Kepolisian yang Demokratis

Salah satunya yang dimutasi adalah Irjen Pol Muhammad Iqbal. Jenderal bintang dua ini mendapat jabatan baru sebagai Kapolda Riau.

Irjen Iqbal yang sebelumnya menjabat Kapolda NTB ini, menggantikan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, yang diamanahi jabatan strategis sebagai Asops Kapolri.

Bagi Irjen Iqbal, Riau bukanlah daerah yang baru. Karena dulunya, pria kelahiran Palembang, 4 Juli 1970 silam ini, pernah mengemban sejumlah jabatan di jajaran Polda Riau. Antara lain, Irjen Iqbal pernah menjabat sebagai Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Wakapolres Dumai, dan Koorspri Kapolda Riau.

BACA JUGA  Kapolri: Usut Tuntas Perkara Mafia Tanah di Indonesia
BACA JUGA  Lauching SP2HP Online, Kapolri: Semoga Tidak Ada Lagi Sumbatan Komunikasi

Sementara itu, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, diketahui telah menjabat sebagai Kapolda Riau sekitar 2 tahunan. Banyak pencapaian dan keberhasilan yang diukir Irjen Agung selama menjabat sebagai Kapolda Riau.

Salah satunya, adalah menciptakan Aplikasi Dashboard Lancang Kuning, yang akhirnya menjadi aplikasi nasional, karena turut diadopsi oleh sejumlah Polda lainnya di Indonesia.

Aplikasi ini berguna untuk memantau situasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), serta beragam hal lainnya.

BACA JUGA  5 Hari Terombang Ambing Dilaut, Dua Nelayan Situbondo Ditemukan Selamat di Pulau Kapoposan
BACA JUGA  Kasus Remaja Tewas Terlindas Truk Demi Konten, Kakorlantas: Orang Tua Harus Mengawasi

Terbukti, sejak hadirnya aplikasi ini pada awal tahun 2020, Provinsi Riau tak lagi menjadi ‘langganan’ bencana kabut asap akibat Karhutla, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKapolda Sumut Tinjau Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 6-11 Tahun di Samosir
Artikel berikutnyaTersulut Isu Selingkuh dari Tetangga, Cuplis Nekat Bakar Istri Hingga Tewas