Senin, Mei 20, 2024
No menu items!

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana, Sekda Andree Algamar Cek Aktivasi Sirine di Padang

Must Read
Padang, Radar BI | Untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana gempa dan tsunami, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang kali ini kembali melakukan ujicoba aktivasi sirine pada hari Jumat (26/5/2023).

Sekretaris Kota Padang Andree Algamar yang juga Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang mengatakan, untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana yang terjadi, uji coba sirine di lakukan setiap tanggal 26 pukul 10.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kalau sirine berbunyi namun tidak ada gempa, berarti kita sedang uji coba aktivasi sirine pada jam dan tanggal tersebut. Jadi masyarakat jangan panik karena sirine ini hanya ujicoba aktivasinya yang rutin kita lakukan tanggal 26 setiap bulan, ujar Sekda Andree kepada wartawan di sela mencek aktivasi sirine di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang.

BACA JUGA  Polda Jatim Berhasil Ungkap Sindikat Pembuat Ijazah Palsu

Lebih lanjut ia menjelaskan, ujicoba sirine memang perlu dilakukan untuk melihat kondisi sirine yang ada di beberapa tempat di Kota Padang. Apakah masih dalam kondisi berbunyi maksimal atau tidak, hidup atau mati, serta dengan mengukur jarak sirine dalam radius 0-200 m.

“Pada hari ini ada 12 titik serine yang durasi bunyinya sekitar 1 menit saat ujicoba aktivasi sirine” ucap Andree.

Lebih lanjut Sekda Kota Padang menilai kesiapsiagaan terhadap bencana memerlukan kepedulian pemahaman dan kesadaran masyarakat akan perlunya mitigasi bencana.

BACA JUGA  Polri Bantah Klaim KKB Tangkap 2 Orang Intel TNI dan Polisi

Hal ini sebagai bentuk upaya mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran serta peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Kita tentu berharap Kota Padang senantiasa terhindar dari segala bencana seperti gempa atau tsunami. Namun jika itu terjadi maka kita harus siap siaga menghadapinya, tukas Sekda didampingi Kepala Dinas Damkar Budi Payan dan jajaran saat itu.

Iklan

Latest News

Pasca Bencana Banjir Bandang di Sumbar, Wagub: Tagana Garda Terdepan Kemensos dalam Membantu Korban Bencana

Batusangkar, Radar BI | Kondisi bebatuan sekitar Marapi yang rapuh, kelerengan yang terjal dan curah hujan tinggi membuat daerah...

Artikel Lain Yang Anda Suka