Wisata Taman Nasional Wakatobi, Surga Bawah Laut Indonesia

Surga bawah laut tersebut dikenal dengan Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.
Sulteng, Radar BI | Taman Nasional Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara. Kawasan ini ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia yang ditetapkan sejak 2021. Taman Nasional Wakatobi adalah salah satu surga bawah laut yang paling indah di dunia pada hari, Senin (11/07/2022).

Kawasan ini berada di Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karang. Coral Triangle merupakan istilah yang mengacu pada wilayah seluas 6 juta kilometer yang membentang dari Indonesia, Malaysia, Kepulauan Solomon, hingga Timor Leste.

BACA JUGA  Traveling Wisata Pantai Terindah di Indonesia, Berikut Ini Wilayahnya
BACA JUGA  Kapolri Perintahkan Personel Polri Percepat Distribusi Bansos PPKM Darurat ke Warga

Kepulauan Wakatobi merupakan wilayah yang dilewati Coral Triangle. Kawasan ini memiliki spesies terumbu karang mencapai 750 spesies dari 850 spesies terumbu karang di dunia. Selain itu, ada 112 jenis kerang yang hidup dengan makhluk hidup lainnya di bawah laut.

Spot menyelam paling indah terletak di House of Reef, Cornucopia, Coral Garden, dan Roma. Taman Nasional Wakatobi memiliki spesies langka, seperti penyu hijau, ikan Napoleon, maupun penyu sisik.

BACA JUGA  Delapan Wisatawan Terseret Ombak Pantai Garut Selatan, 2 Masih Hilang
BACA JUGA  Tutup Festival Musik Jalanan, Kapolri: Setapak Perubahan, Pesan Cinta Untuk Indonesia

Ada juga spesies lainnya, seperti lumba-lumba, lola, kepiting kenari, cumi-cumi berbintik hitam. Selain itu, ada banyak jenis ikan di kawasan ini yang jumlahnya sekitar 500 jenis ikan yang sudah teridentifikasi. Aktiftas yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah menyelam dan snorkeling.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMarak Peredaran Narkoba di Indonesia, Polri Gerak Cepat
Artikel berikutnyaDitreskrimum Polda Kepri Ringkus 3 Tersangka Perdagangan Manusia ke Kamboja di Batam