Senin, Mei 20, 2024
No menu items!

7 Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan

Must Read
Radar BI | Jamur hitam memiliki nama latin Auricularia polytricha, tumbuhan yang umum dikenal dengan sebutan ‘jamur kuping’ ini tumbuh subur secara liar dan bisa kamu olah menjadi makanan.

Sebagian besar jamur kuping ditemukan di Tiongkok dan tumbuh subur di area beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Jenis jamur ini tumbuh di batang pohon dan bayang kayu di alam liar, tetapi juga bisa dibudidayakan.

BACA JUGA  Bentuk Satgas Anti Mafia Tanah Hingga ke Polda, IPW Apresiasi Gebrakan Kapolri

Kandungan Nutrisi Jamur Kuping

Jamur kuping memiliki kandungan rendah kalori dan lemak, tetapi tinggi protein dan serat. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 1 cangkir porsi jamur hitam kering mengandung: 80 kalori, 0.2 gram lemak, 0 mg kolesterol, 20.4 gram karbohidrat, 19.6 gram serat, 2.6 gram protein.

Jamur kuping juga menawarkan vitamin dan mineral, terutama vitamin B dan zat besi. Satu cangkir jamur jamur kering mengandung:

BACA JUGA  Tim SAR Gabungan Kerahkan Dua Kapal Cari 2 ABK KM Makin Sukses yang Hilang di Laut Aru

18% dari daily value (DV) atau kebutuhan harian riboflavin.
11% dari DV untuk vitamin B3.
3% dari DV untuk vitamin B5.
3% dari DV untuk folat.
2% dari DV untuk vitamin B6.
9% dari DV untuk zat besi.
6% dari DV untuk magnesium.
4% dari DV untuk kalium.
4% dari DV untuk fosfor.
3% dari DV untuk kalsium.
3% dari DV untuk seng.

Berbagai Manfaat Jamur Kuping
Jamur kuping terkenal karena potensinya dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan sifat antimikrobanya. Beberapa khasiat yang bisa kamu rasakan setelah mengonsumsinya, antara lain:

BACA JUGA  Pesawat Susi Air Dibakar KKB, Nasib Pilot dan Penumpang Belum Diketahui

1. Mengandung tinggi antioksidan
Jamur kuping mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menghilangkan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif inilah yang terkait dengan peradangan dan berbagai jenis penyakit.

Hal tersebut terdapat dalam penelitian berjudul Antioxidants in wild mushrooms yang terbit pada Current Medicinal Chemistry. Banyaknya radikal bebas dalam tubuh berpotensi merusak lipid, sel protein, dan DNA.

Rusaknya komponen tersebut berdampak pada penurunan fungsi normal tubuh. Hal inilah yang pada akhirnya memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya, seperti sakit jantung dan kanker.

BACA JUGA  Belajar Hukum Agraria dan Hak Atas Tanah di Indonesia

Studi juga menjelaskan, jamur mengandung banyak senyawa antioksidan, seperti senyawa fenolik, tokoferol, asam askorbat, dan karotenoid. Senyawa tersebutlah yang bekerja untuk mengusir radikal bebas dari dalam tubuh.

2. Membantu menurunkan kolesterol
Polifenol dalam jamur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini lah yang pada gilirannya dapat mencegah potensi penyakit kronis, salah satunya sakit jantung.

Hal tersebut juga terbukti dalam studi berjudul The effect of edible black tree fungus (Auricuaria auricula) on experimental atherosclerosis in rabbits yang terbit pada Chinese Medical Journal.

BACA JUGA  Polda Kaltim Berhasil Gagalkan Peredaran Narkoba 442 Gram di Kutai Kartanegara

Melalui penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa penggunaan jamur kuping yang tumbuh di permukaan kayu, efektif menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat secara signifikan.

Ada jenis jamur lain yang juga mengandung antioksidan tinggi. Jenisnya adalah jamur shitake. Ini manfaatnya bagi kesehatan: Kenali 11 Manfaat Jamur Shitake bagi Kesehatan Tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh
Jamur kuping mengandung prebiotik, terutama dalam bentuk beta glukan. Prebiotik sendiri merupakan sejenis serat sebagai makanan mikrobioma atau bakteri baik di dalam usus (probiotik).

BACA JUGA  Polres Lubuklinggau Gagalkan Peredaran Narkoba Jenis Sabu 13 Kg dan Ribuan Pil Ekstasi

Kandungan probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga pergerakan normal usus. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen penyebab penyakit.

4. Meningkatkan kesehatan otak
Dalam membantu mendukung kesehatan otak, jamur kuping bekerja dengan menghambat aktivitas beta sekretase. Ini adalah enzim yang berperan melepaskan protein beta amiloid.

Protein beta amiloid ini beracun bagi otak dan terkait dengan penyakit degeneratif, seperti Alzheimer. Meski khasiatnya menjanjikan, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

BACA JUGA  Polisi Gagalkan Pengiriman 64 Kg Ganja Kering Via Ekspedisi

Ada jenis jamur lain yang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Ketahui penjelasannya dalam artikel ini: Ini 7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui.

5. Melindungi organ hati
Jamur hitam dapat melindungi organ hati dari bahaya zat tertentu. Senyawa dalam jamur bekerja mencegah kerusakan hati akibat overdosis asetaminofen. Asetaminofen sendiri merupakan kandungan dalam obat yang berperan untuk meredakan nyeri, sama seperti paracetamol.

6. Meningkatkan sirkulasi darah
Jamur hitam memiliki kandungan zat besi yang mampu meredakan gejala anemia. Zat besi sendiri termasuk ke dalam jenis mineral penting untuk menunjang sistem peredaran darah.

BACA JUGA  Jelang Nataru 2022, Polres Fakfak Imbau Masyarakat Tetap Jaga Protokol Kesehatan Dalam Rangka Cegah Penularan Covid-19

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, yang merupakan salah satu komponen utama sel darah merah. Sel darah ini bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan mengonsumsi jamur kuping yang kaya akan zat besi, tubuh bisa mendapatkan cukup mineral penting ini. Dengan begitu, sirkulasi darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar.

7. Alternatif pengganti daging
Jamur memiliki tekstur yang kenyal, seperti daging dan rasa yang gurih. Jenis kudapan ini bisa kamu gunakan sebagai topping atau tambahan untuk hidangan mie, sup dan semur, kebab sayuran, dan burger nabati.

BACA JUGA  Pesawat Susi Air Dibakar KKB, Nasib Pilot dan Penumpang Belum Diketahui

Meski jamur kuping tidak mengandung protein sebanyak daging, tetapi serat di dalamnya bisa meningkatkan rasa kenyang. Agar lebih menyehatkan, tambahkan sumber protein seperti kacang-kacangan dan tahu.

Tak hanya jamur kuping, terdapat beberapa jenis jamur yang juga bermanfaat baik bagi kesehatan. Ketahui di sini selengkapnya: Kenali 11 Jenis Jamur dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh.

Iklan

Latest News

Pasca Bencana Banjir Bandang di Sumbar, Wagub: Tagana Garda Terdepan Kemensos dalam Membantu Korban Bencana

Batusangkar, Radar BI | Kondisi bebatuan sekitar Marapi yang rapuh, kelerengan yang terjal dan curah hujan tinggi membuat daerah...

Artikel Lain Yang Anda Suka