Selasa, April 16, 2024
No menu items!

Ada 10 Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jus Melon Untuk Kesehatan Tubuh

Must Read

Radar BI | Manfaat jus melon tidak hanya untuk melepas dahaga, tetapi juga bisa mencegah sembelit. Berbagai manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan ragam nutrisi lain dalam jus melon.

Cucumis melo L. atau yang lebih dikenal dengan melon merupakan buah yang banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis, termasuk Indonesia. Buah ini kaya akan nutrisi, seperti vitamin C dan serat, yang sudah terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Untuk memperoleh manfaat dari buah melon, Anda dapat mengolahnya menjadi jus yang menyegarkan. Selain lebih praktis dan nikmat, manfaat jus melon pun tak jauh berbeda dengan mengonsumsi buahnya secara langsung.

BACA JUGA  BPOM Pidanakan Tiga Produsen Obat Sirup

Kandungan Nutrisi Jus Melon

Melon merupakan buah yang rendah lemak dan kolesterol, sehingga dapat rutin dikonsumsi dan menjadi sumber nutrisi yang baik. Selain itu, melon juga kaya akan vitamin dan mineral.

Beberapa jenis vitamin yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi jus melon adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, jus melon juga mengandung berbagai mineral penting bagi tubuh, seperti sodium, kalsium, magnesium, kalium, dan folat.

Jus melon juga merupakan sumber antioksidan alami, seperti asam fenolik dan flavonoid, yang mampu mencegah penyakit akibat radikal bebas.

BACA JUGA  Polisi Gagalkan Peredaran Sabu Dalam Bungkus Rokok di Sukamulya

Manfaat Jus Melon untuk Tubuh

Selain menghilangkan dahaga, mengonsumsi jus melon juga memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat jus melon yang akan Anda peroleh bila rutin mengonsumsinya:

1. Menghidrasi tubuh

Manfaat jus melon yang tidak asing lagi adalah mencegah terjadinya dehidrasi. Tidak hanya mengandung air, jus melon juga kaya akan elektrolit sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan cairan.

Berkat kandungannya ini, jus melon menjadi pilihan yang baik agar tubuh tetap terhidrasi saat Anda sedang sakit dan setelah berolahraga, maupun sekedar sebagai minuman sehari-hari.

BACA JUGA  Pertandingan Timnas Indonesia Vs Argentina Momentum Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Salah satu kandungan nutrisi dalam jus melon adalah serat. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan. Cairan dan serat yang Anda peroleh dari jus melon dapat membuat tinja menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan, sehingga dapat mengatasi bahkan mencegah sembelit.

Selain itu, manfaat jus melon lain ialah aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki gangguan pencernaan dan kesulitan mencerna makanan tinggi serat. Hal ini karena melon mengandung serat alami yang larut dalam air dalam jumlah rendah. Dengan begitu, melon lebih mudah dicerna daripada makanan tinggi serat lainnya.

3. Mencegah kram otot

Kram otot dapat terjadi karena melakukan olahraga tanpa pemanasan. Selain itu, kurangnya mineral dalam tubuh, seperti kalium, juga bisa menyebabkan kram otot. Padahal, kalium memengaruhi sinyal listrik yang diperlukan otot untuk berkontraksi.

BACA JUGA  Terjerat Kasus Korupsi, Jokowi Terima Syahrul Yasin Limpo di Istana Sekitar 1 Jam

Ketika asupan kalium dalam tubuh tidak tercukupi, kontraksi terus terjadi sehingga mengakibatkan kram. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mencukupi asupan tubuh akan kalium dengan mengonsumsi jus melon.

4. Mengatasi flu

Flu terjadi karena infeksi virus influenza. Meskipun infeksi virus umumnya membaik dalam waktu 1 minggu, Anda dapat mempercepat proses penyembuhannya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi jus melon.

Manfaat jus melon ini diperoleh dari kandungan vitamin C di dalamnya yang efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus.

BACA JUGA  Viral Tagar Negatif di Medsos, Kapolri Minta Maaf dan Siap Introspeksi

5. Mengatasi hipertensi

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium, seperti jus melon, dapat mengontrol tekanan darah.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa kalium dapat membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks, sehingga tekanan dalam pembuluh darah menurun dan aliran darah menjadi lebih lancar. Kedua kondisi ini berperan dalam penurunan tekanan darah. Oleh karena itu, jus melon baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

6. Mencegah serangan jantung

Hipertensi sering dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya serangan jantung. Namun, berkat manfaat jus melon dalam mengatasi dan mencegah hipertensi, Anda pun bisa terhindar dari serangan jantung maupun penyakit jantung lainnya.

BACA JUGA  Polres Cianjur Berhasil Temukan 10 Hektar dan 300 Batang Pohon Ganja di Gunung Karuhun

Selain itu, jus melon mengandung antioksidan flavonoid yang dapat menangkal stres oksidatif akibat paparan radikal bebas. Zat itulah yang umumnya menjadi penyebab penyakit jantung.

7. Mencegah osteoporosis

Manfaat jus melon lainnya adalah memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis. Manfaat ini dapat diperoleh dari kandungan vitamin K, folat, dan magnesium di dalam buah melon.

Kandungan folat dalam jus melon akan memecah dan menurunkan kadar asam amino homosistein di tubuh. Jika jumlahnya berlebih, homosistein bisa menurunkan kepadatan tulang secara perlahan.

BACA JUGA  Hukum Menjalankan Puasa Ramadhan Tetapi Tidak Pernah Shalat Tarawih

Sementara itu, vitamin K dan magnesium dalam jus melon berperan dalam mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam proses pembentukan tulang.

8. Mencegah katarak

Selain vitamin C dan flavonoid, melon juga mengandung dua jenis antioksidan lainnya, yaitu lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa ini dapat melindungi mata dari efek jangka panjang paparan sinar matahari dan mencegah penurunan fungsi mata karena penuaan, seperti katarak.

9. Mencegah terjadinya diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi melon secara teratur dapat mencegah diabetes. Manfaat jus melon ini diperoleh berkat kandungan air dan serat yang efektif dalam mencegah lonjakan gula darah, sehingga dapat membuat Anda terhindar dari diabetes tipe 2.

BACA JUGA  Pertandingan Timnas Indonesia Vs Argentina Momentum Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi jus melon secara berlebihan, bahkan dengan tambahan pemanis, tetap dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk membatasi asupan jus melon dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya dengan rutin.

10. Menyamarkan kerutan

Kerutan sebenarnya normal terjadi sebagai salah satu proses penuaan. Namun, kerutan atau garis halus bisa muncul lebih awal karena paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Anda dapat menyamarkan kerutan dan mencegah kemunculannya dengan mengonsumsi jus melon. Vitamin C dalam buah melon dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

BACA JUGA  Jokowi Tinjau Proyek Pengembangan Sarana Hunian Kawasan Pariwisata di Labuan Bajo

Jus melon juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membuat kulit terhidrasi dan tetap kenyal. Ketika kelembapan kulit tetap terjaga, kerutan dan garis halus pun dapat disamarkan.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat jus melon di atas dengan optimal, pastikan Anda tidak menambahkan gula, pemanis buatan, atau susu ke dalam jus melon.

Meski sangat jarang terjadi, jus melon bisa saja menimbulkan reaksi alergi. Kondisi ini dapat ditandai dengan rasa gatal atau terbakar di mulut, bibir bengkak, tenggorokan gatal, hingga hidung tersumbat atau meler setelah mengonsumsi jus melon.

Iklan

Latest News

Brimob Polri dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Personil Terluka

Radar Berita Indonesia | Bentrokan terjadi antara Brimob Polri dengan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Sorong, Papua...

Artikel Lain Yang Anda Suka