Senin, April 15, 2024
No menu items!

Bupati Tanah Datar Berpesan Maafkanlah Bantuan Untuk Kebutuhan Mendesak

Must Read
Tanah Datar, Radar BI | Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah terlah banyak meluncurkan program bantuan guna untuk mensejahterakan masyarakat salah satunya program pemberian bantuan sosial masyarakat kepada keluarga yang ditetapkan sebagai penerima manfaat atau Program Keluarga Harapan (PKH).

Untuk itu, kepada masyarakat penerima manfaat program tersebut, pemerintah daerah mengharapkan bantuan tersebut digunakan untuk hal-hal yang mendesak sesuai kebutuhan.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, ketika sambangi masyarakat penerima PKH dalam rangka acara pembinaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Kabupaten Tanah Datar. Bertempat di Masjid Raya Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh Selatan didampingi kepada Dinas Sosial Afrizon dan Camat Batipuh Selatan Benny, Rabu (24/05/2023).

BACA JUGA  Kapolda Sumsel Berikan Pin Emas dan Piagam Penghargaan Kepada Personil Berprestasi

“Manfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan dan jangan gunakan bantuan ini untuk hal-hal yang tidak penting namun manfaatkanlah untuk kebutuhan yang benar-benar yang mendesak,” harapnya.

Selain itu, Bupati Tanah Datar juga menyampaikan selain program PKH pemerintah daerah juga banyak program lainnya khusus untuk pendidikan, tidak ada anak Tanah Datar yang putus sekolah karena terkendala biaya serta masih banyak program unggulan yang diluncurkan pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat melalui Program Unggulan (Progul) Daerah.

Seperti Progul Makan Rendang yang merupakan program memberantas rentenir, program bajak gratis, subsidi pupuk, asuransi tani dan ternak, perbaikan jaringan irigasi, satu rumah satu hafizh/hafizah dan program lainnya untuk kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA  Mediasi Hari Ke-2 Irman Gusman dan Bawaslu Temui Jalan Buntu, Lanjut ke Sidang Ajudikasi

Lebih lanjut, Bupati Eka Putra juga mengatakan melalui OPD terkait Dinas Sosial pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemutakhiran data dan hingga saat ini PKH yang terdaftar pada data PKH semakin berkurang hingga 2000 orang, hal itu tentu ditandai dengan semakin membaiknya perekonomian daerah.

Pada hari yang sama Bupati Tanah Datar Eka Putra juga sampaikan arahan tersebut kepada KPM PKH Kabupaten Tanah Datar di Masjid Kanang Nagari Guguak Malalo kecamatan Batipuh Selatan yang juga dihadiri anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Afrizon mengatakan jumlah penerima manfaat PKH dari tahun sebelumnya turun, hal ini tentu juga dipengaruhi dengan semakin membaiknya perekonomian masyarakat.

BACA JUGA  Polsek Kalidawir Berhasil Tangkap Pengedar Pil Double L di Tulungagung

Untuk saat ini khusus untuk kecamatan Batipuh Selatan sebanyak 752 KK dengan rincian Nagari Batu Taba 118 KK, Nagari Sumpu 168 KK, Nagari Padang Laweh Malalo 112 KK dan Nagari Guguak Malalo 354 KK

Bantuan tersebut, kata Afrizon, bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin dan rentan, menciptakan perubahan prilaku kemandirian keluarga penerima manfaat dan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Dikesempatan tersebut anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto juga mendukung program yang di luncurkan pemerintah, dimana program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA  Beri Penghargaan Kepada Sosok Berjasa di Cabangbungin, Asep Buchory: Bukti Pemerintah Tak Pernah Lupa Sejarah

“Program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat dan diharapkan kepada penerima untuk benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut untuk kebutuhan yang diperlukan dan jangan lupa bersyukur atas program yang diluncurkan pemerintah,” pesannya. (Prokopim/heri/hadi/fan/nd)

Iklan

Latest News

Brimob Polri dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Personil Terluka

Radar Berita Indonesia | Bentrokan terjadi antara Brimob Polri dengan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Sorong, Papua...

Artikel Lain Yang Anda Suka