Beranda DAERAH Diduga Oknum BPN Banyuwangi Sarang Mafia Tanah

Diduga Oknum BPN Banyuwangi Sarang Mafia Tanah

Banyuwangi – Ratusan warga dan berbagai elemen melakukan demo didepan kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi terletak di Jalan Ijen, No. 50 A Singotrunan, Kabupaten Banyuwangi, Senin (05/11/2021) pagi.

Pantauan awak media Radar Bhayangkara Indonesia Wawan Subiakto, dalam aksi demo berjalan aman, tertib dan mendapat pengawalan ketat dari pihak Polresta Banyuwangi.

Dalam Orasi Ketua Koordinator Lapangan (Korlap) Sunan Diantoro, SH mengatakan, meminta pihak badan pertanahan nasional (BPN) bertindak tegas untuk memberantas para mafia tanah. Karena banyak di siyalir para oknum yang ada di lingkungan BPN diduga ada main dengan para mafia tanah.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Serahkan 15 Tersangka Kasus Mafia Tanah ke Jaksaan
BACA JUGA  Dipuncak The Premiere Hotel Padang Dengan Pemandangan Terbaik, Kamu Wajib Kunjungi

Meminta untuk segera menindak lanjuti pelaku pelaku dan memberikan sangsi tegas jika ada oknum BPN yang terlibat. Masyarakat mendesak BPN cepat dalam proses bembuatan sertifikat tanah, tidak ada persengkokolan dengan para mafia tanah, ujarnya.

Lebih lanjut, Sunan mengatakan BPN harus bersikap transparan dan bertindak tegas dengan sangsi berat kepada pelaku dari oknum BPN. Saya berharap mohon dari pihak BPN untuk pemblokiran terhadap sertifikat yang ternyata masih dalam sengketa terjadi pada sertifikat SHM 07808 atas nama Tumini/Supriyadi.

Demi untuk menjaga hak hak pemilik tanah dan kredibitas BPN, karena sering terjadi adanya stetmen buruk di BPN jika tuntutan tidak segera ditindak lanjuti kami akan mengadakan aksi yang lebih besar itu, tuturnya Sunandiantoro dalam orasinya.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Tangkap Mafia Tanah 45 Hektare di Alam Sutera
BACA JUGA  Iskandar Cerita Masa Kecil di Palembang Jadi Tukang Becak Hingga Jadi Pejabat di Dinas Sosial Sumbar

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya menindak secara tegas para mafia tanah. Sigit menuturkan permasalahan mafia tanah menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Karena masalah mafia tanah menjadi perhatian khusus Bapak Presiden, dan saya diperintahkan Bapak Presiden untuk usut tuntas masalah mafia tanah,” ujar Sigit dalam keterangan tertulis, Kamis (18/2/2021) lalu.

Kapolri meminta jajarannya tak ragu mengusut tuntas praktik mafia tanah. Dia meminta Polri mengambil peran dalam membela hak para korban mafia tanah.

BACA JUGA  Kejari Karawang Terima Aduan Dugaan Mafia Tanah 35 Hektar di Desa Tanjung Jaya
BACA JUGA  Sepanjang 2021, Polri Tangani 69 Perkara Mafia Tanah dan Ada 61 Tersangka

“Saya perintahkan untuk seluruh anggota di seluruh jajaran untuk tidak ragu-ragu dan usut tuntas masalah mafia tanah, kembalikan hak masyarakat, bela hak rakyat tegakkan hukum secara tegas,” tegas Sigit.

Selian itu, Kapolri menekankan lagi agar jajaran tak khawatir memberantas mafia tanah, siapa pun orang besar di belakang para mafia tanah itu. Dia menyebut pemberantasan mafia tanah masuk program Presisi Polri.

“Karena masalah mafia tanah menjadi perhatian Bapak Presiden, saya minta untuk jajaran tidak perlu ragu proses tuntas, siapapun ‘bekingnya’. Sebagaimana program Presisi, proses penegakan hukum harus diusut tuntas tanpa pandang bulu,” ucap Sigit. (Wawan Subiakto)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTragedi Awal Bulan di Gunung Pandan, Seorang Wanita Asal Sumatera Hilang di Telan Arus
Artikel berikutnyaKapolri Rotasi 173 Pati dan Pamen, Posisi Kabaintelkam Hingga Kapolda