Sabtu, Februari 24, 2024
No menu items!

Gaji ASN Pemprov Sumbar Belum Dibayar

Must Read
Padang, Radar BI | Ada 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang gajinya telat dibayar. OPD tersebut diantaranya, Dinas Pariwisata Sumbar, Bappeda, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Tata Ruang dan Pemukiman.

Gaji ASN/pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah hampir satu bulan menunggak.

Telatnya pembayaran gaji ASN terebut diduga karena salah input dalam penganggaran gaji.

BACA JUGA  Jokowi Perintahkan Mentan Cek Stok Beras Nasional

“Ini sudah tanggal 50, gaji ASN belum juga dibayar,” sebut salah seorang PNS di lingkungan Pemprov Sumbar, dikutip Singgalang, pada hari Kamis (30/11/2023).

Maksudnya, Oktober 2023 sudah lewat. Ditambah lagi November 2023 yang sudah berjalan pula 20 hari. Tidak hanya gaji ASN, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) juga belum dibayar, ujarnya.

Diketahui, bagi PNS di lingkungan pemerintah TPP adalah satu satu pendapatan. Apalagi jika SK pegawainya sudah tergadai pula.

BACA JUGA  Korban Penganiayaan Pesta Miras Tak Menuntut, Terselesaikan Berkat Tiga Pilar Desa Aliyan

Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi dihubungi mengakui ada keterlambatan pembayaran gaji pegawai. Alasannya, adalah salah input pada Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) untuk alokasi anggaran gaji.

“Benar, saya salah satu termasuk yang terlambat gaji,”katanya.

Diakuinya, keterlambatan gaji tersebut karena salah input. Anggaran yang semula dialokasikan untuk gaji dari Dana Alokasi Khusus (DAU). Ternyata anggaran teralokasi tidak mencukup hingga anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Perubahan.

BACA JUGA  Satpol PP Padang Diancam, Kendaraan Operasional Dirusak dan Disandera

“Jadi ada salah input, itu kan menunggu APBD Perubahan. Tapi sekarang sudah bisa, karena APBD perubahan sudah bisa digunakan,”katanya.

Menurutnya, kesalahan itu ketika pembayaran gaji 13. Kemudian Gaji ke-14 adalah tunjangan yang diberikan pemerintah kepada para aparatur negara, PNS, TNI, serta Polri pada saat menjelang Idul Fitri.

“Sekarang sudah bisa digunakan itu. Saya juga sudah menerima,”ujarnya.

BACA JUGA  Soal Sandiaga Uno Pindah ke PPP, Waketum Gerindra: Tanpa Perlu Minta Restu Prabowo

Disebutkannya, telatnya pembayaran gaji PNS tersebut juga tidak menyeluruh. Hanya sebagian dari pegawai dalam satu OPD yang belum menerima gaji.

“Jadi kalau di OPD saya, khusus pimpinan saja yang belum bayar, tapi staf kami utamakan. Mungkin OPD lain ada yang kompak, jadi tidak dibayarkan semuanya,”pungkasnya. (Yos)

Iklan

Latest News

Walikota Padang: Camat Ibarat Manusia Setengah Dewa

Sumbar, Radar BI | Wali Kota Padang Hendri Septa melantik 37 pejabat administrator (eselon III) di lingkup kerjanya. Termasuk 8...

Artikel Lain Yang Anda Suka