Rabu, Juli 17, 2024
No menu items!

Irwan Basir: Kualitas Pendidikan Anak Didik Bergantung Kepada Guru

Must Read
Padang, Radar BI | Ketua Komite MTsN 5 Kuranji Kota Padang, Irwan Basir Dt. Rajo Alam,SH.MM mengatakan, tingginya persaingan dalam dunia pendidikan pada zaman sekarang mau tak mau lembaga pendidikan atau sekolah harus berkompetisi dalam meningkatkan kualitas untuk bisa meningkatkan prestasi di sekolah tersebut.

Irwan Basir juga menyampaikan guru sebagai tenaga pendidik juga dituntut untuk meningkatkan kemampuannya untuk lebih kreatif dalam menciptakan inovasi-inovasi baru dalam mengajar sesuai dengan kurikulum pendidikan yang dilaksanakan.

Kita ketahui, persaingan untuk berprestasi dalam dunia pendidikan sangatlah tinggi. Jadi, untuk menciptakan murid berprestasi dan berkualitas peran guru sangatlah penting.

BACA JUGA  Sita 4 Kgs Sabu, Polisi Tembak Mati Pengedar Narkoba di Pamulang

Apalagi pola pendidikan sekarang dengan zaman dulu sangat jauh berbeda. Guru sekarang tidak bisa sewenang-wenang dalam memberi hukuman terhadap siswa yang nakal dan bisa terkena pasal HAM.

Harus dengan cara persuasif dan mendidik. Jadi guru harus lebih kreatif dan menciptakan inovasi-inovasi menarik dalam mengajar di kelas sesuai dengan kurikulum pendidikan yang dilaksanakan, ucap Irwan Basir pada acara Temu Ramah Antara Komite Sekolah dengan Majelis Guru dan karyawan MTsN 5 Kuranji, pada hai Kamis, (13/7/2023).

Ketua Komite MTsN 5 Kuranji Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM bersama dengan Kepala Sekolah DR. Lilis Andriani, M.Pd. melepas keberangkatan Muhammad Zaid, salah seorang siswa berprestasi kelas VII MTsN 5 Kuranji untuk berlaga di Kejuaraan Nasional Taekwondo tingkat pelajar SLTP di Jakarta mewakili Sumatera Barat.
Ketua Komite MTsN 5 Kuranji Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM bersama dengan Kepala Sekolah DR. Lilis Andriani, M.Pd. melepas keberangkatan Muhammad Zaid, salah seorang siswa berprestasi kelas VII MTsN 5 Kuranji untuk berlaga di Kejuaraan Nasional Taekwondo tingkat pelajar SLTP di Jakarta mewakili Sumatera Barat.

Lebih lanjut, disampaikan, untuk menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah, setiap guru haruslah selalu kompak dan sejalan dengan manajemen sekolah.

BACA JUGA  Bupati Nganjuk Kena OTT, Bareskrim: Wujud Sinergitas KPK dan Polri Pertama Kali

Jangan ada saling jelek menjelekkan atau saling jatuh menjatuhkan diantara sesama guru atau karyawan. Setiap guru atau karyawan di sekolah merupakan publik speaking bagi dunia luar untuk menyampaikan informasi tentang kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh sekolah.

Untuk terciptanya. suasana yang nyaman dan sejuk dalam proses belajar mengajar di lingkungan sekolah, setiap guru haruslah selalu kompak dan sejalan dengan manajemen sekolah”, ujarnya Irwan Basir.

Alhamdulillah, MTsN 5 ini majelis gurunya selalu kompak. Jangan suasana yang sudah nyaman ini dirusak oleh perilaku yang saling jelek menjelekkan atau saling jatuh menjatuhkan diantara sesama guru atau karyawan.

BACA JUGA  Penjual Sekoteng Tewas Ditusuk Pembeli

Perlu diingat, setiap guru atau karyawan di sekolah merupakan publik speaking bagi dunia luar dalam menyampaikan informasi tentang kemajuan dan prestasi yang dicapai oleh sekolah, ungkap tokoh yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Terakhir, Irwan Basir selaku ketua komite juga mengapresiasi pihak Kepala Sekolah yang selalu bersinergi dengan komite dalam setiap kegiatan, terutama dalam bidang pembangunan tiga lokal baru yang hampir selesai dikerjakan.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Sekolah yang selalu bersinergi dengan komite dalam segala kegiatan. Saat ini tengah dilakukan pembangunan 3 lokal baru yang dikerjakan secara swadaya yang dananya dari orang tua wali murid dan sumbangan dari tokoh masyarakat. In Syaa Allah tiga lokal ini hampir selesai dikerjakan dan bisa dimanfaatkan oleh para siswa.” ucap ninik mamak Pauh IX ini.

BACA JUGA  Polisi Tembak 3 Orang di RM Cafe Cengkareng, Terancam 15 Tahun Penjara

Sementara itu, Kepala MTsN 5 Kuranji DR. Lilis Andriani, M.Pd mengatakan, pihaknya selama ini dalam menyelenggarakan proses pendidikan di sekolahnya selalu berkoordinasi dengan pihak komite.

Disamping itu komunikasi dengan tokoh masyarakat sekitar juga sellau dibina guna mendapatkan masukan-masukan yang berguna untuk kemajuan sekolah dan pembangunan di sekolah.

Saat ini kami tengah menyelesaikan pembangunan tiga lokal tambahan dengan dana swadaya dari orang tua wali murid dan tokoh masyarakat. Semua itu tak terlepas dari kerjasama dengan ketua komite dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA  4 Obat Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Kami dari pihak sekolah selalu membina komunikasi dengan tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar. In Syaa Allah lokal tambahan ini bisa segera dipakai oleh anak didik nantinya, papar Lilis.

Iklan

Latest News

Sejarah Awal Mula dan Perkembangan RT/RW di Indonesia, Benarkah Warisan Jepang?

Radar Berita Indonesia | Masa penjajahan Jepang (1942-1945), pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, pemerintah militer Jepang membentuk tonarigumi...

Artikel Lain Yang Anda Suka