Selasa, April 16, 2024
No menu items!

Jokowi Menjaga Kebhinekaan Adat dan Tradisi sebagai Kekuatan Bangsa

Must Read
Ternate, Radar BI | Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) menerima anugerah gelar adat “Dada Madopo Malomo” dari Kesultanan Ternate di Kedaton Sultan Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada hari Rabu, (28/09/2022). Menurut Presiden, penganugerahan gelar adat ini merupakan bagian dari tradisi dan kearifan lokal yang harus dilestarikan.

Pagi hari ini, saya mendapatkan gelar adat dari Kesultanan Ternate, dari Bapak Sultan Hidayatullah Sjah, Sultan Ternate yang ke-49 dengan gelar ‘Dada Madopo Malomo’.

BACA JUGA  Dit Binmas Polda Jabar Jalin Silaturahmi dengan Media Radar Bhayangkara Indonesia

Nanti artinya seperti apa, tanyakan langsung ke Bapak Sultan. Tapi ini adat, tradisi, kearifan lokal memang harus terus kita jaga dan terus kita rawat, ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya selepas acara.

Jokowi juga mengapresiasi Kesultanan Ternate dalam upayanya menjaga dan merawat adat, tradisi, serta kearifan lokal yang ada di wilayah Ternate.

BACA JUGA  Avanza Tabrak Truk Tronton di Kampar, 3 Tewas dan 2 Luka Parah

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Kesultanan Ternate, menjaga, merawat adat, tradisi, kearifan lokal. Sehingga inilah yang sering saya sampaikan, berkepribadian dalam kebudayaan,” ucap Presiden.

Jokowi melanjutkan, bahwa menjaga adat dan tradisi merupakan hal penting untuk dilakukan karena Indonesia merupakan negara besar. Menurutnya, keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia merupakan sebuah kekuatan bangsa.

BACA JUGA  Polres Jakbar Temukan Ladang Milik Bandar Narkoba 115 Kg Ganja di Madina Sumut

“Inilah kebhinekaan negara kita yang terus harus kita rawat dan kita jaga sebagai sebuah kekuatan. Perbedaan itu bukan memecah, tapi mempersatukan,” tegas Presiden.

Sumber: BPMI Setpres.

Iklan

Latest News

Brimob Polri dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Personil Terluka

Radar Berita Indonesia | Bentrokan terjadi antara Brimob Polri dengan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Sorong, Papua...

Artikel Lain Yang Anda Suka