Beranda DAERAH Kondisi Tanggul Citarum Perhatikan, Warga Muara Gembong Terancam Hanyut

Kondisi Tanggul Citarum Perhatikan, Warga Muara Gembong Terancam Hanyut

Radar BI | Kondisi retak dan amblas tanggul sedalam 2 meter sepanjang 150 meter membuat warga yang berada di bantaran sungai Citarum resah, tepatnya di Kampung Bendungan, RT.03/RW.05, Dusun 3 Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, apalagi sudah memasuki musim penghujan.

Bantaran tanggul yang merupakan pembatas sungai dengan sejumlah kurang lebih 500 kartu keluarga (KK) yang sangat berpotensi jebol. Apabila tidak diperbaiki bisa mengancam kerugian materi bahkan keselamatan warga.

“Saya bersama masyarakat berharap tanggul ini secepatnya diperbaiki, karena ini tanggul mulai amblas lagi. Apalagi mengingat kondisi sudah memasuki musim hujan, tidak menutup kemungkinan tanggul ini jebol, takut bangeut bang,”ucap Nibi warga setempat dengan penuh keresahan, Senin (07/02/2022).

BACA JUGA  Polda Sumsel Musnahkan 3,5 Kg Sabu dan 87 Butir Pil Ekstasi Asal Aceh
BACA JUGA  2 Pekan Gelar Operasi Singgalang 2021, Polda Sumbar Bongkar 45 Kasus Curanmor

Ia pun menambahkan kalau tanggul Citarum ini tidak segera diperbaiki kemungkinan besar akan menjadi bencana besar seperti tragedi jebolnya tanggul Citarum sebelumnya di kampung Babakan Banten, Kecamatan Pebayuran.

“Saya berharap pemerintah, menyediakan alat berat guna untuk menanggulangi tanggul amblas ini, kalau tidak secepatnya di perbaiki masyarakat disini bisa menangis bang,”tambahnya.

Senada diungkapkan Kepala Desa Pantai Bakti Manan, dia mendesak agar pihak BBWS Citarum serta Dansektor 20 dan respon Pemerintah Kabupaten Bekasi segera melakukan tindakan yang cepat, sebelum terjadinya Amblas dan longsor lebih jauh.

BACA JUGA  Pindah Domisili Masih Diminta Surat RT/RW, Kemendagri: Ancam Sanksi Tegas Kadis Dukcapil
BACA JUGA  Jamin Keselamatan Warga, Kapolres Metro Bekasi Pastikan Tanggul Cabangbungin Aman

“Saya akan terus berjuang sampai tanggul Citarum ini diperbaiki, jangan sampai menunggu korban,” tegas Kades Pantai Bakti Manan saat di temui di lokasi tanggul Citarum.

Kemudian dia mengatakan, memohon kepada Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten Bekasi bisa di prioritaskan usulan masyarakat Desa Pantai Bakti.

“Apabila tanggul ini lambat diperbaiki, maka ini akan menjadi beban yang sangat luar biasa Pemerintah Desa terhadap masyarakat nya.”tutup Manan. (Mulis)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTragedi Awal Bulan, 2 Korban Meninggal Dunia Tertimpa Longsor di Sukaresmi
Artikel berikutnyaSoerjo Hartono: Stok Pupuk Bersubsidi di Sumsel Aman