Beranda INFO POLRI Korlantas Polri Siap Terapkan Pelat Nomor dan TNKB Putih Pertengahan Juni

Korlantas Polri Siap Terapkan Pelat Nomor dan TNKB Putih Pertengahan Juni

Jakarta, Radar BI | Korlantas Polri siap menerapkan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan dasar warna putih pada pertengahan Juni 2022.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, Kombes. Pol. M Taslim Chairuddin menjelaskan material TNKB putih mulai didistribusikan ke jajaran Polda pada awal bulan Juni ini.

“Material TNKB sudah selesai saat ini. Masih dalam proses produksi diperkirakan material sudah bisa kita distribusikan ke jajaran di awal Juni, dan dengan perkiraan nanti di pertengahan Juni saya maksimal itu penggunaan material TNKB warna dasar putih tulisan hitam itu sudah mulai bisa digunakan,” jelasnya.

BACA JUGA  Polri Tangkap Sebanyak 94 Terduga Teroris Sepanjang 2021
BACA JUGA  Instruksi Kapolri Soal Narkoba, Polri Beberapa Polda Sudah Adakan Tes Urine Massal

Lebih lanjut, Kombes. Pol. M Taslim Chairuddin juga mengatakan pada awal pelaksanaan tidak semua kendaraan dapat memperoleh pelat baru itu. Untuk awal, yang diutamakan adalah kendaraan baru dan yang habis masa berlaku lima tahunan.

Sebagai informasi, perbedaan masa berlaku TNKB pada setiap pemilik kendaraan menjadi penyebab tidak bisa langsung semua kendaraan mendapatkan pelat nomor baru.

Penerapan TNKB berwarna dasar putih ini juga bertujuan untuk memudahkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik yang saat ini telah diberlakukan.

BACA JUGA  Polsek Bengkong Ungkap Pelaku Spresialis Pencurian Kotak Infaq Masjid
BACA JUGA  Kapolda Sumsel Terima 20 Pucuk Senpi Warga Sungai Ceper OKI

Adapun peraturan perubahan warna baru pelat nomor kendaraan tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45.

Sumber: Humas Polri.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTerkait Kasus Binomo, Polri Sita Kotak Simpanan Deposit Milik Indra Kenz di Bank
Artikel berikutnyaDitreskrimsus Polda Jatim Tangkap Selebgram APK Tersangkut Kasus Arisan Bodong