Senin, Mei 20, 2024
No menu items!

Manfaat Semangka Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Must Read
Radar BI | Semangka merupakan buah dengan beragam manfaat. Manfaat semangka tidak hanya menyegarkan tubuh saat dikonsumsi pada cuaca panas, tetapi juga mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Semangka adalah buah tropis yang mempunyai kadar air yang sangat tinggi. Menurut penelitian, kandungan air di dalam satu buah semangka mencapai 92%. Selain kandungan air yang tinggi, semangka juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dipercaya bisa didapatkan dengan mengonsumsi semangka:

BACA JUGA  Erianto Mahmuda: Shalawat Dulang Perlu Dilestarikan Sebagai Warisan Budaya Minangkabau

> Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
> Melancarkan proses pencernaan
> Mengurangi proses peradangan
> Mengurangi nyeri otot
> Meningkatkan performa saat berolahraga
> Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
> Mencegah kanker

Berbagai manfaat semangka di atas bisa didapatkan karena buah berwarna merah atau kuning ini diduga mengandung citrulline. Citrulline adalah asam amino (komponen pembentuk protein) yang bisa ditemukan di dalam makanan dan juga diproduksi secara alami oleh tubuh manusia.

BACA JUGA  Dirikan TK Gratis, Kapolri Berikan Tiket Sekolah Perwira Kepada Bripka Heri Prasetyo

Semangka dan Hipertensi

Selain beberapa manfaat di atas, citrulline yang terkandung di dalam semangka juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini karena citrulline memiliki efek melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan di dalam pembuluh darah turun.

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung likopen yang bersifat antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan penumpukan plak di pembuluh darah dan membuat pembuluh darah mengeras.

BACA JUGA  Peringati HUT Bhayangkara ke 76, Polsek Sako Palembang Bentuk Program Kampung Lantas

Pada intinya, mengkonsumsi semangka dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, mengingat kadar citrulline mungkin saja berbeda-beda pada setiap semangka, tidak bisa dipastikan berapa banyak yang harus dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah.

Jika Anda ingin memanfaatkan semangka sebagai makanan pendukung dalam menurunkan tekanan darah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Sumber: dr. Diani Adrina, SpGK (Dokter Spesialis Gizi Klinik)

Iklan

Latest News

Pasca Bencana Banjir Bandang di Sumbar, Wagub: Tagana Garda Terdepan Kemensos dalam Membantu Korban Bencana

Batusangkar, Radar BI | Kondisi bebatuan sekitar Marapi yang rapuh, kelerengan yang terjal dan curah hujan tinggi membuat daerah...

Artikel Lain Yang Anda Suka