Senin, Mei 20, 2024
No menu items!

Pasangan Capres dan Cawapres Anies-Cak Imin Nomor Urut 1, Prabowo-Gibran Nomor Urut 2, Ganjar-Mahfud Nomor Urut 3

Must Read
Jakarta, Radar BI | Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) telah memilih nomor urut peserta Pilpres tahun 2024. Bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada hari Selasa (14/11/2023) malam.

Adapun dalam acara tersebut, tiga pasangan calon presiden (Capres-Cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh nomor urut 1, pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3.

BACA JUGA  Kapolri Dianugerahi Gelar Adat Patih Bakula dari Masyarakat Dayak

Dengan demikian, nomor urut pasangan (Capres-Cawapres) untuk Pemilu 2024 adalah nomor urut 1 untuk pasangan calon Bapak Anies Baswedan dan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar.

Nomor urut 2 untuk pasangan Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka. Nomor urut 3 untuk pasangan calon bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD, ujar Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

3 pasangan calon presiden (Capres-Cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh nomor urut 1, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3, dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2.
3 pasangan calon presiden (Capres-Cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh nomor urut 1, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor 3, dan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2.

Sebelumnya, KPU menggelar jamuan makan malam dengan para elite parpol beserta capres dan cawapresnya.

BACA JUGA  Bupati Meranti Kena OTT Terjerat 3 Kasus Korupsi

Jamuan makan malam ini merupakan rangkaian acara pengundian nomor urut capres dan cawapres yang akan bertanding dalam Pilpres 2024.

Komisioner KPU Idham Holik menjelaskan jamuan makan malam bersama atau gala dinner itu digelar sebagai bentuk persatuan antara pihak yang akan bertanding dalam ajang Pilpres 2024.

“Gala dinner ini sebagai sarana kita bersilaturahmi satu sama lainnya karena kita tahu bahwa penyelenggaran pemilu ini kan berasaskan pada Pancasila,” kata Idham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, pada hari Selasa (14/11/2023).

BACA JUGA  Temuan Sumur Minyak, Permahi Desak Pemerintah Aceh dan BPMA Tuntaskan Kemiskinan

Gala dinner itu akan digelar di atap alias rooftop Kantor KPU RI. KPU, lanjutnya, mengundang para pasangan capres-cawapres dan ratusan pimpinan dan struktur partai politik pendukung.

“Ada 22 kursi kami sediakan untuk pimpinan parpol gabungan, dan ada 150 kursi untuk fungsionaris partai, anggota partai, atau pun pihak-pihak yang mereka undang,” ungkapnya.

Setelah, mereka melakukan pengundian nomor urut pasangan capres-cawapres di halaman Kantor KPU RI.

BACA JUGA  Ditresnarkoba Polda Sumsel Berhasil Gagalkan Peredaran 4 Kg Sabu Asal Aceh

Nantinya, mekanisme pengundingan nomor urut pasangan capres-cawapres dilakukan secara dua tahap.

Pertama, ketiga pasangan capres-cawapres akan mengambil nomor antrean untuk pencabutan nomor urut.

“Pengambilan nomor antrian ini sesuai dengan waktu pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden yang waktu itu dilaksanakan tanggal 19 sampai dengan 25 Oktober,” jelas Idham di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2023).

BACA JUGA  Wanita Cantik Terseret Arus Sungai Ogan, Basarnas Semoga Korban Segera Ditemukan

Kedua, sesuai nomor antrean itu, mereka akan mencabut nomor urut masing-masing untuk Pilpres 2024.

“Setelah mereka mendaftarkan nomor antrean baru mereka mengambil nomor undian sesungguhnya untuk penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden. Jadi sekali lagi kegiatan pemilihan ini dilakukan dua tahap,” ujar Idham.

Iklan

Latest News

Pasca Bencana Banjir Bandang di Sumbar, Wagub: Tagana Garda Terdepan Kemensos dalam Membantu Korban Bencana

Batusangkar, Radar BI | Kondisi bebatuan sekitar Marapi yang rapuh, kelerengan yang terjal dan curah hujan tinggi membuat daerah...

Artikel Lain Yang Anda Suka