Beranda INFO POLRI Pasca Kilang RU VI Balongan Terbakar, Kabaharkam: Pentingnya Sistem Pengamanan Kilang Nasional

Pasca Kilang RU VI Balongan Terbakar, Kabaharkam: Pentingnya Sistem Pengamanan Kilang Nasional

RU VI
Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si menganggap penting adanya sistem pengamanan kilang nasional. Hal ini sebagai untuk mencegah insiden seperti yang terjadi di kilang Pertamina RU VI Balongan.

Pernyataan itu disampaikan ketika mengunjungi kilang RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Selasa (30/3/2021).

Sistem pengamanan kilang nasional tersebut saat ini masih dalam proses kajian yang dirumuskan oleh Polri. Hasil kajiannya nanti akan disampaikan sebagai asisten untuk pemangku kebijakan.

BACA JUGA  Pantau Lalin Mudik, Kabaharkam: Situasi Normal, Masyarakat Patuhi Kebijakan Pemerintah

“Langkah itu dilakukan untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa yang terjadi di kilang Balongan saat ini,” jelasnya kepada para wartawan.

Dikatakan, sistem manajemen pengamanan kilang nasional berisi upaya pencegahan terjadinya insiden sekecil apapun di seluruh instalasi kilang di Indonesia.

Termasuk kejadian di kilang Pertamina RU VI Balongan pada Senin (29/3) dini hari lalu. “Kami akan kaji dan memberikan asistensi soal sistem manajemen pengamanan kilang agar bisa ditingkatkan,” terangnya.

BACA JUGA  Dipasarkan Hingga ke Jepang, Pupuk Bio Teratai Brimob Tingkatkan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19

Menurutnya, insiden di kilang Balongan merupakan musibah dan diperlukan penanganan secara cermat. Namun penanganan saat ini yang tidak kalah pentingnya yaitu terhadap warga terdampak. “Yang terpenting sekarang adalah, penanganan kepada warga terdampak,” ujarnya.

Ditegaskan Komjen Arief, terhadap lokasi kebakaran yang masih ada titik api dinilai harus dilakukan penanganan segera secara offensive.

“Sekarang saya lihat sedang dilakukan pemadaman dengan offensive. Mudah-mudahan, siang atau sore ini bisa segera padam,” pungkasnya.

BACA JUGA  Polda Papua Barat Selidiki Terbakarnya Kapal Fajar Baru di Pelabuhan Rakyat Kota Sorong

Facebook Comments