Beranda INFO POLRI Peringati HANI 2021, IPWL LRPPN BI Banyuwangi Gelar Lomba Agar Generasi Milenial...

Peringati HANI 2021, IPWL LRPPN BI Banyuwangi Gelar Lomba Agar Generasi Milenial Cerdas Hindari Narkoba

LRPPN BI
Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara Indonesia (LRPPN BI) Banyuwangi, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan menyongsong Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 menggelar lomba kreatif anak rehabilitasi Narkoba.

Menurut Mohammad Ikhsan, MM selaku ketua IPWL LRPPN BI Banyuwangi, lomba kreatif anak rehabilitasi narkoba sebagai wujud untuk melakukan rehabilitasi sosial secara mandiri, sehingga diharapkan anak-anak rehabilitasi bisa berinteraksi dengan berbagai lomba yang diadakan oleh IPWL LRPPN BI Banyuwangi.

“Kegiatan lomba kreatif ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sudah kita gelar sejak awal bulan, dimana dalam kegiatan ini, diharapkan anak-anak bisa menjalani rehabilitasi sosial serta berinteraksi dengan lingkungan, karena dalam lomba ini, anak-anak dituntut untuk kreatif,” ujar Mohammad Iksan.

BACA JUGA  Dikunjungi Dinkes, Begini Kata Ketua LRPPN BI DPD Banyuwangi

Berbagai lomba kreatif yang digelar diantaranya, lomba tata boga, futsal, puisi, senam kreasi, serta singer. Sehingga anak-anak bisa berinteraksi dengan teman dan lingkungan serta mendorong semangat anak-anak untuk terus berinovasi.

“Dengan kegiatan ini, anak-anak bisa menunjukkan bakat mereka, karena pemulihan bisa dilakukan dari berbagai hal, diantaranya meningkatkan aktivitas, baik melalui kreatifitas maupun ibadah,” beber Ikhsan panggilan akrabnya.

M. Ikhsan juga menjelaskan, bahwa IPWL LRPPN BI yang berkantor di jalan Kepiting no 89 Kelurahan Tukangkayu, Kecamatan, Kabupaten Banyuwangi ini, memang untuk menempa dan mengobati warga yang memiliki ketergantungan Napza maupun korban dari peredaran narkoba.

BACA JUGA  Puluhan Residen IPWL LRPPN BI Dapatkan Pelayanan Rehabilitasi Terpadu Medis dan Sosial

“Di panti sinilah tempat untuk menempa di didik diobati dan dipulihkan ,anak-anak atau masyarakat yang ketergantungan Napza, atau masyarakat yang menjadi korban peredaran narkoba untuk segera kita bantu dan kita selamat kan korban korban itu untuk di sembuhkan atau di pulihkan itu bahasa secara psikisnya,” jelasnya.

Selain itu, Ikhsan menambahkan, bahwa lembaganya yang sudah terakreditasi B oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial, juga memberikan bimbingan konseling dan rehabilitasi narkoba, sesuai dengan amanah UU RI tentang Psitropika No 35 Tahun 2009 bahwa korban penyalahguna wajib direhabilitasi secara terpadu medis atau sosial, serta instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan dan Strategi Nasional.

BACA JUGA  Aksi Kemanusiaan, Setetes Darah Untuk Kehidupan Umat

Dari pantauan media ini, dalam acara tersebut tampak hadir AKP Sugeng yang mewakili dari Kasat Binmas polresta Banyuwangi, Yudhi Erwanto SH, dari Kasubid Kewaspadaan dan Ketahanan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi, Hakim Said SH, penasehat IPWL LRPPN BI dan tokoh Mastarakat.

Photo bersama.

Sementara itu, Yudhi Erwanto dari Bakesbangpol Pemkab Banyuwangi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya, agar setiap kegiatan pembinaan maupun konseling tetap diadakan materi wawasan kebangsaan dan bela negara dalam bentuk pendidikan seni maupun budaya nasional yang dipadukan budaya lokal, sehingga mereka tetap mengenal lagu lagu kebangsaan yang saat ini mulai ditinggalkan dan menumbuhkembangkan materi beretika.

BACA JUGA  Polres Indramayu Bongkar Sindikat Pengedar Uang Palsu, Senilai Rp 11,5 Miliar

“Besar harapan kami untuk terus meningkatkan pelayanan serta motifasi terkait yang diberikan kepada penerus bangsa dengan berpegang teguh kepada Pancasila, UUD 45 serta menjunjung tinggi nilai nilai ketuhanan dan kemanusian yang adil dan beradab, tidak lupa pula kami mengharapkan disaat pandemik COVID 19 ini tetap mentaati prokes serta 3M,” pungkas Yudhi Erwanto.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPresiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Jelang HUT Bhayangkara ke-75
Artikel berikutnyaTinjau Vaksinasi Massal di Mabes Polri, Presiden Minta Seluruh Kapolda Tingkatkan Jumlah Vaksinasi