Beranda INFO POLRI Polres Brebes Ringkus MYS Pelaku Penggelapan Uang TKW Senilai Rp.3 Milliar

Polres Brebes Ringkus MYS Pelaku Penggelapan Uang TKW Senilai Rp.3 Milliar

Pelaku berinisial MYS (berusia 41 tahun), diamankan jajaran Polres Brebes setelah dilaporkan NY (berusia 32 tahun) yang merupkan istri siri tersangka.
Radar BI | Polres Brebes berhasil mengamankan pelaku pengelapan uang sebanyak 3 Milliar milik seorang wanita yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di Kabupaten Brebes.

Pelaku berinisial MYS (berusia 41 tahun), diamankan jajaran Polres Brebes setelah dilaporkan NY (berusia 32 tahun) yang merupkan istri siri tersangka, yang bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di Taiwan.

Dijelaskan Kapolres Brebes AKBP. Faisal Febrianto, mengungkapkan kejadian itu bermula pada 15 Juli 2020 lalu. Korban NY warga Cirebon saat itu tengah pulang cuti dari Taiwan dan singgah di salah satu hotel di Cikarang.

BACA JUGA  Kapolres OKU Timur Resmi Jadi Tersangka Kasus Suap 2 Miliar Bupati Muba
BACA JUGA  Bareskrim Polri Tetapkan Crazy Rich Bandung Doni Salmanan Tersangka Dugaan Kasus Quotex

Pelaku kemudian menjemput korban dan membawa ke sebuah hotel di Brebes. Sehari berikutnya, pada 16 Juli 2020 Yusuf meminta uang Rp 2 miliar untuk modal bisnis sembako dan Alat pertanian.

“Korban dimintai uang oleh tersangka untuk modal usaha sembako dan hasil bumi. Uang itu katanya mau dikembalikan pada 5 Agustus. Oleh korban diberikan Rp 2 miliar melalui transfer bank. Korban dijanjikan akan mendapat keuntungan dari bisnis ini,” kata Faisal saat jumpa pers di kantornya, Kamis (30/12/2021).

Dari keterang tersangka, ia melangsungkan nikah siri di hotel tersebut. Beberapa hari berikutnya pada 21 Juli 2020 tersangka meminta lagi uang sebesar Rp 1 miliar dengan alasan untuk tambahan modal usaha. Uang itu diserahkan melalui transfer.

BACA JUGA  Polda Sumsel Gelar Operasi Keselamatan Musi 2021, Berikut Ini Sasarannya
BACA JUGA  Kapolda Sumsel Tingkatkan Penegakan Hukum dan Penanganan Covid-19

Korban dijanjikan yakni 5 Agustus 2020, uang pinjaman itu tidak dikembalikan. Pasangan nikah siri ini pun memutuskan untuk bercerai. Selanjutnya, Yuliati melaporkan masalah ini ke Polres Brebes.

“Pelaku ditahan karena dilaporkan oleh NY karena merasa ditipu,” kata dia.

Akibat perbuatannya itu, MYS dikenakan pasal 378 tentang penipuan dan 372 tentang penggelapan. Ancaman hukuman dua pasal itu 4 tahun penjara. (hms)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBule Perampok Pasutri WN Italia Mantan Anak Buah, Incar Bitcoin Korban
Artikel berikutnyaTim DVI Polda Jatim Serahkan 35 Korban Jenazah Awan Panas Guguran Gunung Semeru Kepada Keluarga