Rabu, Juli 24, 2024
No menu items!

Sambangi RSUD Rasidin Padang, Kemenkes Perluas Layanan KJSU dan KIA

Must Read
Padang, Radar BI | Guna memperluas dan memperkuat layanan kanker, jantung, strok, dan uronefrologi (KJSU) serta kesehatan ibu dan anak (KIA), RSUD Rasidin Kota Padang disambangi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Jumat, (23/2/2024).

“Ke depan akan kita tambah lagi alat yang lebih modern, supaya penanganan untuk masyarakat Kota Padang lebih optimal. Nilai alat ini puluhan miliar, tinggal lagi bagaimana kita optimalkan tenaga kesehatannya,” ujar Budi.

BACA JUGA  Wahyu Indarto: Pertahankan Ideologi Pancasila dan Jangan Sampai Ada Pengkhianat Menghancurkan Bangsa Indonesia

Dalam hal ini, SDM di RSUD Rasidin sebutnya akan dipersiapkan dalam pemantapan ilmu dan pengetahuan di bidang KJSU. Pihaknya akan memberikan beasiswa bagi dokter RSUD Rasidin guna mempelajari lebih lanjut.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengucapkan terima kasih atas bantuan Kemenkes kepada RSUD Rasidin Padang.

Perluasan layanan ini sebutnya akan membantu memperbaiki mekanisme rujukan dan peningkatan akses dan mutu layanan rumah sakit dan layanan penyakit prioritas nasional. Serta akan memeratakan fasilitas kesehatan di daerah.

BACA JUGA  Delfian, SH Ketua DPC BAI Kota Langsa Siap Bersinergi Antar Aparat Penegak Hukum

“Kita bersyukur akan ada bantuan alat kesehatan cuci darah, pacu jantung, dan deteksi kanker dari Kemenkes. Dalam dua tahun ini akan kita optimalkan persiapannya termasuk tenaga kesehatan,” tuturnya.

Ikut menambahkan, Direktur RSUD Rasidin Dessy Susanty menyampaikan secara umum fasilitas di rumah sakit itu sudah memenuhi standar. Pihaknya dalam peningkatan layanan jantung intensif membutuhkan alat yang lebih canggih.

“Fokus kita tahun ini peningkatan layanan jantung intensif dan onkologi atau kanker. Untuk pelayanan NICU kita sudah bagus, sementara untuk cuci darah kita belum punya alat, maka dari itu kita harap dengan program KJSU dari Kemenkes mampu membantu kita agar lebih optimal,” tukasnya.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Ungkap Penyeludupan 17 Kg Sabu Jaringan Internasional

Didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, Budi Gunadi Sadikin menuturkan pihaknya telah memberikan bantuan alat penunjang seperti CT Scan dalam penanganan KJSU ke RSUD Rasidin.

Ikut mendampingi dalam kunjungan itu Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes RI Yuli Astuti Saripawan, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Lila Yanwar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Srikurnia Yati. (DA/Prokopim Pdg).

Iklan

Latest News

Hendri Septa Ajak Kaum Muslim Sambut Muharram 1446 H dengan Peningkatan Takwa dan Keimanan

Lubeg, Radar Berita Indonesia | Bakal calon Wali Kota Padang H. Hendri Septa, B.Bus., MIB,. Datuak Alam Batuah sangat mengapresiasi...

Artikel Lain Yang Anda Suka