Kamis, Juli 18, 2024
No menu items!

10 Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh

Must Read
Radar BI | Terdapat sejumlah manfaat dan khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh yang telah teruji khasiatnya. Untuk itu, cara memasak san pengolahan juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat daun pepaya tersebut.

Pasalnya, khasiat daun pepaya juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tak heran daun pepaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan mempunyai rasa yang pahit, khasiat daun pepaya kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan tradisional seperti lotek, pecel, hingga dijadikan sayuran pelengkap berbagai makanan yang ditumis.

BACA JUGA  Pemerintah Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Selesai Tahun 2024

Lantas apa saja manfaat dan khasiat daun pepaya untuk kesehatan? Melansir dari Pharmeasy, berikut beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Daun pepaya bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengurangi keinginan manis dan risiko terkena diabetes.

Menurut beberapa penelitian, mengkonsumsi ekstrak daun pepaya dapst membantu menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol karena adanya serat makanan di dalamnya.

BACA JUGA  Polri Ungkap Klub Liga 2 Suap Wasit Rp 800 Juta

2. Melancarkan Pencernaan

Daun pepaya mengandung air dan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Enzim papain yang ada dalam daun pepaya membantu proses pencernaan yang mudah dengan memecah protein.

Dengan meminum segelas jus daun pepaya setiap hari dapat mencegah banyak masalah pencernaan seperti sembelit dan lain-lain.

3. Mencegah Kanker

Daun pepaya mengandung likopen yang memiliki sifat antikanker. Kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah perkembangan sel kanker dan komplikasi lebih lanjut.

BACA JUGA  Pastikan TNI dan Polri Terus Buru KKB, Dankor Brimob: Kita Ingin Papua Damai

Sesuai penelitian, ekstrak daun pepaya efektif dalam kanker usus besar dan prostat. Ekstrak daun pepaya juga kaya akan antioksidan yang menetralisir pertumbuhan sel kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Tubuh Manfaat daun pepaya lainnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun pepaya mengandung senyawa fenolik, papain, dan alkaloid yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu Menurunkan Berat

Badan Manfaat selanjutnya daun pepaya sangat cocok bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan. Jus daun pepaya rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membuat perut Anda kenyang untuk waktu yang lama.

BACA JUGA  Jelang HUT 354 Kota Padang, Mastilizal Aye: Jalan Santai Tekankan Hidup Sehat dan Bahagia

Serat makanan yang secara alami ditemukan di dalam daun pepaya mendetoksifikasi tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme yang mengarah pada penurunan berat badan.

6. Mengurangi Sakit Haid

Perlu Anda ketahui, khususnya para wanita, mengkonsumsi daun pepaya disebut-sebut dapat mengurangi sakit haid loh.

Pasalnya, terdapat senyawa dalam daun pepaya yang bermanfaat untuk melancarkan keluarnya darah dari rahim. Sehingga sakit haid bisa sedikit berkurang.

BACA JUGA  SDN 2 Lubuk Buaya Mulok Keminangkabauan, Hendri Septa: Lestarikanlah Bahasa Ibu

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Berbagai antioksidan dan vitamin yang ada dalam daun pepaya mempunyai manfaat yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Vitamin C dan potasium yang ada dalam daun pepaya juga meningkatkan sirkulasi darah yang sehat serta menjaga arteri Anda tetap bersih.

8. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat besar pepaya dan daunnya adalah untuk kesehatan kulit. Hal tersebut dikarenakan adanya nutrisi yang berbeda dalam daun pepaya yang berperan menjaga kulit Anda bersih dan jernih.

BACA JUGA  Sejarah dan Asal Usul Suku Koto di Minangkabau

Selain itu, ekstrak daun pepaya memiliki efek pelembab dan dapat mencegah kulit kering dan pecah-pecah ketika dioleskan.

Sifat antioksidan yang ada dalam daun pepaya juga dapat membantu Anda memperlambat proses penuaan dan bermanfaat untuk kesehatan kulit lainnya.

9. Mengobati Demam Berdarah

Jus daun pepaya adalah salah satu pengobatan yang efektif untuk demam berdarah. Seiring dengan obat-obatan allopathic, obat tradisional ini bekerja secara ajaib untuk menurunkan suhu tubuh.

BACA JUGA  Keberadaan Bandara Bukit Malintang akan Meningkatkan Perekonomian Wilayah Tabagsel

Demam berdarah menurunkan jumlah trombosit darah, dan ekstrak daun pepaya diketahui membantu meningkatkan jumlah trombosit.

Studi di Malaysia membuktikan bahwa ekstrak daun pepaya berkontribusi pada produksi trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit. Hal tersebut juga mencegah komplikasi demam berdarah seperti ruam di seluruh tubuh, pendarahan, dll.

10. Mencegah Infeksi Malaria

Selain dapat mengobati demam berdarah, Daun pepaya juga bagus untuk mencegah infeksi malaria. Daun pepaya mengandung senyawa bernama acetogenin yang mencegah penyakit seperti malaria atau demam berdarah.

BACA JUGA  Panen Raya Terancam, Sultan Minta Pemerintah Daerah Waspadai Ancaman Fenomena Iklim

Sumber: Kesehatan.

Iklan

Latest News

Sejarah Awal Mula dan Perkembangan RT/RW di Indonesia, Benarkah Warisan Jepang?

Radar Berita Indonesia | Masa penjajahan Jepang (1942-1945), pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, pemerintah militer Jepang membentuk tonarigumi...

Artikel Lain Yang Anda Suka