Senin, April 15, 2024
No menu items!

4 Kandungan Nutrisi Buah Tin, Buah Yang Disebut Dari Surga

Must Read
Radar BI | Buah tin adalah salah satu keberkahan dalam kemasan alam. Dalam bahasa ilmiahnya disebut Ficus carica, bukan sekadar buah biasa.

Selain kelezatannya, buah ini juga memiliki keutamaan yang mendalam dalam agama Islam dan keajaiban kesehatan dalam dunia medis dan sains. Buah tin, sering kali disebut sebagai “buah yang datang dari surga”.

Buah tin telah menjadi bagian dari manusia sejak ribuan tahun lalu. Diperkirakan berasal dari daerah Timur Tengah, buah ini telah menyebar ke seluruh dunia, tumbuh subur di berbagai iklim.

Dalam ajaran Islam, buah tin disebutkan dalam Al Quran sebagai salah satu buah yang tumbuh di surga. Terdapat surat dalam Al Quran yang menjelaskan tentang keutamaan buah tin:

BACA JUGA  Dinilai Gagal Tekan Inflasi di Daerah, Situasi Kantor Pemerintah Intan Jaya Tidak Ada Aktifitas

“Dalam kedua surga itu banyak buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima. Maka nikmatilah buahnya ketika buahnya masak dan membimbingkanlah (hati) manusia itu pada jalan yang benar dengan izin Tuhannya.” (Q.S. Ar-Rahman: 68-70)

Selain itu, dibalik rasanya yang manis serta tampilan dan teksturnya yang unik, ada banyak manfaat buah tin yang bisa anda dapatkan. Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah tin diketahui baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan hingga mencegah terjadinya penyakit kanker.

Daging buah tin berwarna merah muda dengan ratusan biji kecil yang menghasilkan tekstur renyah. Buah ini bisa anda nikmati dengan berbagai cara, mulai dari dimakan langsung, dikeringkan, dijus, hingga diambil ekstraknya.

BACA JUGA  Festival Ramadhan Digelar, Hendri Septa: Momen Tingkatkan Kepedulian

Kandungan Nutrisi Buah Tin

Rasa manis buah tin berasal dari kandungan gula alami yang kadarnya akan meningkat bila buah ini dikeringkan. Meski begitu, buah tin tetap termasuk buah yang rendah kalori.

Dalam 100 gram buah tin terkandung sekitar 74 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:

> 2,9 gram serat

> 0,75 gram protein

> 35 miligram kalsium

> 17 miligram magnesium

> 14 miligram fosfor

> 232 miligram kalium

> 2 miligram vitamin C

0,11 miligram vitamin E

BACA JUGA  Pemilu Seperti Sepak Bola, Muhaimin Iskandar: Kalau Ada yang Curang Diteriaki

Selain itu, buah tin juga kaya akan vitamin B6, tembaga, dan antioksidan.

Ragam Manfaat Buah Tin

Berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya, buah tin memberikan beragam manfaat untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah tin yang bisa Anda dapatkan:

1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Buah tin sejak lama diketahui dapat mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit. Manfaat buah tin yang satu ini didapatkan berkat kandungan serat di dalamnya yang berfungsi sebagai prebiotik. Serat mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran cerna, sehingga meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Buah tin juga dipercaya dapat mengatasi gejala irritable bowel syndrome (IBS) maupun kolitis ulseratif. Penelitian berhasil membuktikan manfaat buah tin dalam mengurangi gejala IBS, seperti sembelit, diare, kembung, hingga kram perut.

BACA JUGA  5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

2. Mencegah terjadinya penyakit kronis

Buah tin memiliki kandungan antioksidan alami, seperti asam fenolik dan flavonoid, yang melimpah. Kandungan antioksidan ini paling banyak ditemukan pada kulit buah tin, terutama yang berwarna ungu gelap.

Antioksidan dipercaya bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes, katarak, dan penyakit jantung.

3. Mencegah perkembangan sel kanker

Selain mencegah penyakit kronis, antioksidan dalam buah tin juga dipercaya dapat mencegah perkembangan penyakit kanker. Caranya dengan menangkal efek negatif radikal bebas berlebih dalam tubuh.

Tak hanya itu, sebuah riset juga menunjukkan bahwa ekstrak buah tin diduga memiliki aktivitas antikanker yang bisa bekerja saat dihadapkan pada sel kanker payudara.

BACA JUGA  Polisi Ungkap Kronologis Penangkapan Bandar Narkoba di Pamulang

4. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan pada ekstrak buah tin juga diduga baik untuk menjaga kesehatan sel kulit, mencegah kerusakan kolagen, dan memperbaiki kerutan pada kulit. Menggunakan krim yang mengandung ekstrak buah tin kering dipercaya dapat mengatasi gejala dermatitis, seperti kulit kering dan gatal.

Meski demikian, perlu diperhatikan jika berbagai manfaat buah tin di atas masih perlu diteliti dan dibuktikan lebih lanjut.

Buah tin juga bisa menyebabkan gejala alergi, meski hal ini jarang terjadi. Bila anda memiliki alergi terhadap buah nangka, anda mungkin juga akan mengalami reaksi alergi terhadap buah tin.

Iklan

Latest News

Brimob Polri dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Personil Terluka

Radar Berita Indonesia | Bentrokan terjadi antara Brimob Polri dengan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Sorong, Papua...

Artikel Lain Yang Anda Suka